Paviliun Pemprov DKI Jakarta, Menjalin Sinergi dengan Warga Jakarta

JSC | 3 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertontonkan perkembangan Jakarta baru dan inisiatif Jakarta Smart City kepada pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini. Pada paviliun seluas 2000 meter ini pengunjung dapat menyaksikan Jakarta yang lebih modern dan inovatif dalam mengelola sumber daya kotanya dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Menempati area Hall C1 JI EXPO, Pemprov DKI menampilkan JSC Monitoring Room yang dapat digunakan untuk memantau berbagai dinamika Jakarta, mulai dari kemacetan, banjir, masalah sampah atau pengaduan lainnya melalui CCTV yang tersebar di titik-titik tertentu. Pemprov DKI juga menggandeng para mobile developer yang aplikasinya mendukung Pemprov DKI dalam area Smart Mobile Apps Lounge. Para pengunjung bisa menjajal aplikasi-aplikasi yang menunjukkan bagaimana teknologi bisa meningkatkan kenyamanan sebuah kota. 

"Jadi bukan selalu soal jual dodol dan yang lainnya, tapi masyarakat bisa tahu aplikasi terbaru milik Pemda DKI," ungkap Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta

Setelah diperkenalkan 2014 kemarin, inisiatif Jakarta Smart City telah mencatat berbagai kemajuan. Salah satu contohnya adalah JSC Monitoring Room yang menjadi pusat informasi dari semua dinamika kota Jakarta. Melalui JSC Monitoring Room, Pemprov DKI memiliki akses terhadap berbagai permasalahan kota Jakarta, sehingga dapat memberikan solusi secara cepat dan tepat.

Inisiatif Jakarta Smart City juga telah menginisiasi pengembangan berbagai aplikasi mobile untuk mempermudah kehidupan warga Jakarta. Ada aplikasi Qlue untuk melaporkan berbagai masalah ada. Ada aplikasi Apaja dan Trafi yang berisi informasi transportasi publik di Jakarta. Dan bagi warga Jakarta yang haus akan bacaan bermutu, ada aplikasi iJakarta yang berisi belasan ribu buku digital berkualitas yang bisa dibaca secara gratis.

Ada banyak lagi perkembangan dari inisiatif Jakarta Smart City. Akan tetapi, sebuah smart city hanya akan terwujud jika didukung penuh oleh warga masyarakatnya. Melalui pameran ini, diharapkan warga Jakarta bisa merasakan keseriusan Pemprov DKI memperbaiki kehidupan kota ini. Dengan begitu, ke depannya Pemprov DKI akan mudah melakukan sinergi dengan masyarakat dalam membangun kota Jakarta. “Kami berharap paviliun ini akan membangkitkan rasa memiliki warga Jakarta terhadap inisiatif Jakarta Smart City” ungkap Setiaji, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Selain menikmati miniatur JSC Monitoring Room yang berfungsi memonitor dinamika kota Jakarta. Pengunjung juga bisa menemukan smart home berisi berbagai teknologi dan material terbaru yang mewujudkan sebuah rumah yang nyaman dan ramah lingkungan.  Sebagai icon kota Jakarta, pengunjung juga akan menemukan miniatur Monas serta Taman Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Dalam paviliun ini bergabung 15 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga akan menampilkan berbagai layanan yang disediakan untuk masyarakat serta update teknologi yang sudah diimplementasikan di masing-masing SKPD yang bisa dinikmati oleh masyarakat Jakarta.

Dinas Kesehatan memberikan layanan kesehatan langsung dan konseling kepada pengunjung termasuk pemeriksaan darah dan layanan aplikasi SMS Bunda. Dinas Perumahan akan memberikan pelayanan informasi rumah susun di Jakarta serta program terkait rencana pembangunan ke depan. Dinas Pelayanan Pajak akan memberikan informasi pelayanan pajak online. Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) menawarkan layanan perijinan serta edukasi penggunaan perijinan online. Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah menampilkan perpustakaan digital melalui iJakarta Digital Corner.

Lebih dari 10 BUMD juga akan tergabung di paviliun ini, diantaranya Trans Jakarta, MRT, Bank DKI, Jakarta Propertindo, dan Jakarta Tourisindo.

Dalam penyelenggaraan kali ini, selain menggandeng para penyedia teknologi yang mendukung kota Jakarta juga mengandeng berbagai media partner, dari IT Media Group Kompas Gramedia, seperti InfoKomputer, CHIP, Sinyal, What Hi-Fi?, Digital Camera Indonesia, Chip Foto Video, dan juga menggandeng Media RUMAH serta iDEA.

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia yang tahun ini akan berlangsung selama 38 hari, mulai 10 Juni – 17 Juli untuk memperingati hari jadi Kota Jakarta.

Artikel lainnya

Seberapa Parahkah Polusi Udara Ibu Kota?

Dari sekian banyak penyebab polusi udara, kendaraan bermotor menjadi salah satu sumber polusi udara yang signifikan, termasuk di Jakarta. Kota ini memiliki jumlah aktivitas lalu lintas kendaraan yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City