Ikut Rayakan HUT Jakarta di Spot Berikut Ini, Yuk!

JSC | 4 months ago

Bulan Juni selalu menjadi spesial bagi kota Jakarta, sebagai bulan kelahirannya. Segala rangkaian meriah disusun untuk membuat suasana Jakarta semarak dan penuh semangat. Sebut saja perhelatan megah Jakarta Fair (atau dikenal dengan Pekan Raya Jakarta/PRJ) yang berlangsung selama 40 hari, ada juga panggung musik, pawai, belum lagi diskon di pusat-pusat perbelanjaan.

Tahun ini, hari ulang tahun DKI Jakarta jatuh tepat di hari Sabtu, kalau belum ada rencana kegiatan atau sedang ingin cari hiburan, ikut rayakan ulang tahun ibu kota di spot berikut ini aja, yuk!

Jakarta Fair Kemayoran 2019

22 Mei - 30 Juni 2019

JIExpo Kemayoran

Menuju ke sini:

  • TransJakarta JIExpo - Monas (Koridor 2C)
  • TransJakarta JIExpo - PGC (Koridor PRJ1)
  • TransJakarta JIExpo - Kampung Melayu (Koridor PRJ2)
  • TransJakarta JIExpo - Pulo Gadung (Koridor PRJ3)

HUT Jakarta Jakarta Fair JSC

(Anjungan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta Fair.)

Jakarta Fair atau yang dulu dikenal dengan PRJ adalah salah satu rangkaian wajib menyambut ulang tahun DKI Jakarta. Tiap tahunnya, Jakarta Fair dipadati warga DKI Jakarta yang ingin cari hiburan, beli barang-barang diskonan, atau sekadar jalan-jalan. Untuk tahun ini, Jakarta Fair sudah berlangsung sejak 22 Mei 2019 lalu hingga 30 Juni 2019 mendatang dengan biaya masuk Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu. Kalau mau ke sini, datanglah antara pukul 16.00 sore sampai 10.00 malam di hari kerja atau pukul 10.00 pagi sampai 11.00 malam di akhir pekan.

Baca juga: Hal-hal yang bisa kamu temukan di Anjungan Pemprov DKI Jakarta

Live Mural di Terowongan Kendal

17 - 25 Juni 2019

Kawasan Integrasi Dukuh Atas

Menuju ke sini:

  • TransJakarta rute pengumpan Dukuh Atas (Koridor DA1, DA2, DA3, DA4)
  • TransJakarta Ragunan - Dukuh Atas (Koridor 6)
  • TransJakarta Pulo Gadung - Dukuh Atas (Koridor 4)
  • Bus Gratis Harmoni - Bundaran Senayan (Koridor GR1)
  • MRT rute Bundaran HI - Lebak Bulus (turun di Stasiun Dukuh Atas)

HUT Jakarta Terowongan Kendal JSC

(Foto: Iswahyudi)

Kamu suka kegiatan yang nyeni? Nonton pembuatan mural di terowongan Kendal, yuk! Dari tanggal 17 Juni 2019 kemarin, terowongan Kendal yang kini Instagrammable sedang dihiasi mural dengan gambar ikon-ikon wajah baru kota Jakarta. Pengerjaan mural ini dilakukan atas kerja sama Pemprov DKI Jakarta, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina. Gubernur Anies juga ikut mengecat mural di tanggal 21 Juni, lho. Jadi kalau sempat atau memang biasa lewat, sila mampir, ya.

Jakarta Creative Market

22 - 23 Juni 2019

Taman Lapangan Banteng

Menuju ke sini:

  • TransJakarta Senen - Lebak Bulus (Koridor 6H)

HUT Jakarta, Lapangan Banteng, JSC

(Salah satu pemenang lomba foto Wajah Baru Jakarta/Foto: Ares Jonekson Saragi)

Salah satu lapangan hits yang baru direvitalisasi juga jadi spot perayaan ulang tahun Jakarta, nih. Tanggal 22 Juni atau tepat di hari jadi kota Jakarta, Taman Lapangan Banteng akan diisi dengan pasar seni, Jakarta Creative Market. Pasar kreatif ini merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Semasa Di Kota Tua dan Sadari Sedari yang berlangsung hingga 23 Juni 2019 mulai pukul 10.00 pagi - 18.30 sore. Di pasar kreatif berkonsep piknik di taman ini kamu bisa belanja barang-barang keren sekaligus stan kuliner. Kamu juga bisa menyumbangkan pakaian layak ke Pasar Raia Keliling Vol. 2 dari Sadari Sedari saat berkunjung ke saat nanti. Acara ini gratis untuk publik, kamu bisa datang di kala pagi atau menjelang sore hari agar bisa duduk di atas tikar piknik atau bean bags sambil menikmati pertunjukan gratis. Ke sini barang keluarga atau teman-teman pasti seru!

Jakarta Night Festival

22 Juni 2019

Bundaran HI

Menuju ke sini:

  • TransJakarta Blok M - Kota (Koridor 1)
  • MRT rute Bundaran HI - Lebak Bulus (turun di Stasiun Bundaran HI)

Sepulang dari Jakarta Creative Market tanggal 22 Juni melipir lah ke kawasan Bundaran HI untuk ikut nonton dan berdendang di acara musik Jakarta Night Festival. Saat ini, sudah ada panggung besar yang dipasang dekat dengan air mancur Bundaran HI. Nantinya panggung megah tersebut akan diisi oleh musisi dan pekerja seni tanah air dan bisa kamu saksikan secara gratis. Karena lokasinya ada di jalan protokol, kawasan sekitar Bundaran HI ditutup untuk kendaraan sehingga kamu disarankan naik kendaraan umum supaya tidak perlu lama cari parkir.

Pulau Seribu Indie Festival

22 Juni 2019

Pulau Tidung

Menuju ke sini:

  • Naik kapal feri dari Pelabuhan Muara Angke

Mau ikut kemeriahan ulang tahun Jakarta tapi mau sekalian jalan-jalan? Ke Pulau Tidung aja! Pada 22 Juni 2019, salah satu pulau wisata hits di Kepulauan Seribu ini bakal berlangsung Pulau Seribu Indie Festival. Jajaran musisi indie seperti Pusakata, Sisitipsi, Alviandra Project, bahkan Danilla akan manggung di sini. Kalau nonton, kamu juga bisa mencicipi hidangan khas Pulau Seribu seperti manisan rumput laut atau kerupuk ikan. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis!

Jakarta International Photo Festival (JIPFest)

25 Juni - 9 Juli 2019

Taman Menteng dan Taman Ismail Marzuki

Menuju ke sini:

  • TransJakarta Senen - Lebak Bulus (Koridor 6H) melewati kedua tempat

Jakarta International Photo Festival atau JIPFest menjadi festival foto internasional pertama di Indonesia dan sangat layak untuk kamu sambangi mulai tanggal 25 Juni nanti. Kegiatan yang juga jadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Jakarta ini diikuti lebih dari 50 profesional dan pencinta fotografi dari dalam maupun luar negeri. Kalau kamu suka fotografi atau mau lihat hasil jepretan para fotografer mengabadikan kota Jakarta, ikuti kegiatan seru JIPFest dengan melihat jadwalnya di sini. Rangkaian acara seperti pameran foto, lokakarya, bazar, diskusi panel, hingga acara musik. Buat yang memang suka fotografi, bisa ikutan memotret Jakarta dalam kegiatan Urban Photo Tour di kawasan Cikini (29 Juni) dan Thamrin-Sudirman-Matraman (30 Juni). Cek jadwal dan catat rangkaian acaranya, ya!

Jakarnaval

30 Juni 2019

Balai Kota - Bundaran HI - Silang Barat Monas

Menuju ke sini:

  • TransJakarta Blok M - Kota (Koridor 1)

HUT Jakarta, Jakarnaval, JSC, Jakarta Smart City

(Foto: Media Indonesia/Pius Erlangga)

Di akhir bulan Juni, rangkaian perayaan HUT Jakarta masih berlangsung dengan Jakarnaval yang diselenggarakan lagi tahun ini. Parade akan dimulai di Gedung Balaikota DKI Jakarta, melewati Jl M. H. Thamrin dan memutar di Bundaran HI hingga berakhir di Pintu Monas Silang Barat (dekat Patung Arjuna Wijaya atau patung kuda). Karnaval akan dimulai pukul 15.30 sore hingga 22.00 malam dan diisi dengan parade budaya, mobil hias, serta acara musik. Jika ingin ikut menonton, kamu disarankan untuk naik transportasi umum karena sepanjang jalan yang dilewati pawai pasti akan ditutup.

Sebagai Smartcitizen Jakarta yang sudah lahir, tinggal, menetap, dan mencintai kota ini, tidak ada salahnya ikut merayakan hari jadi yang hanya satu tahun sekali. Di usia yang ke 492, kota Jakarta yang kita cintai perlahan-lahan tengah menunjukkan wajah baru. Wajah yang tidak hanya lebih modern mengikut zaman tetapi juga semakin membahagiakan warganya.

----

Sumber:

Artikel lainnya

Sosialisasi Konsep dan Aplikasi Jakarta Smart City Melalui Generasi Muda

Pembaruan biasanya direspon lebih cepat oleh generasi muda. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sering mengadakan sosialisasi tentang layanan aplikasi di Jakarta Smart City ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City