JakCLM: Syarat Baru untuk Mendapatkan SIKM

JSC | 1 year ago

Pandemi Covid-19 masih menjadi sorotan publik hingga kini. Karena virus berbahaya ini terus bermutasi, sehingga gejalanya pun berubah-ubah. Pada umumnya, gejala awal yang ditimbulkan saat seseorang terkena virus Covid-19 adalah demam, batuk, dan sesak napas. Selain gangguan pernapasan, sering pula ditemukan gejala lain, seperti hilang kemampuan mengecap rasa, mencium bau, dan muncul ruam di kulit. Meski demikian, sering juga ditemukan pasien yang tidak mengalami gejala sama sekali. Karena itu, setiap orang perlu melakukan deteksi dini gejala Covid-19. Sekarang kamu bisa melakukan screening mandiri melalui super-app JAKI.

Apa Itu JakCLM?

Corona Likelihood Metric (CLM) merupakan aplikasi pengujian atau screening mandiri berteknologi machine learning. Bekerja sama dengan Harvard CLM Team dan Klakklik.id, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengembangkan fitur JakCLM. Fitur ini dapat digunakan semua orang, khususnya masyarakat Jakarta, untuk memeriksa secara mandiri gejala Covid-19. 

Cara Tes Mandiri Gejala Covid-19 di JAKI

Kamu bisa mengukur risiko kemungkinan terpapar Covid-19 dan mendapatkan rekomendasi apa yang harus kamu lakukan melalui fitur JakCLM ini. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi JAKI.

  2. Gulir ke bawah pada laman utama sampai ke menu Jakarta Tanggap Covid-19, lalu pilih Tes Mandiri.


 

  1. Kemudian pilih Ikuti Tes.

 

  1. Salin pernyataan persetujuan dan tulis nama lengkap.

 

 

  1. Isi identitas diri dengan benar.

 

 

  1. Kemudian jawab pertanyaan sesuai dengan kondisi kesehatan serta riwayat perjalanan dan kontak yang kamu alami dengan jujur.

 

 

  1. Tinjau kembali jawaban kamu, kemudian pilih Lihat Hasil Tes.

 

 

  1. Setelah selesai, kamu dapat melihat hasil kategori risiko terpapar Covid-19 dan diberikan rekomendasi apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya. Kamu bisa menyimpan hasil tes dengan kode QR atau dengan mengunduh hasil tes.

 

Gunakan JAKI dan Lindungi Orang-orang yang Kamu Sayangi

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Selain dapat memeriksa mandiri risiko terpapar Covid-19, JAKI juga memiliki banyak fitur lain yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi terkini terkait penanganan Covid-19. Bahkan sekarang kamu sudah bisa mengecek jadwal dan mendaftar untuk vaksinasi. Ayo unduh JAKI sekarang dan bantu cegah penularan Covid-19, demi melindungi diri sendiri serta orang-orang di sekitar kita.

 

 

------

Ary Chynthia

Artikel lainnya

Pemasangan Microchip untuk Anjing di Jakarta

Berkembangbiaknya hewan liar di ibukota bisa menimbulkan berbagai macam masalah, seperti banyaknya hewan yang terlantar atau penyebaran penyakit. Salah satu langkah penanganannya adalah dengan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City