Smartcitizen, Kenalkan, Ini JAKI

JSC | 8 months ago

Smartcitizen, ini JAKI, nama panjangnya Jakarta Kini. JAKI merupakan aplikasi besutan Jakarta Smart City, unit pengelola di bawah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi ini dibuat semata-mata untuk membantu kamu dalam menemukan kebutuhan sehari-hari di Jakarta. Bagaimana JAKI melakukannya? Simak profil JAKI di bawah ini.

Kenapa JAKI Ada?

Jawaban sederhananya adalah karena Pemprov DKI Jakarta ingin melayanimu dengan lebih baik. Disrupsi teknologi yang semakin hari semakin kuat membuat Pemprov DKI Jakarta harus membuka pintu lebih lebar terhadap teknologi. Sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta pun sudah mulai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, baik yang digunakan untuk meningkatkan kinerja maupun meningkatkan pelayanan masyarakat. Sehingga kamu punya aplikasi khusus untuk tiap pelayanan yang kamu mau. Namun, untuk lebih memudahkanmu mengakses semua pelayanan, maka Jakarta Smart City mengembangkan JAKI untuk mengintegrasikan semua layanan dalam satu aplikasi.

Selain sebagai integrator, JAKI juga dikembangkan untuk memberikan informasi dan berita resmi langsung kepada Smartcitizen. Dalam aplikasi JAKI, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memiliki profil sendiri. Kini, kamu tidak perlu bingung dengan berita tidak benar karena Pemprov DKI Jakarta punya kanal informasi resmi dan terpercaya dalam genggamanmu.

[Aplikasi cerdas untuk kota cerdas]

JAKI untuk Kota Cerdas Jakarta

Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada Smartcitizen, JAKI juga menjadi salah satu wujud pengembangan kota cerdas Jakarta. Dalam esensinya, sebuah kota cerdas memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan pelayanan publik dan pengambilan keputusan berbasis data, sehingga kebijakan yang dikeluarkan akan lebih efektif dan efisien. Maka dari itu banyak kota-kota di dunia, terutama yang mengembangkan konsep kota cerdas, memanfaatkan teknologi untuk menghadirkan pemerintah hingga sedekat ketukan layar gawai. 

JAKI, Jakarta Kini, JSC, Jakarta Smart City, SuperApp

Mengembangkan aplikasi berbasis pelayanan publik pun sudah diterapkan oleh berbagai kota cerdas di dunia, misalnya Singapura, Calgary (Kanada), dan Glasgow (Skotlandia). Bahkan, tanpa disadari, aplikasi cerdas untuk kota cerdas bukan hanya meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warganya saja, tetapi juga membudayakan masyarakat yang partisipatif dan peduli terhadap kotanya. 

Berbagai Hal Jadi Lebih Gampang

JAKI didesain untuk memudahkan hidup semua orang yang beraktivitas di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta sadar betul bahwa kota ini bukan hanya milik warganya yang lahir, tumbuh, dan menetap, tetapi juga warga dari kota tetangga yang ikut berkontribusi memajukan  perekonomian Ibu Kota. Maka dari itu, JAKI mempersembahkan fitur-fitur berguna yang diharapkan membuat hidup banyak orang jadi lebih mudah.

1. JakWarta

JAKI menyajikan berita resmi langsung dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

2. JakISPU

Fitur JakISPU menyajikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan terintegrasi dengan sensor udara milik Dinas Lingkungan Hidup Jakarta secara real-time.

3. JakSurvei

Fitur JakSurvei menyediakan ruang evaluasi bagi warga yang ingin menilai kinerja layanan masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam survei mengenai kebijakan, fasilitas, atau jajak pendapat resmi. 

4. JakSiaga

Dengan memasang JAKI, kamu otomatis punya nomor-nomor penting saat situasi genting seperti Jakarta Siaga 112, tim SAR, pemadam kebakaran, dan lainnya. 

5. JakLapor

Kamu bisa menyampaikan permasalahan yang mereka temui di Jakarta melalui JAKI juga dapat memantau setiap laporan.

6. JakPantau

Cari tahu ketinggian muka air, status siaga, status pompa air, dan area terdampak banjir di Jakarta. 

7. JakRespons

Lihat semua laporan di JAKI serta tingkat kepuasan terhadap hasil tindak lanjut laporan. Kamu juga bisa memberikan penilaian untuk laporan yang kamu buat di JAKI. 

8. JakPangan

Cek harga komoditas pangan di Jakarta hari ini dan temukan lokasi Pasar Jaya terdekat. Informasi dalam JakPangan terintegrasi dengan aplikasi Info Pangan Jakarta dari PD Pasar Jaya yang diperbarui tiap pukul 10 pagi setiap hari.

9. JakApps

Temukan pelayanan publik besutan Pemprov DKI Jakarta dan nikmati pelayanannya secara daring.

10. JakCo

Pintasan menuju aplikasi milik perusahaan teknologi yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

 

Gimana? Sudahkah kamu ketemu JAKI?

Artikel lainnya

Ikut Rayakan HUT Jakarta di Spot Berikut Ini, Yuk!

Bulan Juni selalu menjadi spesial bagi kota Jakarta, sebagai bulan kelahirannya. Segala rangkaian meriah disusun untuk membuat suasana Jakarta semarak dan penuh semangat. Sebut saja perhelatan megah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City