Membedah Tampilan Baru Super-App Jakarta

JSC | 12 days ago

Smartcitizen, sudahkah kamu membuka JAKI hari ini? Kalau sudah, pasti kamu melihat ada yang berbeda dari super-app kembangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini. Ya, JAKI sekarang punya tampilan baru! Dari pandangan pertama, mungkin kamu hanya memperhatikan ada perubahan warna yang kini didominasi oleh balutan warna biru dan hijau toska. Tapi, tahukah kamu kalau pembaruan JAKI nggak sebatas di situ saja lho, Smartcitizen. Yuk, kita intip dan telisik lebih dalam. 

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor 

Cara Baru Akses Fitur JAKI

Mari kita awali dari menu utama. Lagi-lagi sepintas mungkin kamu hanya melihat perbedaan warna, tapi coba geser ke bawah dan kamu akan menemukan tempat baru untuk mengakses fitur.

Mengambil konsep desain berbasis kartu atau card-based design, tampilan menu baru ini didukung dengan penjelasan singkat beserta ilustrasi deskriptif, untuk memudahkan pengguna yang mungkin belum terlalu akrab dengan kegunaan fitur-fitur JAKI. 

Harapannya, kamu nggak perlu lagi menebak-nebak fungsi dari setiap ikon fitur JAKI dan pertanyaan-pertanyaan seperti “fitur checkpoint monitoring untuk apa, ya?” juga ikut terjawab dengan pembaruan ini.

“Mengingat kebutuhan warga Jakarta semakin kompleks, maka kami di Jakarta Smart City merasa perlu ada perubahan dan penyegaran filosofi pada JAKI dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Tito Hanafi, UI/UX Designer dari Jakarta Smart City.

“Kemudian fitur-fitur yang ada di JAKI juga terus bertambah, jadi kami juga memutuskan untuk mengimplementasikan konsep card-based design ini agar pengguna bisa dengan cepat mengidentifikasi fitur yang ingin mereka cari dan gunakan.” 

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor

Perubahan filosofi: Konsep card-based design yang diimplementasikan di versi terbaru JAKI 

Tampilan Baru Anti Bingung

Seiring waktu berjalan, JAKI terus berkembang dan tak henti-hentinya menambah fitur baru yang sesuai dengan tren kebutuhan warga Jakarta saat ini. Tapi, hal itu menciptakan tantangan sendiri, karena dengan jumlah fitur yang begitu banyak, maka ada kemungkinan pengguna kewalahan atau kebingungan dalam mencari fitur yang dibutuhkan. Oleh karena itu, selain aspek visual, pembaruan JAKI juga meliputi perubahan pada struktur aplikasi.

Seperti yang sudah disebutkan, sekarang kamu punya tempat baru untuk mengakses fitur melalui kartu-kartu menu yang ada di versi terbaru JAKI. Nah, agar kamu bisa menemukan setiap fitur dengan lebih mudah, JAKI juga memilah-milah kartu-kartu tersebut ke dalam kategori yang relevan dengan jenis layanan yang ditawarkan. Apa sajakah itu?

  • Jakarta Tanggap Covid-19

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor

Memasuki penghujung tahun 2020, pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman di sekitar kita. Maka dari itu, JAKI juga menyediakan tempat khusus agar kamu bisa menjaga kesehatan diri dan melindungi orang-orang terdekatmu. Jadi, jangan pernah bosan untuk memanfaatkan fitur-fitur JAKI yang ada di kategori ini ya, Smartcitizen. 

Sebagai informasi, kategori ini menggantikan fitur Jejaki pada versi JAKI sebelumnya.

  • Layanan Pemprov DKI Jakarta

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor

Salah satu tujuan utama kehadiran JAKI adalah untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat Jakarta melalui kenyamanan ponsel pintar. Nah, di kategori ini, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi milik Pemprov DKI Jakarta yang sudah terintegrasi dengan JAKI, dari JakEvo untuk mengurus perizinan sampai Tijeku untuk mengecek rute dan lokasi bus Transjakarta. 

Sebagai informasi, kategori ini menggantikan fitur JakApps dalam versi JAKI sebelumnya.

  • Kolaborasi membangun Jakarta

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor

Sesuai dengan semangat kolaborasi untuk mewujudkan Smart City 4.0, JAKI juga mengintegrasikan aplikasi-aplikasi dari perusahaan-perusahaan teknologi yang sudah menjalin kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Sebagai informasi, kategori ini menggantikan fitur JakCo pada versi JAKI sebelumnya.

  • JAKI #BikinGampang

JAKI, Jakarta Smart City, Jaklapor

Temukan fitur-fitur andalan JAKI yang siap membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di Jakarta. Buka fitur JakWarta sebelum beraktivitas untuk membaca berita terbaru dari Pemprov DKI Jakarta. Atau pantau laporan pengaduan yang baru saja kamu buat lewat fitur JakRespons. Kulkas kosong? Belanja lebih pintar dengan memantau harga pasar di fitur JakPangan. Persiapkan diri lebih baik di kala hujan dengan mengecek kondisi tinggi muka air lewat fitur JakPantau. Semuanya jadi lebih gampang bersama JAKI!

Itulah wajah baru dari JAKI yang siap menyapa dan membantu kamu menjalani kegiatan sehari-hari di Jakarta. Untuk kamu yang belum memiliki JAKI, yuk jadi bagian dari transformasi Jakarta dengan mengunduh dan memasang aplikasi pemenang penghargaan IdenTIK 2020 lewat Google Play Store dan Apple App Store. Terus pantau juga kanal-kanal media sosial Jakarta Smart City untuk jadi yang pertama mengetahui gebrakan inovasi selanjutnya dari JAKI!

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

Melawan Hipertensi dengan Layanan Hypertension Online Treatment

Menurut World Health Organization (WHO) sebagai badan kesehatan dunia, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi telah membunuh 9,4 juta orang setiap tahunnya. Jumlah ini diperkirakan akan terus ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City