Jakarta Menang di Ajang Sustainable Transportation Awards!

JSC | 3 months ago

Selamat kepada Jakarta yang berhasil dianugerahkan “Honorable Mention” berkat usahanya memperbaiki sistem transportasi. Hasil ini tidak lepas dari peran Smartcitizen yang senantiasa menggunakan transportasi publik terutama Bus Rapid Transit di Jakarta atau yang kita kenal dengan Transjakarta. Moda transportasi yang dicanangkan sejak tahun 2004 ini dianggap mampu mengurai kemacetan dan, yang paling penting, meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Buktinya, menurut ITDP Indonesia, selain berhasil mengintegrasikan berbagai moda transportasi, Transjakarta juga mampu meningkatkan pelanggan sebesar 200% dalam waktu 3 tahun saja! Yuk, mengenal lebih dekat dengan motor penggerak kehidupan Jakarta yang satu ini!

Bus Rapid Transit Bernama Transjakarta

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang Light Rail Transit (LRT) atau Mass Rapid Transit (MRT), tapi apa kamu sudah kenal dengan Bus Rapid Transit (BRT)? Bus Rapid Transit merupakan sistem transit berbasis bus yang cepat, nyaman, dan terjangkau yang beroperasi di ranah perkotaan. Berbeda dari bus pada umumnya, BRT beroperasi pada rute khusus dengan halte yang berada di tengah atau di antara jalan, dan pembayaran ongkos perjalanan dilakukan di luar bus (off-board fare collection). Karena punya jalur khusus yang kadang dipisahkan dari jalur kendaraan biasa, BRT dapat memangkas waktu bahkan biaya perjalanan kamu secara signifikan. Inilah mengapa kota-kota di seluruh dunia perlahan mulai beralih menggunakan sistem BRT karena lebih efisien dan tentu menguntungkan masyarakat.

Bus Rapid Transit, Transjakarta, Jakarta, JSC, Jakarta Smart City

Jakarta sendiri sudah punya BRT sejak tahun 2004. Yup, Transjakarta yang selama ini kamu gunakan merupakan BRT pertama di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Transjakarta bahkan dinobatkan sebagai BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia, yaitu 251.2 kilometer! Ini nih, moda transportasi massal modern yang membantu pergerakan roda kehidupan Jakarta sekaligus melambungkan reputasi transportasi umum kota hingga diakui oleh dunia.

Transformasi Jakarta oleh Transjakarta

Ingatkah kamu ada transportasi umum apa saja di Jakarta sebelum Transjakarta beroperasi? Sebelum tahun 2004, Jakarta memang sudah punya banyak moda transportasi umum, misalnya Angkot, Kopaja, Metromini, hingga bus lintas kota. Seiring dengan perkembangan kota, transportasi yang dulu familiar kini berinovasi, berevolusi menjadi lebih baik terutama saat Transjakarta hadir dan menjangkau ke seluruh sudut Jakarta. Transjakarta bahkan disebut sebagai salah satu wujud BRT dengan fitur lengkap pertama di seluruh Asia dengan memenuhi 5 standar BRT, seperti:

  • Dedicated Right-of-Way atau jalur khusus yang memastikan bahwa bus bisa berjalan dengan mulus tanpa terjebak kemacetan. Biasanya, jalur khusus BRT dipisahkan dengan pagar seperti yang diterapkan jalur Transjakarta saat ini.

  • Busway Alignment (jalur bus yang sejajar) dibutuhkan untuk meminimalisasi konflik antar kendaraan di jalan. Jalur bus di tengah jalan raya juga dianggap lebih efektif karena tidak terhalang kendaraan lain yang belok ke bahu jalan. Inilah mengapa banyak jalur Transjakarta berada di tengah ketimbang di pinggir jalan.

  • Off-board Fare Collection atau sistem pembayaran ongkos di luar bus merupakan salah satu faktor paling penting untuk menghemat waktu dan meningkatkan kenyamanan penumpang. 

  • Intersection Treatment atau perlakuan istimewa di persimpangan jalan juga jadi standar BRT untuk melancarkan perjalanan bus. Makanya pada beberapa jalan, ada keistimewaan untuk bus Transjakarta untuk berbelok atau jalan terus saat kendaraan lain tidak bisa. 

  • Platform-level Boarding atau halte yang sejajar dengan pintu bus juga dibutuhkan dalam BRT supaya penumpang bisa lebih cepat untuk masuk bus dan tentunya memudahkan para manula, disabel, atau penumpang yang membawa kereta bayi.

Selain standar internasional yang terpenuhi dengan baik, inovasi Transjakarta mengintegrasikan beberapa moda transportasi seperti punya banyak bus pengumpan, membuka akses ke MRT atau LRT, hingga menyediakan bus antar kota juga dinilai brilian oleh Sustainable Transportation Award. Belum lagi, survei TomTom Traffic yang mengapresiasi Jakarta karena berhasil mengurangi kemacetan selama 2017 hingga 2018. Jadi, nggak heran Jakarta mendapat ‘Honorable Mention’ berkat transformasi Transjakarta serta ditambah kesediaan kamu mengubah gaya hidup dan beralih ke transportasi umum. 

Terima kasih, Smartcitizen, yang sudah membuat Jakarta jadi lebih baik dengan setia menggunakan transportasi umum hingga Jakarta diakui dunia.

Artikel lainnya

Paviliun Pemprov DKI Jakarta, Menjalin Sinergi dengan Warga Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertontonkan perkembangan Jakarta baru dan inisiatif Jakarta Smart City kepada pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini. Pada paviliun seluas 2000 meter ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City