Tengok Cara Mudah Cek Penerima BST dengan JAKI

JSC | 2 months ago

Smartcitizen, kamu pasti sudah tahu kalau selama pandemi Covid-19 ini ada Bantuan Sosial dari pemerintah untuk warga yang membutuhkan. Sebelumnya, Bantuan Sosial ini diberikan dalam bentuk sembako. Namun kini, Bantuan Sosial dibagikan dalam bentuk uang tunai, sehingga disebut Bantuan Sosial Tunai (BST). BST diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Untuk warga DKI Jakarta yang terdaftar, kamu akan mendapatkan BST dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bantuan ini bersumber dari APBD DKI Jakarta. Bagi kamu yang terdaftar sebagai penerima BST, maka kamu akan mendapat bantuan yang disalurkan melalui rekening Bank DKI sebesar Rp300.000/bulan. Penyaluran ini akan dilakukan selama empat bulan dari Januari hingga April 2021. 

Siapa Saja Penerima BST?

Penerima BST adalah warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial sembako pada 2020, hasil pembaruan dan pemadanan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta. Penerima BST ini tidak termasuk penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan/atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bagaimana Mekanisme Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST)? 

Berikut mekanisme penyaluran BST bagi kamu yang terdaftar:

  • Proses penyaluran bertahap dan bergiliran di seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta dimulai pada Januari 2021.

  • Terdapat 160 titik lokasi penyaluran di setiap wilayah administrasi dan maksimal 500 orang per hari di setiap titik.

  • Menerima undangan maksimal H-1 pelaksanaan dari petugas wilayah yang ditunjuk.

  • Apabila tidak hadir sesuai jadwal pertama, akan dijadwalkan kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga, setelah distribusi tahap pertama selesai di enam wilayah Administrasi Kota DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Cara Cek Penerima BST lewat JAKI

Untuk memudahkan warga Jakarta mengecek apakah penerima BST atau tidak, kamu bisa menggunakan aplikasi JAKI (Jakarta Kini) lewat perangkat smartphone, lho! Begini caranya:

  1. Unduh JAKI di Google Play Store atau di Apple App Store dan pasang di perangkat smartphone-mu. 

  2. Buka aplikasi JAKI.

  3. Pada bagian Jakarta Tanggap Covid-19, pilih “Informasi Bansos”.

  1. Masukkan nomor Kartu Keluarga (KK) di kotak pencarian. Lalu klik, Cari

   

  1. Selesai.

JAKI, Aplikasi yang Dapat Menemanimu Selama Pandemi

Smartcitizen, selain untuk mengecek informasi BST, berbagai informasi lainnya bisa kamu dapatkan pula di JAKI. Pada bagian Jakarta Tanggap Covid-19, kamu dapat tes risiko mandiri gejala Covid-19, mengecek perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Jakarta, melihat ketersediaan tempat tidur RS Covid-19, hingga mendeteksi status keamanan di sekitarmu. Nah, sekarang kamu tahu kan ragam manfaat dari JAKI untuk menemanimu sehari-hari selama pandemi. Yuk, unduh JAKI sekarang juga!

 

 

------

Siti Sarah Sofyaningrat

Artikel lainnya

Collaborative Sandbox: Laboratorium Inovasi dan Kolaborasi untuk Perusahaan Teknologi di Jakarta

Indonesia, khususnya Jakarta, telah mengalami peningkatan luar biasa dalam hal teknologi. Startup lahir, membawa teknologi baru dan penyedia layanan masyarakat juga ikut menerapkan inovasi baru. Hal ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City