Alasan Mengapa Kamu Harus Rajin Melapor Pada Cepat Respon Masyarakat

JSC | 17 days ago

Smartcitizen tahu gak kalau di beberapa kota di negara lain juga mengandalkan sistem kanal pelaporan seperti yang Jakarta punya sekarang? Sebut saja Inggris dan beberapa kota di Amerika Serikat yang punya FixMyStreet sebagai kanal pelaporan. Lalu, di Uganda, ada platform laporan warga melalui kanal berita, Uganda Radio Network. Semuanya punya konsep yang sama: masyarakat menyampaikan permasalahan yang ditemui di sekitar mereka kepada pemerintah melalui bantuan teknologi. Sistem seperti ini menyederhanakan sistem pengaduan yang berbelit-belit dan tidak efektif.

Kamu sudah pernah melapor lewat Cepat Respon Masyarakat (CRM) belum? Kalau masih ragu untuk ikut menyampaikan masalah yang kamu temukan di Jakarta, coba baca beberapa alasan yang bisa bikin kamu semangat berikut ini.

[Kenal lebih dekat dengan sistem Cepat Respon Masyarakat di sini]

JSC, Jakarta Smart City, Cepat Respon Masyarakat, CRM, JAKI

Kamu Juga Ikut Menyelesaikan Masalah

Pernah nggak, sih, kamu nggak betah melihat tumpukan sampah di lingkungan tempat tinggal kamu? Atau was-was tiap kali naik motor di jalanan dekat rumah yang berlubang? Kamu merasa ingin melapor ke Ketua RT, tapi nggak punya waktu untuk bertemu langsung? Kegundahan kamu akan teratasi kalau kamu mau melapor melalui Cepat Respon Masyarakat. Yang harus kamu lakukan cuma menyampaikan permasalahan secara komprehensif ke salah satu kanal pengaduan resmi, lalu dinas atau kelurahan terkait akan langsung menindaklanjuti laporanmu. 

Kamu Membantu Tugas OPD

Tiap laporan yang masuk akan diintegrasikan oleh sistem Cepat Respons Masyarakat dan dipantau langsung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui aplikasi Citizen Relations Management. Karena terintegrasi langsung dengan kanal pengaduan resmi, semua laporan yang masuk akan dihimpun dan didistribusikan ke OPD terkait sehingga laporan dapat dipantau dan diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat. Misalnya, kamu lihat lampu lalu lintas yang mati saat di jalan menuju kantor atau pulang ke rumah. Kamu bisa langsung foto lampu lalu lintas yang mati tersebut, deskripsikan keadaannya serta alamat atau patokannya, dan tambahkan foto keadaan sekitar. Laporanmu bisa diadukan lewat, contohnya, direct message ke Twitter resmi @DKIJakarta atau lewat aplikasi JAKI untuk kemudian ditindaklanjuti. Gampang, kan?

[Jakarta sekarang punya aplikasi pusat informasi resmi, lho!]

JSC, Jakarta Smart City, Cepat Respon Masyarakat, CRM, JAKI

Kamu Bikin Kota Ini Jadi Lebih Baik

Serius, kalau kamu melapor, kamu sama saja sudah ikut berkontribusi untuk bikin kota Jakarta jadi lebih baik. Karena dengan melapor, berarti kamu ingin lihat Jakarta jadi kota yang lebih nyaman, lebih bersih, lebih tanggap--dengan kata lain, kamu peduli dengan kota ini. Satu langkah kecil, satu laporanmu yang penting dan berharga akan mampu mengubah Jakarta dan mengubah kinerja semua lapisan pemerintah kota.

Banyak Kanal untuk Semua Lapisan Masyarakat

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta punya 13 kanal pengaduan yang dapat diakses secara daring maupun luring. Kenapa banyak sekali kanal? Karena kalau kamu perhatikan, masyarakat di Jakarta ini berlapis-lapis dengan berbagai latar belakang yang beda satu dengan yang lain. Misalnya ada yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet. Buat tech savvy seperti ini pasti lebih suka mengadu lewat kanal daring seperti JAKI, Qlue, Twitter, Facebook, email, atau sms. Nah, buat Smartcitizen yang lebih suka tatap muka langsung, bisa datang ke Kantor Kecamatan atau Kelurahan, Kantor Inspektorat, atau datang ke Pendopo Balai Kota.

JSC, Jakarta Smart City, Cepat Respon Masyarakat, CRM, JAKI

Namamu mungkin tidak akan menyala di baliho pinggir jalan ibu kota atau mungkin nggak bakal ada orang yang menjabat tanganmu dan berterima kasih karena sudah melapor. Tetapi, saat masalah yang kamu laporkan selesai, saat kamu lihat Jakarta jadi lebih baik, kamu tahu kamu sudah melakukan sesuatu. Jadi, sudah temukan masalah apa yang mau kamu selesaikan hari ini?

Artikel lainnya

Mendukung Pendidikan dengan Kartu Jakarta Pintar

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan pendistribusian Kartu Jakarta Pintar (KJP) bisa selesai tepat waktu. Pendistribusian KJP seharusnya bisa rampung bulan ini. Dengan demikian, pelajar bisa ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City