Penambahan Armada Transjakarta Menjelang Asian Games 2018

JSC | 1 year ago

PT Transjakarta mendatangkan sejumlah bus baru dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018, selain juga untuk menambah ketersediaan bus tersebut di ibukota sehingga transportasi umum semakin terjangkau. Bus yang didatangkan berjumlah 416 dengan rincian 116 unit bus Volvo dan 300 unit bus Scania yang berasal dari Swedia. Kedua bus tersebut masih baru dan sudah siap digunakan.

Baik bus Volvo maupun Scania memiliki kualitas standar internasional yang terjamin. Untuk bus Volvo jenis yang didatangkan adalah Maxi bus sepanjang 13,5 meter yang dapat memuat lebih banyak penumpang dibandingkan dengan tipe normal. Bus automatic tersebut memiliki fitur-fitur unggulan seperti speed limiter, air suspension, dan disc brake.

Bus Scania juga memiliki kualitas yang tidak kalah unggul. Fitur standar bus Scania adalah mesinnya yang hemat dan ramah lingkungan, serta fitur keamanan seperti bahan interior tahan api bersertifikat BASF dan pintu otomatis yang tidak membuat bus tidak akan berjalan jika pintu masih terbuka. Selain itu, bus Scania juga memiliki fitur lain seperti disc brake dan air suspension.

Bus Volvo yang baru tiba telah diuji coba oleh Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, bersama Johanna Bismar Skoog selaku Duta Besar Swedia pada Jumat (13/07) di Balai Kota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan.

"Hari ini kita sudah coba dari Kantor Wali Kota. Sangat mulus dan mudah-mudahan juga kita akan dapat kualitas yang bagus dari Bus Volvo ini," ujar Sandiaga Uno.

Untuk penempatannya, bus jenis Volvo akan beroperasi di koridor 10 (PGC Cililitan-Tanjung Priok) dan koridor 5 (Ancol-Kampung Melayu). Sementara untuk bus Scania penempatannya masih direncarakan saat artikel ini ditulis.

Bus Transjakarta merupakan salah satu bentuk dari Smart Mobility di ibukota. Mari beralih ke transportasi umum karena selain harganya yang terjangkau, naik transportasi umum dapat mengurangi polusi dan kemacetan di Jakarta.

Artikel lainnya

Petya Ransomware: Serangan Cyber Global Setelah WannaCry

Pekan lalu, negara-negara di Eropa dan Amerika kembali melaporkan serangan ransomware bernama Petya. Software berbahaya tersebut dikabarkan menyerang komputer-komputer di beberapa perusahaan besar di ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City