Lima Ide Seru Liburan Akhir Tahun di Rumah

JSC | 20 days ago

Smartcitizen, liburan akhir tahun telah tiba! Sayangnya, libur akhir tahun kali ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti kita tahu, tahun ini kita menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat kita mengalihkan aktivitas di rumah, untuk menghindari penyebaran Covid-19 serta menekan jumlah kasus positif yang terus meningkat. Belajar dari libur panjang yang lalu, kasus positif meningkat karena masih banyak warga yang tidak menghiraukan imbauan untuk di rumah aja dan lalai menerapkan protokol kesehatan.

[JAKI - teman kamu selama pandemi]

Hingga 28 Desember 2020, kasus positif di Jakarta masih pada angka tinggi, yaitu 175.926 kasus. Untuk menghindari lonjakan kasus positif berulang, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan Instruksi No. 64 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengendalian kegiatan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 pada masa libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Dengan begitu, sangat disarankan untuk mengisi liburan di rumah aja. Eits, tapi jangan sedih. Yuk, simak lima ide seru untuk bikin liburan akhir tahun kamu tetap seru, meski hanya di rumah.

Dekorasi Rumah

Hal seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga adalah membersihkan rumah serta menata ulang bagian-bagian rumah. Menata ulang sudut-sudut rumah bisa menghilangkan rasa bosan saat harus di rumah saja. Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam dekorasi cantik untuk memperindah tampilan rumah. Tambahkan pula ornamen nuansa liburan seperti pohon dan lampu Natal jika kamu merayakan, atau hiasan lainnya supaya rumahmu jadi lebih meriah selama liburan.

Memasak

Momen memasak dan makan bersama keluarga adalah yang paling ditunggu. Jika biasanya memasak hanya dilakukan oleh ibu, sekarang kamu bisa menggunakan masa libur ini untuk memasak bersama keluarga, dengan menu favorit atau resep baru yang bisa ditemukan di internet. Selain untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, masak juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental pada masa pandemi ini, lho! 

Video Call dengan Kerabat

Kebersamaan dengan keluarga paling ditunggu pada saat liburan Natal dan Tahun Baru ini. Walau tidak bisa bertemu karena terhalang pandemi, kamu nggak perlu khawatir. Pada era serba digital ini, kamu tetap bisa menjalin silaturahmi secara daring melalui telepon atau video call.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kamu bisa tetap silaturahmi dengan keluarga atau kerabat yang jauh, tanpa harus bertemu dan kontak fisik. Jadi, komunikasi tetap aman meski jauh kan?  Nah, kamu juga bisa memanfaatkan video call untuk melakukan kegiatan bersama walau dari jarak jauh, seperti karaoke atau bermain game online.

Movie Marathon

Punya list film yang belum sempat ditonton? Pas banget nih gunakan waktu liburmu untuk menonton film atau drama favoritmu. Saat libur Natal dan Tahun Baru, pasti banyak sekali film serta drama baru yang bisa ditonton bersama keluarga di rumah. Kendati beberapa bioskop telah dibuka, akan lebih aman dan nyaman menonton film bersama keluarga di rumah melalui beberapa aplikasi yang tersedia.

[Ngobrolin kota cerdas bareng JSC, yuk!]

Tur Virtual

Kamu bosan di rumah, sehingga kangen berwisata? Banyak tempat wisata di Jakarta ditutup selama libur akhir tahun, sesuai dengan Instruksi Gubernur. Tapi tenang, sekarang kamu bisa berwisata dari rumah dengan virtual tour. Beberapa museum di Jakarta menyediakan virtual tour yang bisa kamu lakukan dari rumah, salah satunya lewat Google Arts and Culture.

Gimana? Tetap seru kan walau di rumah aja? Nah, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, serta menggunakan masker tiga lapis. Agar lebih aman kamu bisa melakukan tes mandiri Covid-19 secara rutin melalui CLM di JAKI, lho. Kamu bisa mengetahui rekomendasi kesehatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Yuk, gunakan JAKI untuk teman aktivitas kamu di Jakarta. Unduh aplikasi JAKI melalui Google Play Store atau App Store.

 

 

------

Tiffany Aisyah Septiana

Artikel lainnya

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Corona Likelihood Metric

Salah satu kunci kesuksesan sebuah kota atau negara dalam mengendalikan laju penyebaran sebuah pandemi adalah melalui proses pengetesan yang komprehensif. Namun, dalam pelaksanaannya, pemerintah juga ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City