Cuma Setahun Sekali, 7 Alasan Kamu Harus Main ke Anjungan Pemprov DKI Jakarta

JSC | 2 months ago

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran sudah masuk minggu terakhir nih, sudah berkunjung belum? Kalau belum, ayo segera! Jakarta Fair atau JakFair--atau yang dulu dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ), merupakan acara tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diadakan menjelang hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta. Seperti tahun-tahun sebelumnya, JakFair 2019 juga diadakan di JIExpo Kemayoran selama kurang lebih 40 hari. Tahun ini, JakFair bakal berlangsung hingga 30 Juni 2019 dan buka dari pukul 16.00 sore hingga 22.00 malam di hari kerja dan 10.00 pagi hingga 22.00 malam di akhir pekan. Karena diisi dengan beragam acara seru seperti panggung musik, kios makanan, dan ribuan barang diskonan, JakFair selalu jadi gelaran paling ditunggu tiap tahun.

Anjungan Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Smart City, Jakarta Fair, JakFair, JSC

Selain keseruan yang berlangsung di area terbuka JIExpo Kemayoran, di dalam Hall C1 ada pameran menarik yang rugi kalau nggak dikunjungi. Yup, ada Anjungan Pemprov DKI Jakarta yang tiap tahun juga meramaikan JakFair. Anjungan Pemprov DKI Jakarta merupakan pameran khusus jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Artinya kamu bisa bertemu langsung dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bekerja dan mengurus kota kita tercinta. Masih ragu untuk berkunjung ke Anjungan Pemprov DKI Jakarta? Simak alasan berikut ini supaya makin semangat untuk mampir saat kamu ke JakFair nanti.

  1. Kenal Lebih Dekat Jajaran Pemprov DKI

Alasan pertama tentunya karena kamu bisa berinteraksi langsung dengan para OPD yang ikut pameran di Anjungan Pemprov DKI Jakarta. Sedikitnya ada 28 OPD, 9 BUMD, dan 30 UMKM yang bisa kamu temui di Hall C1 setiap hari. Misalnya, cari tahu lebih dalam tentang bagaimana Jakarta Smart City mentransformasi Jakarta menjadi kota yang lebih pintar di stan Diskominfotik DKI Jakarta. 

Anjungan Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Fair, JakFair, Jakarta Smart City

  1. Pelayanan Publik

Kamu butuh perpanjang STNK atau bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tapi tak punya waktu untuk izin kantor atau kuliah? Datang lah ke Anjungan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurusnya. Badan Pajak dan Retribusi Daerah membuka pelayanan pajak untuk Smartcitizen. Nggak cuma urus pajak, kamu pun bisa cek kesehatan di stan Dinas Kesehatan, menikmati Layanan Jakarta 112 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, bahkan mengurus izin di stan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

  1. Banyak Suvenir Gratis

Seperti halnya pameran di tempat lain, Anjungan Pemprov DKI Jakarta juga punya banyak suvenir gratis buatmu yang menyempatkan diri mampir ke masing-masing stan. Misalnya, MRT Jakarta yang bagi-bagi goodie bag menarik jika kamu melipir. Selain memberikan merch gratis, ada juga stan makanan di Area UMKM yang mengizinkan kamu untuk mencoba  produk mereka.

  1. Diskon Produk Pangan

Sudah tahu kan kalau Anjungan Pemprov juga punya Area Pangan? Area ini khusus menjual produk hasil produsen lokal yang dijual oleh BUMD yaitu PD Pasar Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, dan PD Dharma Jaya. Ibu atau istri kamu pasti senang jika ke area ini karena murahnya produk pangan seperti beras, terigu, gula, dan komoditas lain yang dijual di sini.

  1. Aneka Produk UMKM

Produk UMKM binaan dinas Pemprov DKI Jakarta juga keren-keren, lho! Selain ada produk makanan khas Betawi atau bir pletok yang legendaris, ada pula stan pakaian dan aksesoris. Kalau soal harga, tentu saja lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dari produk usaha lain yang lebih besar. Beli produk UMKM di anjungan sama saja mendukung produsen lokal.

Anjungan Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Fair, JakFair, Jakarta Smart City

  1. Kuis, Permainan, Hiburan, dan Instalasi Seru

Jika sudah lelah berkeliling di Anjungan Pemprov DKI Jakarta dan butuh mengistirahatkan kaki, kamu punya banyak pilihan. Pertama, duduk santai sambil membaca di stan Taman Maju Bersama besutan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta; Kedua, kamu bisa duduk di area depan panggung hiburan sambil menikmati performa dari penampil atau ikutan kuis berhadiah. Kedua tempat nyantai tersebut juga ramah anak, sehingga waktu rehatmu tidak bikin si kecil bosan.

Anjungan Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Fair, JakFair, Jakarta Smart City

  1. Sekalian Jalan-Jalan di Jakarta Fair Kemayoran 2019

Alasan terakhir tentu saja untuk sekalian jalan-jalan di Jakarta Fair. Selepas dari Anjungan Pemprov DKI Jakarta, jika ada waktu, kamu bisa berburu barang-barang murah atau santapan khas kota Jakarta sebelum pulang ke rumah. Acara ini cuma ada satu tahun sekali, jadi jangan sampai kelewatan, ya!

Artikel lainnya

Menuntut Hak Pejalan Kaki di Trotoar Ibu Kota

Revitalisasi trotoar yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta akan percuma jika warga tidak menggunakan fasilitas publik tersebut sesuai peruntukkannya. Perhatian terhadap penyalahgunaan area ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City