Logo Baru JAKI: Tampilan Baru, Semangat Baru

JSC | 2 months ago

Tak terasa, sudah setahun lebih aplikasi Jakarta Kini (JAKI) hadir untuk melayani masyarakat Ibu Kota. Dalam upaya memenuhi keperluan dan menyelesaikan permasalahan warga Jakarta, JAKI terus bertransformasi menjadi super-app yang memberi banyak manfaat bagi masyarakat dengan mengembangkan fitur-fitur baru. 

Bukan hanya itu, JAKI juga telah mengubah tampilan logonya menjadi lebih modern, matang, sederhana, dan segar. Hal ini disampaikan Yudhistira Nugraha, Kepala BLUD Jakarta Smart City yang juga penggagas utama logo baru JAKI. 

Menurut Pak Yudhis, perubahan logo ini sejalan dengan arah semangat JAKI untuk menjadi super-app yang memiliki nilai inklusivitas tinggi. JAKI diharapkan bukan hanya menjadi portal informasi yang dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta, namun juga dapat menjadi aplikasi serba bisa yang merangkul semua kalangan masyarakat, dari sektor publik, privat, hingga startup. 

[Membedah tampilan baru JAKI]

Dalam hal ini, Mezki Sesdiawan selaku Senior Graphic Designer dan segenap tim desain Jakarta Smart City merancang logo baru JAKI dengan menyertakan empat nilai utama yang menjadi filosofi perubahan tampilan ini, yakni modern, matang, sederhana, dan segar. Beranjak dari semangat untuk memudahkan berbagai permasalahan yang ada di Jakarta, JAKI hadir dengan logo baru yang sederhana namun catchy. Hal ini agar JAKI lebih dekat dengan masyarakat dan dapat lebih mudah diingat orang banyak.  

“Permasalahan di Jakarta sudah cukup banyak dan rumit. Nah, kami dari tim desain JSC merancang logo JAKI yang lebih sederhana dengan menggambarkan bagaimana JAKI dapat menyederhanakan dan memudahkan semua permasalahan tersebut melalui fitur-fitur baru yang matang. Seiring perkembangan zaman, logo baru JAKI juga diberi sentuhan modern yang tentunya lebih segar,” ujarnya. 

Warna Baru, Harapan Baru untuk Lebih Maju

Sebelumnya, warna logo JAKI oranye merefleksikan simbol semangat Kota Jakarta. Kini, logo baru JAKI terdiri dari tiga warna utama, yakni biru, putih, dan teal. Sama seperti bentuk logo, paduan warna yang dipilih juga memiliki filosofi yang mengandung harapan besar bagi kota Jakarta, agar semakin maju ke depannya.  

  • Biru: warna ini melambangkan arti profesionalisme dan integritas yang tinggi. JAKI bukan sekedar super-app, namun juga memiliki harapan tinggi untuk menjadi aplikasi resmi Pemprov DKI Jakarta yang bisa dipercaya oleh seluruh warga Jakarta serta melayani setiap aduan masyarakat secara profesional. 

  • Putih: merupakan warna netral yang memiliki makna keseimbangan dalam ekosistem Jakarta, di mana JAKI ingin hadir sebagai penyambung utama antara kebutuhan masyarakat dengan pelayanan Pemprov DKI Jakarta. 

  • Teal: warna ini dipilih  karena lebih vibrant sebagai pelengkap logo, sehingga membuatnya semakin menarik dan segar untuk dilihat. Selain itu, warna ini juga bermakna fresh-minded, modern, dinamis, serta kekinian, karena aplikasi JAKI semakin lengkap dengan penambahan fitur-fitur terbarunya.  

Empat Poin Penting dari Logo Terbaru JAKI 

Logo baru JAKI tidak hanya mengandung filosofi yang begitu berarti, namun juga memiliki empat poin penting yang menjadi acuan JAKI agar terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat DKI Jakarta.

Pertama, dengan penambahan fitur-fitur baru yang semakin berkembang, JAKI ingin menjadi aplikasi andalan bagi semua warga Jakarta dalam menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh, ketika melihat tumpukan sampah, warga langsung dapat melaporkannya melalui JakLapor. Ketika memerlukan layanan internet gratis, warga dapat menikmati pelayanan JakWifi di berbagai access point yang telah tersedia.

[JAKI wakili Indonesia di kompetisi ASEAN]

Kedua, aplikasi JAKI dapat menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan Pemprov DKI Jakarta. Melalui aplikasi ini, masyarakat diharapkan merasa lebih puas dengan berbagai layanan yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta, karena fitur-fitur yang dikembangkan dalam aplikasi JAKI bukan sekadar rancangan pemerintah, namun juga memiliki pedoman Citizen Design Services. Dengan demikian, fitur-fitur yang ditawarkan memang sesuai dengan apa yang masyarakat Kota Jakarta butuhkan.  

Ketiga, Jakarta adalah kota kolaborasi. Semangat kolaborasi yang tinggi ini telah mendorong JAKI menjadi aplikasi yang mengajak para kolaborator, baik dari pihak swasta, startup, dan lain-lain, untuk saling bekerjasama dalam membangun Jakarta menjadi lebih maju ke depannya. 

Keempat, dengan adanya fitur-fitur yang dapat diandalkan, respons penyelesaian masalah yang cepat serta aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun, akan menjadikan JAKI sebagai aplikasi yang solutif dan terpercaya.  

Kehadiran logo baru JAKI telah membawa semangat baru untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih maju dan terintegrasi. Yuk, segera unduh JAKI di App Store atau Play Store dan bantu Jakarta menjadi lebih baik lagi!

 

 

------

Nana Nurwaesari

Artikel lainnya

Sehati TeleCTG: Juara Future City Hackathon Untuk Kesehatan Ibu Hamil di Indonesia

Setelah empat minggu bekerja keras penuh suka-duka, memetik banyak pengalaman dan pencerahan baru, ajang Future City Hackathon mencapai puncaknya dengan pengumuman startup yang menjuarai kompetisi ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City