Monitoring Room Jakarta Smart City Lounge, Memantau Seluruh Jakarta

JSC | 3 years ago

Penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat lebih baik telah dilakukan Unit Pengelola (UP) Jakarta Smart City (JSC) sejak akhir tahun 2014. Perkembangannya juga semakin meningkat. Pada akhir tahun 2015, JSC memiliki Jakarta Smart City Lounge, ruang kreatif untuk mendukung implementasi  JSC.

JSC Lounge memiliki berbagai ruangan salah satunya monitoring room. Ruangan dilengkapi dengan hyperwall – layar LED besar – untuk menampilkan berbagai informasi yang telah terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City. Sekitar 10 orang dari tim field and operational berada di dalam monitoring room untuk merekap, menganalisis, dan memastikan proses pengaduan masyarakat telah diproses oleh kelurahan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Monitoring room juga dilengkapi dengan video surveillance dan sistem Intelligent Operational Center (IOC) untuk menganalisis, mengevaluasi, hingga mengantisipasi berbagai kejadian di Jakarta. Data Waze, CCTV, dan laporan masyarakat dapat dipadukan menjadi prediktif analisis untuk mengantisipasi masalah atau berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Monitoring Room ini berhadapan dengan V-meeting room yang dilengkapi dengan teknologi smart glass – kaca yang bisa dibuka tutup dan dikendalikan dengan remote control – sehingga siapapun dapat melihat secara langsung monitoring room melalui V-meeting room.  (jsc-sy)

Artikel lainnya

DKI Jakarta Terpilih Menjadi Pemenang We Love Cities 2018

Kota telah menjadi bagian penting dari peradaban manusia. Lebih dari setengah populasi manusia kini tinggal di perkotaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkotaan memang memiliki beragam masalah, salah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City