Peluncuran Maskot dan Aplikasi MRT-J

JSC | 1 year ago

Mass Rapid Trasit atau MRT memang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 mendatang, namun berbagai persiapan sudah dilakukan. Bukan hanya melengkapi sarana dan prasarana fisik, PT MRT Jakarta juga menyiapkan maskot MRT dan aplikasi yang bernama MRT-J agar nantinya masyarakat tidak asing lagi dengan MRT saat fasilitas tersebut dioperasikan secara penuh. Peluncuran tersebut dilaksanakan pada Rabu (15/8) di Main Atrium East Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Maskot MRT diberi nama ‘Marti.’ Marti direpresentasikan sebagai anak laki-laki berusia 9 tahun yang sekilas berbentuk bulat dan mirip dengan bagian depan rangkaian kereta MRT. Maskot tersebut didominasi oleh warna putih, dengan tambahan warna hitam dan biru. Dikutip dari beritajakarta.id, Marti adalah simbol yang penuh rasa ingin tahu dan harapan cerah untuk masa depan, selaras dengan MRT Jakarta yang merupakan pilihan transportasi bagi masa depan ibukota.

Bersamaan dengan peluncuran maskot, aplikasi MRT-J juga diperkenalkan. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore dan Appstore. Anda dapat masuk ke aplikasi tanpa registrasi terlebih dahulu, namun Anda juga bisa membuat akun dengan keunggulan seperti poin yang bisa didapatkan setiap kali login menggunakan akun. Poin yang terakumulasi dapat ditukar dengan hadiah menarik saat pembelian merchandise MRT.

Saat masuk ke dashboard utama, ada tiga menu utama dalam aplikasi MRT-J, yakni Ke Stasiun, Perjalanan, dan Jelajah Stasiun.

Ke Stasiun: Menunjukkan jarak Anda dengan Stasiun MRT yang dituju dilengkapi dengan peta navigasi. Ada tiga pilihan cara menuju stasiun yakni dengan menggunakan mobil, kereta, dan berjalan kaki dengan masing-masing perkiraan waktu.

Perjalanan: Menampilkan estimasi waktu perjalanan dari stasiun awal Anda menuju stasiun tujuan. Bahkan Anda dapat mengetahui waktu perjalanan dari satu stasiun ke stasiun lain sepanjang perjalanan, dilengkapi dengan keterangan jenis jalur (jalur layang, jalur tanah), stasiun (stasiun layang, stasiun tanah, depot), serta fase (fase I, fase II).

Jelajah Stasiun: Memberikan keterangan dari stasiun-stasiun MRT seperti sejarah, desain, dan filosofi masing-masing stasiun.

Selain fitur-fitur di atas, terdapat fitur lain seperti berita terkini dari website dan media sosial. MRT juga akan menambahkan fitur saat MRT beroperasi secara penuh. “Secara bertahap kita akan terus kembangkan aplikasi tersebut,” ujar William Sabandar, Direktur Utama PT MRT Jakarta.

Aplikasi MRT-J memiliki tiga fungsi utama, yaitu membangun public readiness (kesiapan masyarakat), menginformasikan operation readiness (kesiapan operasi), serta memfasilitasi penjualan merchandise.

Menggunakan transportasi umum memberikan banyak manfaat bagi Jakarta, misalnya turut mengurangi jumlah kendaraan pribadi, mengurangi polusi, dan dapat membiasakan gaya hidup sehat dan hemat bagi warganya. Hadirnya maskot dan aplikasi MRT-J dapat menunjang kemudahan dan menyebarluaskan sosialisasi MRT Jakarta sehingga smart citizens akan siap dalam menyambutnya kelak.

Artikel lainnya

Gratis Naik Transjakarta Akhir Pekan Selama Asian Games 2018

Untuk menunjang sarana transportasi selama Asian Games 2018 berlangsung, 18 Agustus hingga 2 September 2018, PT Transjakarta menggratiskan tarif bus Transjakarta ke semua rute setiap hari Sabtu dan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City