Lebih Nyaman Pergi dan Pulang Naik Bus Sekolah

JSC | 16 days ago

Akhir-akhir ini, Smartcitizen mungkin sering melihat bus kuning berlalu-lalang di jalanan Jakarta khususnya saat jam berangkat dan pulang sekolah. Bus kuning tersebut merupakan bus sekolah yang akan mengantarkan siswa-siswa menuju sekolah dan pulang ke rumah. Jika kamu seorang pelajar ataupun memiliki keluarga dan teman yang masih duduk di bangku sekolah, rekomendasikanlah mereka untuk naik bus sekolah.

Transportasi Aman dan Nyaman ke Sekolah

Bus sekolah berwarna kuning, persis seperti warna bus sekolah di Amerika Serikat. Bus sekolah ini beroperasi di seluruh wilayah Jakarta, tiga kali setiap hari sekolah. Jika Smartcitizen mulai beraktifitas sejak pagi buta, mungkin kamu sudah pernah lihat bus ini melaju di jalanan Jakarta. Bus sekolah atau angkutan sekolah ini khusus disediakan Pemprov DKI Jakarta untuk seluruh pelajar Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan atau yang setara. Tanpa melihat status pelajar sekolah negeri atau swasta, selama berpakaian seragam sekolah, anak-anak boleh naik bus. 

Bus sekolah Jakarta, bus sekolah, Jakarta Smart City, JSC,

Seperti halnya bus rapid transit, bus sekolah memiliki fasilitas penunjang, seperti CCTV bahkan wifi. CCTV yang menyala terus selama jam operasional pun dipasang untuk memantau keamanan dan keselamatan anak-anak. Untuk kenyamanan, kursi bus sekolah juga empuk dengan pegangan tangan (handgrip) yang dapat dijangkau anak-anak dan membuat bus ini sangat ramah anak. Selain itu, tiap bus terdapat satu petugas on board yang siap membantu dan melayani siswa yang hendak ke sekolah ataupun pulang ke rumah. 

Beroperasi 3 Sif Sehari

Setiap hari ada 176 bus sekolah yang melewati 20 rute di sekitar Jakarta. Dalam sehari, satu bus sekolah memiliki tiga sif, yaitu pukul 05.30-07.00, 11.00-16.00, dan 17.00-18.00. Tidak cuma beroperasi tiga kali sehari, bus sekolah juga lima kali melintasi rute yang sama, jadi pelajar tidak perlu khawatir ketinggalan bus. 

Bus sekolah jakarta, bus sekolah, JSC, Jakarta Smart City

Daya angkut dan tipe bus sekolah pun berbeda-beda. Ada 116 bus medium dengan kapasitas masing-masing 45 penumpang serta 60 bus elf dengan kapasitas masing-masing 25 penumpang. Menurut Dinas Perhubungan, semua bus yang beroperasi mampu mengangkut 33 ribu pelajar setiap hari! 

Bus sekolah, infografik, jakarta, jakarta smart city, jsc

Bus sekolah tidak hanya mengantarkan siswa ke tempat belajar, melainkan juga berkontribusi mengurangi polusi di jalanan Jakarta saat pagi hari. Para pelajar yang naik bus sekolah pun akan punya pengalaman baru karena berangkat bersama pelajar lainnya yang berasal dari sekolah berbeda. Pertemanan yang mungkin tercipta di atas bus juga diharapkan mengurangi potensi sentimen antar sekolah. Untuk itu, Smartcitizen jangan lupa ajak teman, keluarga, anak, atau saudaranya yang masih sekolah untuk naik bus sekolah, ya, gratis!

 

 

Sumber: 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta

Artikel lainnya

Davao, Kota Pintar dengan Fitur CCTV Unggulan

Sudut-sudut Jakarta kini telah dilengkapi dengan kamera pengawas alias CCTV yang jumlahnya terus bertambah. Data yang dihimpun pada Juni 2017 menunjukkan bahwa Jakarta telah memiliki 6.519 CCTV dan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City