Siswa Pemegang KJP bisa Melanjutkan Kuliah

JSC | 4 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa kelas XII pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri.

Dikutip dari merdeka.com, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto mengatakan, ini merupakan program dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2016. Sehingga warga yang pada tahun ini lulus akan dapat menikmati dana bantuan pendidikan ini.

"Itungannya per bulan diberikan tunjangan Rp 1,5 juta, terdiri dari Rp 600 ribu untuk biaya pendidikan Rp 900 ribu untuk living costnya. Berlaku tahun ini, Juni ini setelah lulus akan segera dibiayai," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/4).

Dana tersebut tidak semuanya langsung akan diberikan kepada mahasiswa. Bantuan untuk biaya pendidikan akan ditransfer langsung ke perguruan tinggi, sedangkan uang untuk biaya hidup akan ditransfer ke mahasiswa. Selain itu, bantuan tidak hanya dapat digunakan untuk kuliah di Jakarta, tetapi di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Bantuan tersebut akan diberikan setiap bulannya selama 12 kali dalam setahun.

Untuk siswa yang bisa menerima tunjangan ini, dinas tak menetapkan syarat khusus. Selama masih memegang KJP dan diterima dalam seleksi penerimaan PTN, siswa akan menerima tunjangan itu. Siswa bisa memilih hampir semua PTN di Indonesia.

Dikutip dari tempo.co, Sopan mengatakan ada 2.885 siswa yang akan menerima tunjangan tersebut. Tunjangan ini diambil dari anggaran sisa Kartu Pintar sebesar Rp 200 miliar. "Kami biayai kuliah dan kebutuhan sehari-harinya,"

Diharapkan dengan bantuan ini, anak-anak di Jakarta bisa terus melanjutkan pendidikan dan mendapatkan kehidupan yang layak. (jsc-sy)

 

Sumber foto:

 

http://images.cnnindonesia.com/visual/2015/05/21/0fd56eb5-3dd6-4c8a-8c97-99d743ac4545_169.jpg?w=650

 

Artikel lainnya

Pengaturan Air dari Bendung Katulampa

Bendung Katulampa adalah bangunan yang terdapat di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat dan dibangun pada tahun 1911, lengkap dengan sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektar. Pada saat musim ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City