Pantau Kasus Covid-19 di Sekitarmu dengan Fitur Zonasi

JSC | 10 days ago

Smartcitizen, tidak terasa sudah tujuh bulan kita melewati masa pandemi Covid-19. Di tengah keterbatasan, kita dituntut untuk beradaptasi dan mengalihkan berbagai kegiatan ke rumah. Mulai dari bekerja, belajar, sampai berbincang dengan saudara atau teman, kita lakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi internet. Informasi seputar pencegahan penularan serta cara untuk tetap aman dan sehat juga menjadi kebutuhan sehari-hari.

Melihat dinamika kehidupan baru di antara warga Ibu Kota pada masa pandemi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Layanan Umum Jakarta Smart City kini menghadirkan sebuah fitur baru bernama Jejaki di aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Melalui Jejaki, hampir semua kebutuhan warga yang berkaitan dengan pandemi Covid-19 terkumpul di dalam satu tempat yang mudah diakses oleh para pengguna.

[Jejaki: Fitur Baru JAKI pada Masa Pandemi, Apa Saja Fungsinya?]

Seperti kita tahu, dengan virus Korona yang masih mewabah, kita diwajibkan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan). Kita juga harus menjaga kewaspadaan jika terpaksa harus bepergian ke luar rumah. Salah satu cara agar kita tidak lengah adalah dengan rutin memantau kondisi terbaru mengenai perkembangan kasus Covid-19 di tempat kamu berada. 

Nah, dengan Jejaki, kamu tidak perlu repot-repot menjelajahi setiap penjuru internet untuk mengecek situasi penyebaran pandemi di suatu daerah. Karena berkat aplikasi PeduliLindungi yang dikembangkan Kemkominfo dan kini terintegrasi dalam Jejaki, kamu bisa menggunakan fitur Zonasi untuk langsung mendapatkan informasi terkini tentang status dan jumlah kasus positif Covid-19 di sekitar tempat tinggalmu.

Untuk mengakses fitur Zonasi, buka aplikasi JAKI lalu pilih menu Jejaki di laman utama. Di sana kamu akan menemukan beragam sub-fitur beserta kegunaannya. Pada bagian ‘Zonasi’ tekan kalimat ‘Lihat zona di sekitarmu’. Jejaki kemudian akan memindai lokasi. Tunggu sejenak, alamat tempat kamu berada akan terlihat di kolom bagian paling atas (panah merah). 

JAKI, Jejaki, Zonasi, kasus Jakarta, PSBB

Apa yang Bisa Kamu Dapatkan di Fitur Zonasi?

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari fitur Zonasi adalah untuk memberikan informasi terkait status zona di posisi kamu berada. Jadi, bila kamu sedang mengakses fitur ini ketika berada di rumah, maka kamu akan mendapatkan notifikasi status zona untuk lingkungan di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu sedang terjadwal bekerja di kantor, maka fitur Zonasi akan memberitahukan status zona untuk area di sekitar tempat kerjamu.

Status zona di fitur Zonasi terbagi menjadi tiga, yaitu zona risiko tinggi dengan warna merah, zona risiko sedang berwarna kuning, dan zona risiko rendah yang dilambangkan dengan warna hijau. Pemberian status ini ditentukan berdasarkan jumlah kasus Covid-19 yang tercatat di area kelurahan kamu berada. Selain notifikasi status zona, fitur Zonasi juga akan memberikan data-data berikut:

  • Jumlah pasien positif terkonfirmasi.

  • Jumlah suspek.

  • Jumlah kontak erat.

  • Jumlah pasien sembuh.

  • Jumlah pasien meninggal dunia.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi di lokasimu, fitur Zonasi juga menyediakan fitur pemindaian dengan radius atau jangkauan yang bisa kamu atur sendiri.

JAKI, Jejaki, Zonasi, kasus Jakarta, PSBB

Bagaimana Fitur Zonasi Bekerja?

Agar fitur zonasi berfungsi secara normal, pastikan kamu sudah memberikan akses lokasi untuk aplikasi PeduliLindungi. Ini karena fitur Zonasi bekerja dengan memanfaatkan pendeteksian lokasi dari fitur GPS (Global Positioning System) di smartphone milikmu. Melalui teknologi ini, fitur Zonasi juga bisa mengetahui dan memberikan notifikasi apabila kamu berada di zona risiko tinggi selama 30 menit. Dengan begitu, notifikasi ini juga bisa menjadi pengingatmu untuk segera menyelesaikan urusan yang sedang kamu lakukan di tempat tersebut.

Setelah itu, mungkin sebagian dari kamu bertanya, bagaimana fitur Zonasi memetakan area atau wilayah mana saja yang dianggap sebagai zona risiko tinggi, sedang, atau rendah? Seperti sudah disebutkan, fitur Zonasi mengacu pada jumlah kasus Covid-19 untuk menentukan status zonasi. Untuk mendapatkan angka infeksi di suatu daerah, aplikasi PeduliLindungi memanfaatkan data kasus per kelurahan yang berasal dari Open Data Covid-19 milik Pemprov DKI Jakarta.

Data yang terdapat di fitur Zonasi akan diperbarui secara berkala setiap pukul 21.00 WIB. Jadi sebelum beraktivitas, nggak ada salahnya untuk mengecek dan memantau perkembangan terbaru kasus Covid-19 di sekitarmu. 

Apa yang perlu kamu lakukan jika rumahmu berada di zona merah? Jangan panik ya, Smartcitizen. Selama kamu rajin dan disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti 3M, kamu bisa melakukan kegiatan di rumah secara aman. Tapi jika terpaksa harus meninggalkan rumah, ingat peraturan-peraturan PSBB yang sudah ditetapkan pemerintah seperti memakai masker, tidak membuat kerumunan, dan menjaga jarak fisik dengan orang lain. Lalu, ketika kembali ke rumah, kamu harus langsung membersihkan diri dengan mandi dan membersihkan peralatan yang kamu bawa dengan disinfektan atau cairan pembersih. Dengan begitu, kamu bisa membantu upaya Pemprov DKI dalam menuntaskan masalah pandemi di Ibu Kota. Yuk, manfaatkan Jejaki untuk mengakses fitur Zonasi di aplikasi JAKI yang bisa kamu unduh di Google Play Store dan Apple App Store!

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

JSC Talks Vol. 2: Fitur dan Data di corona.jakarta.go.id

Wadah diskusi dan pengenalan konsep kota cerdas Jakarta kembali lagi minggu ini, pada episode kedua JSC Talks yang tayang secara langsung di YouTube serta aplikasi Zoom. Kali ini, topik pembicaraannya ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City