Sepuluh Besar Startup di Future City Hackathon

JSC | 2 months ago

Melalui kolaborasi antara dua kota, Jakarta dan Berlin, datanglah sebuah pencarian solusi masa depan untuk masalah yang akan dihadapi Jakarta pada masa pasca-Covid-19. Untuk ini, Pemprov DKI Jakarta, State Government of Berlin, serta pendanaan dari Uni Eropa, bekerja sama mencari pemikir-pemikir cerdas yang dapat mengajukan ide-ide inovatif dengan mengadakan Future City Hackathon. Ajang ini, yang berupa kompetisi serta kolaborasi, memanggil semua wirausahawan dan pemilik usaha startup untuk ikut serta dan menunjukkan rencana mereka demi masa depan ibu kota. Tema yang harus diikuti peserta dalam ajang ini adalah tujuh indikator kota cerdas, yakni Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment dan Smart Branding.

Periode registrasi sudah berakhir 6 Agustus 2020 lalu. Dari seratus lebih pendaftar, para juri sudah memilih sepuluh besar yang akan mengikuti fase kompetisi berikutnya. Sepuluh finalis ini bakal dihubungkan dengan mentor dan pakar yang siap membantu peserta dalam mengembangkan ide-ide mereka. Satu pemenang yang terpilih kelak memenangkan hadiah tunai €1.500 (Rp26.000.000) yang dikontribusikan State Government of Berlin. Sang juara mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Jakarta Smart City, untuk mewujudkan dan mengimplementasikan solusi mereka ke dalam infrastruktur Jakarta. Mari kita kenali satu per satu, sepuluh startup yang telah berhasil masuk ke babak final dan solusi apa saja yang mereka ajukan.

8Villages Indonesia: Memajukan Modernisasi Desa

Dengan kepercayaan yang tinggi terhadap potensi tersembunyi masyarakat perdesaan Indonesia, 8Villages ingin mempercepat proses modernisasi di desa-desa tersebut, dengan mengimplementasikan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup warga perdesaan serta memperkuat perekonomian Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, 8Villages telah mengembangkan beberapa aplikasi, dimulai dari LISA pada 2013. LISA adalah sebuah platform edukasi dan komunikasi di mana para petani dapat bertanya serta berdiskusi dengan pakar dari berbagai bidang bisnis. Selain itu, 8Villages juga mengembangkan DataHub.id yang merupakan aplikasi pengumpulan data pertanian maupun sawah yang bisa digunakan warga perdesaan maupun perkotaan, untuk membantu dalam pengambilan keputusan berbasis statistik yang lebih tepat.

Sedangkan RegoPantes adalah aplikasi pasar yang membantu petani menjual produk mereka langsung kepada konsumen dengan harga lebih murah, berkat memotong pihak-pihak perantara yang biasanya terlibat dalam proses jual beli. Semua hasil transaksi akan langsung diterima para petani sehingga pendapatan mereka meningkat, di samping usaha yang memerlukan buah dan sayur segar bisa mendapat akses langsung untuk pembelian. Penyimpanan serta pengantaran produk ditangani oleh VLOGS, satu lagi solusi digital yang dikembangkan 8Villages untuk mengurus aspek logistik. Dengan menjadi jembatan penghubung antara masyarakat perdesaan dan perkotaan, 8Villages mengharapkan kualitas hidup kedua pihak akan meningkat.

Birru: Konferensi Video Kolaboratif untuk Semua

Selama masa pandemi, banyak dari kita yang harus bekerja dari rumah masing-masing untuk menjaga kesehatan diri sendiri serta orang lain. Karena itu kita pasti sudah akrab dengan platform konferensi video online seperti Zoom atau Google Meet. Birru merupakan platform serupa yang ditujukan untuk pekerja sektor publik serta swasta. Yang membuat Birru lebih menonjol adalah kompatibilitas yang memudahkan aplikasi ini untuk diintegrasikan ke dalam situs atau aplikasi yang sudah ada. Jika sebuah perusahaan telah memiliki situs atau aplikasi tersendiri dan memerlukan integrasi platform pertemuan daring, Birru bisa menjadi penyelamat. Birru dirancang untuk berbagai jenis bisnis seperti edukasi, kesehatan, dan pelayanan publik.

Birru juga menyediakan fitur kolaborasi langsung selama pertemuan berjalan. Peserta pertemuan bisa menggunakan fitur whiteboard untuk menggambar atau menulis catatan bersama-sama. Fitur menggambar dan menulis ini pun bisa dilakukan langsung di dokumen yang sedang dipresentasikan. Setelah pertemuan usai, semua gambar serta catatan dapat disimpan dan diunduh. Selain itu, Birru juga terintegrasi dengan Google Docs, sehingga semua peserta bisa mengerjakan satu dokumen secara bersamaan. Dengan Birru, semua kebutuhan pertemuan daring terpenuhi, ditambah lagi dengan fitur-fitur unik yang membuat kolaborasi lebih mudah.

Indonesia Bertahan (INTAN) oleh Braga Teknologi: Solusi Krisis Kesehatan dan Ekonomi Pasca-Covid-19

Sebagai usaha startup teknologi berbasis lokasi, Braga berusaha memberikan solusi end to end dengan mengembangkan platform yang inklusif, serbaguna, serta berkinerja tinggi berupa Indonesia Bertahan, disingkat INTAN. Aplikasi ini berfokus menyelesaikan masalah kesehatan dan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19. Platform ini bisa digunakan oleh user maupun stakeholder. User dapat menggunakan INTAN untuk membantu aktivitas keseharian dalam kenormalan baru, sedangkan stakeholder bisa memanfaatkan pengumpulan data dan informasi. INTAN menyajikan sekian banyak fitur yang bervariasi, antara lain berupa sistem pemantauan kesehatan mandiri yang memungkinkan pengguna melakukan pemeriksaan harian dengan melaporkan gejala yang mereka alami, lalu aplikasi akan menyarankan tindakan lebih lanjut.

Fitur lainnya adalah sistem peringatan berbasis lokasi yang menyediakan peta penyebaran Covid-19 di Indonesia, sehingga pengguna dapat memastikan apakah wilayah mereka aman atau tidak. Dari sisi ekonomi, INTAN memastikan donasi yang dapat dipertanggungjawabkan dengan menelusuri donatur dan penerima donasi. Hanya dengan satu aplikasi, INTAN menawarkan solusi lengkap untuk banyak masalah yang mungkin ditemui selama pandemi.

Bully.id: Bantuan Emosional dan Hukum

Kesehatan mental sama penting dengan kesehatan jasmani, terutama pada masa sulit seperti sekarang. Bully.id adalah platform dukungan daring untuk korban cyberbullying, kekerasan fisik, seksual, serta mental. Menurut riset Bully.id, kasus pelecehan online melonjak sebanyak 300% sejak awal pandemi, sama halnya dengan kenaikan kasus kekerasan domestik. Karena banyak orang tidak bisa keluar rumah, mungkin sulit untuk mengontak psikolog atau pengacara. Ditambah lagi biaya layanan yang biasanya relatif mahal. Inilah mengapa Bully.id menyediakan konsultasi daring via live chat. Semua pesan chat akan tetap dirahasiakan, agar semua pengguna bisa tetap anonim.

Bully.id juga akan menghapus konten online yang bersifat membahayakan, seperti foto atau video privat yang disebarkan tanpa izin. Terakhir, Bully.id menyediakan platform crowdfunding untuk mendanai psikolog dan pengacara yang membantu para korban. Jika kamu mengalami masalah kesehatan mental atau hukum dan merasa perlu membicarakannya dengan seseorang, kunjungilah situs Bully.id yang ditautkan di atas.

Doktersiaga.com: Asisten Kesehatan Virtual

Sama dengan kesehatan mental, menjaga aksesibilitas bantuan medis untuk semua sangatlah penting. Doktersiaga adalah platform chatbot yang membantu memberikan informasi jadwal praktik dokter dengan cepat dan mudah. Dengan teknologi machine learning, chatbot ini dilatih untuk mengerti pertanyaan dari pengguna dan akan menjawab dengan informasi yang sesuai. Kamu pun bisa langsung berbicara dengan chatbot ini melalui Whatsapp dan Facebook Messenger.

Layanan yang disediakan Doktersiaga meliputi jadwal praktik dokter, biaya perawatan, serta penjadwalan pemeriksaan. Perawatan dari rumah juga menjadi salah satu fitur layanan yang akan dikembangkan. Dengan Doktersiaga, semua yang kamu perlukan untuk mendaftar di fasilitas kesehatan bisa diakses dengan satu kiriman pesan.

IZY.ai: Layanan Pramutamu Pribadimu

Setelah pandemi selesai, pasti akan banyak yang ingin kembali bepergian, sesudah terkurung di rumah selama berbulan-bulan. Atau mungkin ada yang sudah mencari cara untuk bepergian dengan aman karena alasan pekerjaan atau lainnya. Satu hal yang terpenting dalam setiap rencana perjalanan adalah memesan hotel untuk menginap. IZY adalah platform pramutamu seluler fleksibel yang membantu hotel-hotel untuk beradaptasi dalam kenormalan baru, dengan mendigitalkan semua layanan mereka melalui pengalaman tanpa kontak.

IZY memiliki dua versi aplikasi untuk membantu kedua belah pihak, satu khusus untuk tamu dan satu lagi khusus buat staf hotel. Bagi para tamu, pemesanan kamar, check-in mandiri, layanan kamar, chat langsung dengan staf, dan reservasi spa dapat dilakukan melalui aplikasi. Fleksibilitas aplikasi ini memudahkannya untuk diintegrasikan dengan banyak situs web hotel dari seluruh dunia. Dalam kondisi kenormalan baru, nirsentuh (touchless) biasanya merupakan opsi teraman yang dapat diambil untuk bepergian. Dalam hal ini, IZY lah yang kamu butuhkan.

Qyos: Sistem Isi Ulang Berkelanjutan

Sebuah kota cerdas harus memiliki lingkungan yang cerdas pula. Lingkungan yang cerdas harus bisa mengurangi jumlah limbah. Kondisi sampah di Jakarta memang masih kurang baik. Pada hari biasa, Jakarta menghasilkan sampah rata-rata 7.700 ton, sedangkan saat pandemi jumlah ini meningkat hingga 9.300 ton. Sesuatu harus dilakukan untuk menurunkan angka ini setelah pandemi berakhir. Karena itu Qyos menawarkan mesin isi ulang otomatis yang dapat digunakan untuk produk sehari-hari, seperti sabun mandi, sampo, deterjen, sabun tangan, dan lain-lain.

Semua mesin isi ulang disesuaikan dengan dunia pasca-Covid-19, tanpa kontak dan non-tunai. Dengan membuat produk-produk sehari-hari ini mudah diisi ulang, sampah plastik bisa sangat berkurang. Selain ramah lingkungan, Qyos juga lebih ekonomis. Dengan mengisi ulang dan menggunakan kembali kontainer lama, pengguna bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga yang lebih murah karena tiada pengemasan.

Sehati teleCTG: Layanan Kesehatan Ibu Portabel dan Berkualitas

Jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, angka kematian ibu maupun bayi di Indonesia masih cukup mengkhawatirkan. Fakta yang memprihatinkan ini sebenarnya bisa dicegah. Dengan mengembangkan aplikasi bernama Bidan Sehati yang dapat digunakan bidan untuk melakukan asuhan selama dan setelah kehamilan, diharapkan angka kematian dapat diturunkan secara signifikan. Bidan dapat memasukkan data kesehatan ibu hamil ke dalam aplikasi, di mana algoritma akan mengidentifikasi dan menunjukkan risiko yang mungkin dihadapi berdasarkan data yang dimasukkan. Ini akan berfungsi sebagai metode pencegahan dini, dengan mendeteksi kemungkinan masalah pada awal kehamilan.

Sebaliknya, Ibu Sehati adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh sang ibu, di mana ia dapat memantau kesehatan bayinya dengan menghitung kontraksi dan tendangan. Ada pula jurnal elektronik yang mencatat hasil-hasil pemeriksaan di rumah sakit serta tips mingguan yang relevan dengan fase kehamilan yang sedang dialami. Teknologi mengesankan lainnya dari Sehati adalah perangkat Kardiotokografi (CTG) portabel. Perangkat kecil berbentuk kubus ini terintegrasi dengan aplikasi seluler yang dapat memantau detak jantung, kontraksi, serta gerakan bayi.

Smash.id: Solusi Digital untuk Masalah Sampah Perkotaan

Warga Jakarta sudah tak asing lagi dengan sampah yang menumpuk di sekitar ibu kota. Kamu mungkin sering melihat tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan atau sungai. Masalah yang sangat nyata ini menginspirasi para pendiri Sistem Online Manajemen Sampah, disingkat Smash, untuk membuat aplikasi terintegrasi dalam pengelolaan sampah di seluruh Indonesia.

Jakarta sudah memiliki Bank Sampah yang mengumpulkan sampah dan memilahnya untuk didaur ulang. Bekerja sama dengan Bank Sampah, Smash.id juga telah mengembangkan platform lain, seperti BankSampah.id dan mySmash yang menginformasikan pengguna tentang bank sampah terdekat dan jenis sampah apa yang dapat dibuang di sana. mySmash juga memiliki toko online untuk membeli serta menjual produk dan kerajinan yang dibuat dari bahan daur ulang. Untuk pejabat pemerintah daerah, ada aplikasi khusus bernama e-Smash yang dapat membantu pemantauan pengelolaan sampah di daerah tertentu. Smash.id bisa menjadi solusi pengelolaan sampah bagi warga dan pemimpin kota sekalipun.

Sonicboom Indonesia: Pakar Data Mobilitas Manusia

Dikenal sebagai Sound Wave Tech Company, Sonicboom mengembangkan teknologi yang dapat mengirimkan data melalui gelombang suara. Teknologi yang disebut Sonic Tone ini menggunakan audio frekuensi rendah untuk komunikasi dua arah format data apa pun, melalui mikrofon dan speaker langsung ke perangkat pintar Anda. Jadi untuk apa saja teknologi ini bisa digunakan? Salah satu penggunaan yang diusulkan adalah bagi pekerja di tempat-tempat seperti pabrik, gudang, atau konstruksi. Sonicboom dapat membantu operator bisnis menjamin kehadiran tanpa sentuhan di lokasi, melacak lokasi pekerja secara akurat baik di luar maupun di dalam ruangan, serta menyediakan pelaporan terpusat di satu atau beberapa lokasi. Dengan melacak pergerakan dan posisi pekerja, pihak manajemen juga akan lebih mudah untuk menerapkan penjarakan fisik di area kerja.

Sonicboom dapat digunakan pula untuk pertokoan dan pusat perbelanjaan. Dengan menggunakan teknologi ini, setiap pengunjung dapat diidentifikasi serta dihitung, untuk  memberikan data jumlah pengunjung yang akurat. Manajer toko dapat melihat jumlah pelanggan yang diterima setiap hari, bulan, atau tahun. Dengan melacak langkah-langkah pelanggan  di dalam toko, Sonicboom bisa mengidentifikasi bagian toko mana atau produk mana yang paling menarik perhatian pelanggan. Hal ini dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

Itulah sepuluh besar solusi yang dipilih untuk Future City Hackathon. Dengan sekian banyak inovasi cerdas, diharapkan masalah-masalah yang akan dihadapi selama dan sesudah pandemi akan lebih mudah untuk dihadapi. Smartcitizen, startup mana yang menurutmu paling menarik? Untuk informasi lebih lanjut tentang Future City Hackathon, kunjungi situs resmi di futurecity.jakarta.go.id.

 

 

------

Nadhif Seto Sanubari

Artikel lainnya

Mencari Produk Hukum di Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Informasi di genggaman cocok untuk menggambarkan upaya Pemprov DKI Jakarta mempermudah akses berbagai data. Salah satunya adalah akses dokumen-dokumen produk hukum. Pemprov DKI Jakarta menyediakan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City