iJakarta: Teman Belajar dan Baca Buku dari Rumah

JSC | 28 days ago

Dengan pergerakan di luar rumah yang masih terbatas, sebagian dari kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mencari kegiatan yang menyenangkan dan menambah wawasan di dalam rumah. Hal ini cukup penting agar kita tidak gampang jenuh atau merasa terkurung di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. 

Ada berbagai aktivitas yang laik kamu coba, mulai dari bercocok tanam di halaman, memelihara ikan, sampai menjelajahi koleksi buku di rumah. Nah, untuk yang terakhir, mungkin kamu sudah kehabisan pilihan bacaan, karena telah menamatkan buku-buku yang ada di rumah. Atau bisa juga kamu rindu dengan suasana perpustakaan yang kamu tahu memiliki koleksi buku yang jauh lebih lengkap.

Tidak ketinggalan juga teman-teman pelajar dan mahasiswa yang saat ini masih harus belajar melalui sistem jarak jauh. Tentu akan lebih baik jika ada akses mudah bagi mereka untuk meminjam dan membaca buku-buku pengetahuan yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar di rumah.

Perpustakaan Digital di JAKI

Dengan pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, sejumlah perpustakaan di Jakarta memang sudah dibuka lagi untuk umum, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Namun, mungkin ada dari kamu yang belum sepenuhnya nyaman bepergian keluar rumah. Alasan seperti ini cukup dimengerti kok, Smartcitizen. Oleh karena itu, aplikasi andalan kita, JAKI, sudah siap dengan perpustakaan digital yang bisa kamu temukan dan manfaatkan melalui fitur iJakarta.

iJakarta merupakan aplikasi persembahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Aksaramaya dan kini terintegrasi dalam JAKI. Sebagai perpustakaan digital, iJakarta tidak hanya mengunggulkan koleksi buku yang tersimpan di dalamnya. Tetapi juga fitur-fitur media sosial untuk memungkinkan kamu terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna atau komunitas pecinta buku lainnya. 

JAKI, iJakarta, Aksaramaya, PJJ, Covid-19

Jadi, dengan iJakarta, selain bisa kamu gunakan untuk belajar dan menambah wawasan berkat buku-buku yang kamu baca, kamu pun juga bisa menulis ulasan atau menanggapi ulasan dari pembaca lain. Tetapi tentu nggak hanya itu saja yang bisa kamu lakukan di iJakarta, masih ada fitur-fitur unggulan lain seperti:

  • Koleksi Buku: Fitur ini akan kamu temukan saat pertama kali kamu membuka aplikasi iJakarta. Ribuan judul buku elektronik (e-book) dengan beragam topik tersedia pada laman utama untuk kamu baca dan pelajari langsung dari genggamanmu.

  • ePustaka: Seperti yang telah disebutkan, iJakarta juga mengusung semangat komunitas dalam membaca. Melalui fitur ini, kamu bisa menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital, lengkap dengan beragam koleksi bukunya masing-masing.

  • Feed: Lihat segala aktivitas yang dilakukan oleh sesama pengguna iJakarta, seperti informasi buku terbaru, buku yang sedang dipinjam, hingga memulai diskusi buku dengan memanfaatkan fitur komentar.

  • Rak Buku: Saat bergabung dengan iJakarta, maka kamu akan langsung mendapatkan akses ke rak buku virtual milikmu sendiri. Semua riwayat peminjaman buku akan tersimpan di dalamnya untuk memudahkan kamu apabila ingin meminjam ulang buku favoritmu.

  • eReader: Fitur ini akan mengubah layar gawaimu menjadi halaman digital dari buku yang kamu baca. Diperkaya beragam fitur penunjang lain seperti mode gelap (dark mode) untuk kenyamanan membaca di kondisi ruangan redup atau malam hari.

Cara Pakai iJakarta

Pertama, pastikan kamu sudah memasang aplikasi JAKI yang bisa kamu unduh dari Google Play Store dan Apple App Store. Setelah membuka aplikasinya, geser atau scroll ke bagian bawah untuk menemukan sub-menu “Layanan Pemprov DKI Jakarta”. Pada bagian ini, pilih fitur iJakarta yang akan memberikanmu pintasan menuju aplikasinya.

Bila kamu sudah memasang aplikasi iJakarta, maka kamu akan langsung dibawa ke laman utama perpustakaan digital. Di sini kamu akan menemukan koleksi buku bacaan dengan pilihan topik yang cukup luas. 

JAKI, iJakarta, Aksaramaya, PJJ, Covid-19

Ambil contoh, jika saat ini kamu ingin memperbaiki kerusakan di rumah, tapi enggan menghubungi penyedia jasa reparasi lantaran takut dengan risiko terpapar virus Corona. Nah, lewat iJakarta, kamu bisa meminjam dengan pilih tombol “Borrow” dan kemudian membaca buku berjudul “Home Repairing: Solusi Mudah Atasi Kerusakan Rumah“.

Setelah selesai membaca bukunya dan kemudian mempraktikkan teknik-teknik yang baru saja kamu pelajari, jangan lupa untuk mengembalikan buku dan memberikan ulasannya ya, Smartcitizen.

JAKI, iJakarta, Aksaramaya, PJJ, Covid-19

Kamu juga bisa menjadi anggota ePustaka atau perpustakaan digital yang dikelola oleh pengguna iJakarta lainnya, termasuk sekolah dan universitas. Di sini kamu bisa membaca buku-buku yang mungkin tidak tersedia di laman utama. 

Kamu pun bisa membuat ePustaka atas namamu sendiri. Tapi agar ePustaka-mu bisa berfungsi dengan baik, kamu harus terlebih dahulu melakukan donasi buku. Cara untuk melakukan donasi cukup sederhana. Pertama, kamu memilih buku yang ingin kamu donasikan dan kemudian pembayaran bisa dilakukan secara daring atau melalui ATM. 

JAKI, iJakarta, Aksaramaya, PJJ, Covid-19 

Jika pembayaran sudah terkonfirmasi, maka buku digital yang kamu donasikan akan langsung masuk ke dalam ePustaka milikmu. Semakin banyak buku yang kamu donasikan, maka mungkin saja akan semakin banyak pula pengguna iJakarta yang menjadi anggota ePustaka-mu.

Sekarang kamu tahu kan potensi apa saja yang bisa kamu dapatkan dari iJakarta. Jangan biarkan masa pandemi ini menjadi hambatan bagi kita untuk membuka jendela wawasan yang lebih luas. Yuk, segera unduh JAKI dan iJakarta agar kita bisa belajar dan membaca buku dengan lebih nyaman, aman, serta menyenangkan!

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

Cara Gampang Urus Dokumen Kependudukan Lewat JAKI

Dokumen kependudukan merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan bagi setiap warga negara Indonesia. Tidak hanya sebagai bukti keabsahan identitas seseorang, dokumen-dokumen ini juga memberikan kepastian ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City