Kenalan dengan Java, Chatbot Jakarta di JAKI

JSC | 2 months ago

Melalui transformasi logo dan tampilan JAKI yang lebih modern dan segar, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lembaran baru dalam pelayanan publik yang tidak hanya efektif, tetapi juga menjunjung semangat inklusivitas untuk merangkul berbagai kalangan warga Jakarta. Selain itu, pengenalan wajah baru JAKI menjadi bukti pula inovasi berkelanjutan yang telah berjalan selama satu tahun lebih, sejak awal pengenalannya pada penghujung 2019. 

Sepanjang periode tersebut, Jakarta Smart City selaku pengembang utama JAKI, tidak pernah mengenal kata lelah dalam memperkenalkan beragam fitur-fitur baru demi mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat Jakarta. Nah, menjelang akhir  2020, ada satu lagi fitur baru JAKI yang patut kamu coba. Smartcitizen, yuk berkenalan dengan Java!

Apa itu Java?

Sebagai informasi, Java adalah sebuah chatbot yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi-informasi penting dan menarik seputar Jakarta dalam bentuk pesan teks singkat. Java didukung dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan bersama melalui kolaborasi antara Jakarta Smart City dan Vutura. Java akan menjadi teman barumu di JAKI yang siap melayani dan menjawab pertanyaan tentang Jakarta yang mungkin selama ini hanya kamu simpan sendiri. 

Seperti yang kita tahu, Jakarta adalah kota yang begitu luas. Setiap sudutnya punya banyak cerita dan informasi berharga untuk kita gali serta pelajari. Agar bisa memberi pelayanan secara maksimal, Java terlebih dahulu dilatih dengan beragam pengetahuan yang mungkin akan dibutuhkan oleh warga saat berkegiatan atau bepergian di Jakarta.

[Intip tampilan baru JAKI di sini!]

Cara Mengobrol dengan Java

Untuk mulai menggunakan fitur Java, tentu kamu harus terlebih dahulu memasang aplikasi JAKI yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi JAKI, lalu lihat ikon di pojok kanan atas laman menu utama. Nah, di situlah kamu akan menemukan dan berkenalan dengan Java. 

JAKI, Chatbot, Java

Layaknya bertemu dengan teman baru, kamu harus terlebih dahulu memberi tahu namamu kepada Java. Setelah saling kenal, Java kemudian akan memberikanmu beberapa pilihan kategori yang bisa kamu tanyakan, antara lain:

  • Dokumen kependudukan;

  • Wisata dan kuliner;

  • Bencana dan kedaruratan;

  • Kesehatan;

  • Pendidikan;

  • Kanal pengaduan.

Pilih kategori yang paling sesuai dengan apa yang kamu butuhkan atau ingin tanyakan. Untuk menghemat waktu, kamu bisa memilih tanpa harus mengetik secara lengkap. Jadi kamu cukup menulis kata kuncinya saja, misalnya “kependudukan”, “kuliner”, “bencana”, atau “kesehatan”. 

Setiap kategori akan membawamu ke sub-menu untuk informasi yang lebih spesifik. Jadi, jika kamu memilih kategori kesehatan, maka pada menu berikutnya Java akan memberikanmu pilihan-pilihan yang berkaitan dengan fasilitas kesehatan milik Pemprov DKI Jakarta, seperti rumah sakit dan ambulans. 

JAKI, Chatbot, Java

Kenali Java, Kenali Jakarta

Sekarang kita coba Java dengan contoh yang lain. Anggap saja kamu sedang mengidamkan makanan atau minuman khas Jakarta, maka di menu awal kamu dapat memilih kategori wisata dan kuliner. Kemudian Java akan membawamu ke sub-menu yang berisi informasi tentang pariwisata di Jakarta, salah satunya wisata kuliner. 

Karena kali ini kita sedang ingin mencari informasi tempat makan yang berada di Jakarta, kamu bisa menjawab atau memilih dengan menuliskan kata “kuliner”. 

Pada bagian selanjutnya, Java akan menanyakanmu jenis kuliner yang ingin kamu tanyakan. Jika kamu sedang ingin mengenal lebih baik tentang makanan tradisional favorit, maka kamu bisa memilih “kuliner tradisional”. 

Atau kamu sedang ingin tahu tempat makan pinggir jalan yang legendaris di Jakarta? Nah, jika iya, kamu bisa membalas Java dengan pilihan “Street Food”.

JAKI, Chatbot, Java

Apabila ingin kembali ke menu kuliner sebelumnya, kamu cukup menekan pilihan kembali. Jika ingin kembali ke menu paling awal, maka kamu bisa menekan tombol menu utama. 

Seiring waktu, Java akan terus berkembang dan belajar informasi-informasi baru, supaya bisa melayani kamu lebih baik. Jadi, jika ada pertanyaanmu yang sekarang belum terjawab, nggak perlu khawatir.  Karena, pada pembaruan JAKI berikutnya, Java kemungkinan besar akan menjadi lebih pintar, dengan pustaka pengetahuan Jakarta yang semakin lengkap.

Satu keunggulan yang terpenting, Java akan selalu setia menemanimu selama 24 jam, tujuh hari seminggu. Jadi apapun situasinya, jika kamu perlu menanyakan sesuatu tentang Jakarta, jangan pernah ragu untuk bercakap dengan Java ya, Smartcitizen!

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

Smart Mobility for Smart City: Integrasi Angkutan Umum Koperasi Wahana Kalpika dengan Transjakarta

Demi mewujudkan sistem transportasi yang mudah diakses dengan harga terjangkau untuk warga Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mengintegrasikan layanan angkutan umum Koperasi Wahana Kalpika ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City