Dinas SDA Pasang CCTV di Sungai dan GPS pada Truk Pembuangan

JSC | 2 months ago

Dinas Sumber Daya Air (SDA) terus berinovasi dalam pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik di Jakarta. Salah satu wujudnya adalah dengan memasang closed-circuit television (CCTV) dan global positioning system (GPS) tambahan pada hulu sungai dan truk pembuangan (dump truck). Kira-kira kegunaannya apa, ya?

Ada 102 CCTV untuk Memantau Sungai di Jakarta

Menurut Kasubag TU Unit Pengelola Data dan Informasi (UPDI) Dinas Sumber Daya Air, Gde Made Panji Diarsa, ada 102 CCTV tambahan yang dipasang di rumah pompa, pintu air, dan pos pengamanan hulu sungai besar di Jakarta. Kamera CCTV tersebut dipasang bukan hanya untuk mengawasi tinggi muka air di hulu saja, tapi memonitor kondisi atau operasional di rumah pompa. 

Dinas Sumber Daya Air, Dinas SDA, Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, Pantau Banjir, Banjir, Jakarta Smart City, JSC, CCTV

Smartcitizen bisa juga memantau CCTV yang terpasang dengan mengakses peta daring di situs web Jakarta Smart City. Caranya dengan memilih CCTV Online dan centang kotak CCTV Dinas Sumber Daya Air dan pilih ikon CCTV yang ingin kamu lihat. Beberapa teknologi yang dimiliki CCTV ini adalah kemampuan untuk memperbesar objek (zoom-in/zoom-out), dilengkapi teknologi infra-red, dan dikontrol langsung dari command center Dinas Sumber Daya Air. Nantinya, jika tinggi muka air terpantau membahayakan, maka Dinas SDA bisa tahu lebih dini.

[Begini cara mengawasi ketinggian muka air sungai melalui portal Jakarta Smart City]

Truk Pembuangan dan Alat Berat dengan GPS

Teknologi GPS yang sering kamu temui di kendaraan pribadi kini juga dipasang di ratusan truk pembuangan (dump truck) dan alat berat milik Dinas Sumber Daya Air. Setidaknya, ada 253 unit alat berat dan 370 unit truk pembuangan yang sudah terpasang GPS. Pada alat berat, GPS berfungsi untuk memonitor pekerjaan dan lama waktu bekerja tiap kendaraan alat berat. Sehingga durasi pekerjaan tiap unit dapat terpantau dan dievaluasi dengan bijak.

Dinas Sumber Daya Air, Dinas SDA, Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, Pantau Banjir, Banjir, Jakarta Smart City, JSC, CCTV

Sedangkan pada truk pembuangan, GPS berguna untuk memonitor rute terutama keberadaan truk dalam operasional sehari-hari. Teknologi GPS yang terpasang juga memungkinkan command center untuk mengulang rute yang dilalui tiap bus. Dalam masalah keselamatan kerja, Dinas SDA juga dapat memantau kecepatan maksimal yang telah ditetapkan dalam standar operasional prosedur. Jadi sudah tidak ada lagi truk pembuangan yang sembarang rute atau mengendarai truk di atas batas maksimal kecepatan.

[Masuk musim hujan, yuk, pasang aplikasi Pantau Banjir!]

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi seperti ini bukan hanya ada di Dinas Sumber Daya Air saja, lho. Banyak dinas di Pemprov DKI Jakarta yang telah memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan, menerapkan kerja yang efektif dan transparan, serta mendorong terwujudnya kota cerdas Jakarta. 

 

 

Sumber:

Berita Jakarta

Berita Jakarta

Artikel lainnya

Tunai vs Non Tunai, Cara yang Lebih Cerdas untuk Mewujudkan Kota Pintar

Mengurangi penggunaan uang tunai adalah salah satu hal yang dianggap wajib dilakukan untuk mewujudkan kota pintar. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini juga sedang giat membangun ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City