CRM: Sistem Modern untuk Menyelesaikan Laporanmu

JSC | 28 days ago

Smartcitizen tentu menyadari kalau Jakarta adalah kota yang besar sekali. Menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat ekonomi tentu membuat Jakarta punya tantangan yang lebih besar dibandingkan kota lain di Indonesia. Misalnya saja dalam hal menyelesaikan pengaduan warga. Untuk menjawab semua tantangan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Pemprov DKI Jakarta terus berinovasi, salah satunya dengan mengembangkan sistem Cepat Respon Masyarakat.

Cepat Respon Masyarakat, CRM, Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Smart City, JSC

Cepat Respon Masyarakat

Sistem Cepat Respon Masyarakat terdiri dari platform 13 kanal-kanal pengaduan resmi masyarakat dan aplikasi Citizen Relations Management (CRM) yang digunakan oleh Pemerintah DKI Jakarta untuk memproses dan menyelesaikan aduan masyarakat. Sebagai jembatan pengaduan antara masyarakat dan pemerintah, Sistem Cepat Respon Masyarakat merupakan wujud inovasi dalam penyelesaian segala masalah non-darurat di Jakarta. Sebelum ada CRM, agar laporan masyarakat bisa diselesaikan, ada proses panjang yang harus diikuti oleh para Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Akibatnya, masyarakat menunggu lama untuk tahu update dari laporannya. Maka dari itulah Cepat Respon Masyarakat diciptakan.  

Cepat Respon Masyarakat, CRM, Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Smart City, JSC

Penggunaan sistem Cepat Respon Masyarakat ini diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 128 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanganan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Citizen Relation Management. Karena penanganan aduan warga melalui sistem Cepat Respon Masyarakat sudah daring, tiap OPD bisa berkoordinasi dengan OPD lainnya dalam waktu singkat dan laporan masyarakat bisa langsung ditangani melalui aplikasi Citizen Relations Management, baik yang berbasis aplikasi web dan aplikasi mobile. Ini artinya sistem Cepat Respon Masyarakat memudahkan OPD dalam mengorganisasi aduan agar langsung sampai ke OPD terkait untuk diselesaikan atau dikoordinasikan. 

Revolusi Tindak Lanjut Berkat Cepat Respon Masyarakat

Dalam menangani laporan, OPD dituntut untuk memprioritaskan semua pengaduan, baik yang bobotnya besar maupun kecil. Sehingga, dalam sehari, hampir dipastikan tiap kelurahan di Jakarta pasti sibuk. Namun, dengan sistem yang sudah daring, proses dan prosedur tindak lanjut kini lebih lebih sederhana dan mudah. Selain itu, ada standar operasional prosedur atau SOP mengenai waktu tindak lanjut yang harus dipatuhi OPD. Namun, jika bobot atau tingkat kesulitan penyelesaian laporan besar, maka ada kelonggaran waktu tindak lanjut sesuai kebutuhan. 

Cepat Respon Masyarakat, CRM, Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Smart City, JSC

Terlepas dari itu, sistem Cepat Respon Masyarakat merupakan revolusi sistem penyelesaian masalah yang efektif dan efisien di DKI Jakarta. Bahkan, kamu pun bisa ikut memantau perkembangan proses tindak lanjut dari aduan yang kamu laporkan melalui pengaduanwarga.jakarta.go.id. Ini merupakan wujud kolaborasi yang baik antara pemerintah dan warga untuk sama-sama membangun kotanya jadi lebih maju dan lebih baik.

Kanal Pengaduan Resmi Milik Pemprov DKI

Kamu sudah pernah sampaikan masalah yang kamu temukan belum? Kalau masih bingung gimana caranya, kamu harus tahu dulu kanal-kanal pengaduan resmi milik Pemprov DKI Jakarta. Untuk memudahkan kamu dalam menyampaikan masalah yang ditemui, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 13 kanal pengaduan, yaitu:

  1. JAKI (Jakarta Kini)

  2. Qlue

  3. Twitter @DKIJakarta

  4. Facebook Pemprov DKI Jakarta

  5. Surat elektronik dki@jakarta.go.id

  6. Balai Warga jakarta.go.id

  7. Sms LAPOR 1708

  8. Sms 08111272206

  9. Kantor Kelurahan

  10. Kantor Kecamatan

  11. Surat Gubernur

  12. Pendopo Balai Kota

  13. Kantor Inspektorat

Kamu bisa pilih kanal mana yang menurutmu paling nyaman untuk jadi tempat ‘curhat’ kepada Pemprov DKI Jakarta. Misalnya kamu sedang main Facebook dan kebetulan ada lampu penerangan jalan umum yang mati dekat rumahmu, maka laporkan saja lewat Facebook. Tinggal kamu foto, deskripsikan masalahnya, dan tulis alamat lengkap kejadian masalah. Kamu akan dapat nomor aduan yang bisa kamu lacak dan pantau perkembangan penyelesaian masalah yang kamu laporkan. Gampang, kan?

 

Jadi, sudah siap ikut membantu Pemprov DKI Jakarta dalam membangun kota menjadi lebih baik? 

 

 

Sumber:

Artikel lainnya

SPBU Apung untuk Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar di Kepulauan Seribu

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kepulauan Seribu dengan sistem apung akan dimulai pengerjaannya bulan Januari 2017 mendatang. Dengan bekerja sama dengan perusahaan swasta, SPBU apung ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City