Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Selama Masa PSBB

JSC | 7 months ago

Smartcitizen, seperti yang kita tahu, sejak 14 September 2020 lalu, Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusan ini merupakan bagian dari Kebijakan Rem Darurat (Emergency Brake Policy) yang diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jumlah pasien positif yang semakin naik selama masa PSBB Transisi Tahap 1 menjadi indikator utama mengapa hal tersebut perlu dilakukan.

Dengan pemberlakuan kembali PSBB, maka kita sebagai masyarakat Jakarta harus benar-benar membatasi aktivitas maupun pergerakan di luar rumah. Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bepergian ke luar untuk nongkrong dan bersosialisasi dengan teman, menjalani masa isolasi secara mandiri di rumah mungkin terasa membosankan. Nah, buat kamu yang merasa seperti itu, yuk kita simak beberapa ide di bawah ini yang barangkali bisa membuat kegiatanmu di rumah lebih berwarna dan bermakna selama PSBB.

Memulai Hobi atau Kesibukan Baru

Pernah ingin melakukan sesuatu tapi terhalang oleh waktu? Nah, manfaatkan masa PSBB seperti sekarang untuk memulai hobi baru. Atau kamu juga bisa menghidupkan kembali hobi yang mungkin sempat terhenti karena kesibukan kerja di kantor. Coba cek rak bukumu, apakah ada yang belum sempat kamu baca. Atau mungkin ada film yang belum sempat kamu tonton. 

Jelajahi informasi-informasi menarik dari internet sebagai bahan inspirasi untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Misalnya, setelah belajar tentang konsep Urban Farming di internet, kamu bisa mengaplikasikan ilmu tersebut untuk menyulap halaman kosong di rumah menjadi lahan pertanian mini yang hijau. Siapa tahu, tomat atau cabai yang kamu tanam bisa menjadi pelecut untuk memulai hobi masak. 

Kemudian, bila kamu mempunyai saudara atau adik kecil, carikan kegiatan yang menyenangkan buat kalian,  seperti melukis, membuat kue, atau berkaraoke bersama.

Menonton Miniseri JAKI

Nah, ide satu ini nggak cuma menghibur, tapi juga menyimpan banyak informasi berguna di tengah pandemi. Mulai dari cara melihat peta persebaran kasus Covid-19 di Jakarta sampai mengecek data pemantauan pandemi. 

Semuanya dikemas secara santai dalam Miniseri JAKI Bikin Gampang yang mengenalkan kamu kepada beragam fitur di aplikasi Jakarta Kini atau JAKI. Tunggu apalagi, Smartcitizen? Yuk, segera meluncur ke sosial media resmi Jakarta Smart City di @jsclounge! Jangan sampai ketinggalan setiap episodenya, ya!

PSBB Jakarta, Tips PSBB, Jakarta Smart City

Belajar dari Rumah dengan JakSekolahmu

Kegiatan belajar-mengajar merupakan salah satu yang paling terdampak selama pandemi Korona. Bahkan, pada masa transisi sekalipun, sekolah-sekolah yang berada di Jakarta masih harus ditutup, meskipun tahun ajaran baru sudah dimulai. 

Tentunya langkah itu perlu diambil untuk melindungi para pelajar dan guru dari risiko penularan Covid-19. Jadi, dengan pemberlakuan kembali PSBB, mungkin tidak ada yang berbeda. Sistem pembelajaran tetap dilakukan secara jarak jauh. Tapi, keinginan untuk belajar jelas tidak terbatas pada anak-anak saja. Rasa ingin tahu yang merupakan sifat alamiah manusia membuat kita selalu tertarik untuk menggali ilmu.

Oleh karena itu, bila kamu mempunyai waktu luang, nggak ada salahnya untuk belajar hal-hal baru atau mempertajam keahlian yang kurang kamu kuasai. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur JakSekolahmu yang ada di aplikasi JAKI. Topik dan materi pembelajaran tersedia secara online untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga SMA. 

Tapi, jangan salah, meski ada kata ‘sekolah’, fitur ini ternyata juga membuka kelas umum untuk para orang tua dan profesional. Kamu bisa mengikuti program-program menarik buat  mengasah kemampuan, seperti keahlian memaparkan presentasi dan teknik bicara di depan umum yang pasti bermanfaat serta dapat menunjang pekerjaanmu.

Membantu Sesama Melalui Program KSBB

Beraktivitas sehari-hari di rumah kadang membuat kita melupakan orang lain. Termasuk kepada mereka yang kesulitan karena dampak pandemi, sehingga membutuhkan uluran tangan kita. Agar menggiatkan kembali semangat bahu-membahu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun sebuah platform penyaluran bantuan dari masyarakat untuk masyarakat dalam bentuk program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB. 

Saat ini, program KSBB terbagi menjadi dua. Pertama, KSBB Pangan untuk penyaluran bantuan kepada warga atau keluarga yang terdampak Covid-19. Kedua, KSBB UMKM untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui bantuan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Jakarta.

Jika kamu tergerak untuk membantu sesama, yuk ringankan beban mereka dan ikut berkontribusi dari rumah dengan mengunjungi laman resmi KSBB di situs corona.jakarta.go.id. Pelajari mekanisme penyaluran, lalu ikuti tata caranya dengan cermat, agar bantuan yang kamu berikan bisa diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan.

Ikut Program Belajar Bersama Jakarta

Kamu punya jiwa analisis yang tinggi? Nah, waktu luang di rumah seperti sekarang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset atau penelitian. Lebih keren lagi jika hasil kerjamu kemudian dapat diaplikasikan dan berguna untuk orang banyak. Budaya seperti itulah yang saat ini sedang berusaha ditumbuhkan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui program Belajar Bersama Jakarta. 

PSBB Jakarta, Tips PSBB, Jakarta Smart City

Program yang diampu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ini digagas sebagai tempat belajar bersama mengenai kebijakan publik yang meliputi aspek formulasi, penyiapan, pelaksanaan, serta evaluasi bagi masyarakat umum. 

Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta berperan sebagai fasilitator data primer. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan sebuah riset yang memecahkan masalah, khususnya menjadi solusi penanggulangan pandemi Covid-19.

Program Belajar Bersama Jakarta terbuka untuk masyarakat umum, termasuk akademisi/peneliti, profesional, LSM, media, pelajar menengah atas/sederajat, atau mahasiswa. Informasi lebih lanjut seperti petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dapat diakses melalui https://www.bpsdm.jakarta.go.id/jppc

Urus Ini-Itu Lewat Layanan Online

Dengan pemberlakuan kembali PSBB, maka beberapa layanan publik di Jakarta mengalami pembatasan secara tatap muka. Namun, kamu nggak perlu khawatir, Smarcitizen, karena sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jakarta sudah memiliki alternatif layanan yang bisa diakses secara online. Sebut saja aplikasi dan situs JakEvo yang siap menerima permintaan serta pengajuan beragam izin melalui sentuhan jari di ponsel pintarmu. 

Atau kamu ingin datang ke perpustakaan tanpa harus meninggalkan rumah? Ya, kamu bisa melakukannya dengan mengunduh aplikasi iJakarta untuk menjelajah dan membaca ribuan koleksi buku di perpustakaan digital yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Dua aplikasi tadi baru contoh kecil aja lho, Smartcitizen. Masih ada segudang aplikasi dan situs keren lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Untuk menemukannya, kamu bisa membuka aplikasi JAKI, lalu pilih fitur JakApps.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, kita perlu ingat bahwa kita melakukannya secara bersama-sama. Tidak hanya di Jakarta, tidak hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk menyatukan perasaan dengan jutaan orang lain, meski terpisahkan oleh jarak dan samudra. Maka dari itu, jangan pernah menyerah, ya. Apapun kegiatan menyenangkan yang kamu lakukan dari rumah, pastikan kamu selalu menerapkan protokol pencegahan, agar masa PSBB ini bisa kita lewati dengan baik, sehingga impian Jakarta yang pulih dari pandemi bisa segera tercapai.

 

 

------

Aditya Gagat Hanggara

Artikel lainnya

Jakarta X Nodeflux: Membangun Kota Cerdas Bervisi AI

Masa depan ibu kota dibangun pemuda-pemuda yang penuh ide dan berpandangan baru tentang dunia. Beberapa tahun terakhir, di Jakarta bermunculan usaha startup teknologi yang dipimpin oleh para pemikir ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City