Pantau Perkembangan Aduan Kamu di Pengaduan Warga

JSC | 14 days ago

Tugas Smartcitizen setelah melapor ke salah satu dari 13 kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta adalah memantau perkembangan aduan. Gimana caranya? Selain lewat aplikasi--jika kamu melapor lewat Qlue--kamu juga bisa mengakses pengaduanwarga.jakarta.go.id. Lewat situs ini, kamu bisa memantau perkembangan aduan yang sudah kamu buat. Kalau kamu belum pernah nyoba dan masih asing dengan situs yang satu ini, mari kita kenalan!

Apa itu Pengaduan Warga?

Pengaduan Warga merupakan situs yang sengaja diciptakan untuk bisa melacak setiap aduan atau laporan yang masuk. Sehabis melapor, kamu akan dapat nomor laporan yang bisa kamu gunakan untuk melacak perkembangan aduan persis seperti nomor resi paket kiriman pada sistem ekspedisi. Informasi yang disediakan di situs Pengaduan Warga juga sudah terperinci dan urut. Kamu nggak cuma bisa lihat tanggapan terhadap aduanmu, tetapi juga bisa lihat waktu koordinasi dari pemerintah hingga nama dinas atau pihak yang menangani. Keren kan?

Pengaduan Warga, JSC, Jakarta Smart City, CRM, Cepat Respon Masyarakat, kanal pengaduan

Gimana Cara Kerjanya?

Seperti yang tadi sudah dibilang, Pengaduan Warga mirip dengan sistem pelacakan paket kiriman pada penyedia jasa ekspedisi. Bedanya, yang kamu lacak bukan posisi paketmu, melainkan perkembangan penyelesaian aduan yang kamu laporkan. Pada halaman muka situs Pengaduan Warga, kamu tinggal masukkan nomor laporan yang kamu terima sesaat setelah melapor di salah satu kanal pengaduan.

[Alasan kamu harus ikut aktif melapor]

Misalnya, kamu melapor melalui pesan pribadi di Facebook. Setelah melapor, admin Facebook Pemprov DKI Jakarta akan memberikan nomor laporanmu yang merupakan kombinasi kode kanal pengaduan dan 9 digit nomor, contohnya: FB000001234. Nomor inilah yang kemudian kamu gunakan untuk melacak perkembangan laporan di situs Pengaduan Warga.

Setelah memasukkan nomor laporan, kamu langsung bisa tahu pukul berapa laporanmu diterima, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mana yang menangani, waktu koordinasi dan tindak lanjut, hingga pengaduan tersebut diselesaikan. Semuanya tersaji rinci, terurut, dan dilengkapi dengan foto.

[Cari tahu bagaimana Pemprov DKI Jakarta menangani laporanmu]

Jadi, sekarang sudah tahu kan fungsi dari situs pelacakan Pengaduan Warga? Mulai saat ini, setelah melapor segera ingat nomor laporanmu agar bisa kamu pantau perkembangannya. Meskipun kelihatan nggak penting, dengan memantau laporan yang sudah kamu buat sama saja telah ikut memantau kinerja pemerintah secara langsung. Sehingga nggak ada lagi, deh, salah paham kalau laporanmu belum ditanggapi atau tidak kunjung selesai. Lewat Pengaduan Warga kamu juga bisa sekalian mengapresiasi dinas atau badan yang menyelesaikan persoalan yang kamu adukan.

Artikel lainnya

Pengelolaan Keuangan yang Lebih Profesional dengan Buku Kas Umum Elektronik

Buku Kas Umum elektronik atau yang akrab disebut e-BKU hingga kini terus disempurnakan untuk memperbaiki sistem pencatatan keuangan Pemprov DKI Jakarta. Penggunaan e-BKU memungkinkan pengelolaan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City