Cepat Tanggap PPSU

JSC | 4 years ago

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi kinerja Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di setiap kelurahan. Dengan adanya PPSU, kata Basuki, banjir di Jakarta tidak seperti dulu lagi bahkan genangan pun telah berkurang.

Keberhasilan PPSU sekarang bukan tanpa perjuangan. Layaknya pasukan khusus militer, petugas berseragam oranye ini mengemban tugas menangani persoalan darurat dan kecil di wilayahnya seperti membersihkan sampah, saluran air, memperbaiki trotoar, memangkas dahan pohon, dan membenahi kerusakan sarana dan prasarana umum lainnya sekaligus menjadi ujung tombak dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat. PPSU juga harus memiliki sikap disiplin dalam melakukan tugas.

Setiap harinya PPSU harus mengikuti apel pagi hari untuk yang jadwal pagi dan apel sore untuk yang jadwal sore. Dalam apel PPSU tidak boleh terlambat karena akan mendapatkan pengarahan dari lurah atau aparatur kelurahan. Di akhir waktu kerja pun kelurahan melakukan evaluasi terhadap kinerja dan kendala yang dialami oleh PPSU pada hari tersebut.

Petugas PPSU juga seperti tim reaksi cepat. Setiap pelaporan atau keluhan masyarakat harus ditangani secepat mungkin. Tak peduli panas matahari yang menyengat atau hujan lebat sekalipun mereka siap terjun ke lapangan.  Menurut Lurah Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Saryati PPSU dapat merespon laporan warga kurang dari lima menit.

Namun permasalahan yang timbul di kelurahan tidak semua bisa diselesaikan sesegera mungkin. Tergantung seberapa besar permasalahan tersebut dan seberapa cukup ketersediaan alat yang digunakan. Dengan peralatan sederhana kinerja PPSU pantas dibanggakan karena hasilnya bisa langsung dirasakan masyarakat.

Untuk mengapresiasi kinerja PPSU, setiap kelurahan memiliki caranya masing-masing. Salah satunya Kelurahan Kebon Bawang. Kelurahan Kebon Bawang mempunyai cara unik untuk memberikan penghargaan bagi PPSU berprestasi. Tidak dengan uang atau barang berharga lainnya, melainkan dengan beras. Satu karung beras untuk satu orang PPSU berprestasi setiap bulannya. Penilaian dilihat dari evaluasi harian, mingguan, dan bulanan. Tim penilai juga berasal dari kelurahan dan anggota dari PPSU itu sendiri.

Rasa kerja sama, kepedulian, dan tanggung jawab atas tugas-tugas di lapangan juga menjadi dasar keberhasilan PPSU serta tidak lepasnya dukungan warga Jakarta untuk mencapai harapan Jakarta bersih, nyaman, dan tertib. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Ketuk Pintu Layani dengan Hati, Layanan Kesehatan Gratis dari Rumah ke Rumah

Masalah Jakarta yang kompleks salah satunya disebabkan oleh kepadatan penduduk yang makin tinggi. Menurut WHO, rekomendasi kepadatan penduduk adalah 9.600 orang per km2. Sedangkan di Jakarta, ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City