JSC X Aksaramaya: Kolaborasi Membangun Ekosistem Kota Cerdas

JSC | 7 months ago

Smartcitizens, tahukah kamu? Konsep Smart City 4.0 yang saat ini diusung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak hanya sebatas pada penerapan teknologi canggih saja. Ya, agar kemajuan teknologi informasi bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam membangun kota cerdas, Pemprov DKI juga tidak lupa menaruh perhatian pada sumber daya manusia. Untuk mewujudkan ekosistem yang dapat mendukung visi ini, pemerintah tidak bergerak sendiri. Melalui semangat kolaborasi, pemerintah mengajak inovator-inovator dari dalam maupun luar lingkungan Pemprov, untuk berpartisipasi dan berkontribusi membangun kota Jakarta lebih baik lagi.

Memberdayakan Masyarakat dalam Transformasi Digital

Sebagai kelanjutan dari gerakan kolaborasi tersebut, Pemprov melalui Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City baru saja menggandeng Aksaramaya sebagai mitra baru dalam pembuatan platform digital. Nantinya, platform yang dihasilkan dari kolaborasi ini akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jakarta untuk belajar dan berkreasi melalui konten-konten digital. 

Detail kerja sama ini tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/Mou) yang dilakukan pada 15 Desember 2020 lalu di Jakarta oleh Yudhistira Nugraha selaku Kepala BLUD Jakarta Smart City dan Sulasmo Sudharno, Direktur Utama PT Woolu Aksara (Aksaramaya). 

JAKI, Aksaramaya, JSC, iJakarta
Sulasmo Sudharno, Direktur Utama Aksaramaya, bersama Yudhistira Nugraha, Kepala BLUD Jakarta Smart City. 

Aksaramaya merupakan pengembang teknologi serta penyedia solusi pengelolaan konten digital berbasis DRM (Digital Rights Management). Selain itu, Aksaramaya memiliki visi membangun budaya membaca melalui inovasi-inovasi, seperti perpustakaan digital (iLibrary) dan platform edukasi berbasis konten yang juga bermanfaat untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara daring.

Sebelumnya, Aksaramaya sudah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam lingkup yang lebih kecil, untuk menghadirkan dan mengelola perpustakaan digital iJakarta sejak 2016. Kini, dengan lingkup kerja sama yang lebih luas, JSC dan Aksaramaya akan menggabungkan pengalaman serta keahlian masing-masing, untuk mengembangkan sejumlah program unggulan baru, antara lain:

Program Jakarta Membaca

Merupakan kelanjutan dari pengembangan iJakarta yang kini berada di versi 2.0. Dalam versi terbaru ini, ada beberapa peningkatan user experience yang akan kamu rasakan, seperti sistem peminjaman dan donasi buku yang lebih mudah. Dengan konsep aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial, kamu juga bisa bertemu dengan pecinta buku lainnya, untuk memperoleh pengalaman membaca yang lebih menyenangkan.

[iJakarta: Teman Belajar dan Baca Buku dari Rumah]

Program Jakarta Menulis 

Program ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan bantuan mentor. Tidak hanya itu, melalui Jakarta Menulis kamu juga akan mendapat bimbingan dalam menerbitkan konten tulisan digital.

Program Jakarta e-Learning

Pada masa pandemi, kegiatan belajar-mengajar di sekolah terpaksa dialihkan ke rumah masing-masing. Untuk menunjang sistem pembelajaran jarak jauh, program Jakarta e-Learning akan menjadi platform digital baru, untuk menghadirkan aplikasi edukasi berbasis konten.

Program Kelas Bersama 

Salah satu upaya dalam mewujudkan komunitas cerdas adalah dengan pembuatan platform digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat Jakarta untuk berbagi ilmu, khususnya bagi warga yang membutuhkan edukasi dan pelatihan tambahan di ruang publik.

Inovasi Pendukung Visi Jakarta 4.0

Kolaborasi antara Jakarta Smart City dan Aksaramaya tidak berhenti di sini. Selain program-program yang ditujukan untuk memberdayakan masyarakat umum, Aksaramaya juga akan membantu usaha JSC dalam merealisasikan visi Jakarta 4.0, dengan kehadiran inovasi-inovasi penunjang berikut ini:

  1.  JSC Academy: Penyediaan dan pengembangan platform digital di bidang pendidikan serta  pelatihan untuk mendukung transformasi digital.

  2.  JSC Virtual Office: Menghadirkan inovasi melalui teknologi video conference untuk mendorong cara berinteraksi yang modern, demi meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

  3.  JSC Analytic Platform: Pengembangan platform analisis data (data analytic) untuk pengumpulan, pengolahan, pemodelan, serta visualisasi data melalui sebuah dasbor yang terintegrasi.

Begitulah sekilas bentuk-bentuk kolaborasi yang diharapkan dapat terwujud dari kerja sama antara Jakarta Smart City dan Aksaramaya. Sambil menunggu kehadiran semua program di atas, kamu sebenarnya sudah bisa mencicipi salah satu hasil dari kemitraan ini. Ya, kamu dapat menggunakan fitur perpustakaan digital iJakarta di aplikasi JAKI yang kini tersedia untuk kamu unduh dari Google Play Store maupun Apple App Store. Yuk, kita manfaatkan dengan bijak dan nantikan layanan bermanfaat lainnya yang masih akan terus berkembang di Jakarta sebagai kota kolaborasi.

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

Ini Cara Mengetahui Zona Merah Covid-19 di Jakarta

Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat di Jakarta pada tingkat RT dilakukan dalam wilayah dengan kategori zona oranye dan merah. Peta wilayah zona oranye dan merah dapat dilihat pada situs ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City