Pulau Bidadari, The Soul of Batavia yang Mengusung Digital Island

JSC | 2 years ago

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu dengan wisata bahari yang memikat. Untuk mengikuti tuntutan zaman dengan konsep wisata modern dan menarik lebih banyak pengunjung, pulau ini melakukan perombakan pada akhir 2017 dan mengusung konsep “The Soul of Batavia.” Konsep ini merupakan perpaduan antara unsur kental budaya Betawi dan teknologi yang akan dihadirkan di kawasan wisata tersebut.

Dengan hadirnya nuansa Betawi di Pulau Bidadari, pengunjung dapat bernostalgia dengan suasana Jakarta tempo dulu, misalnya resort dengan desain rumah adat Betawi. Budaya Betawi yang ditampilkan juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya lokal. Banyak juga spot yang instagrammable sebagai objek foto.

Sementara dari aspek teknologi, teknologi digital island mencakup fiber optic yang mengelilingi pulau tersebut dan wifi yang dipasang di beberapa spot. Segala macam transaksi seperti menyewa travel dan memesan perahu juga diupayakan dalam bentuk digital. Bank DKI Jakarta dengan PT Pembangunan Jaya Ancol telah menjalin kerjasama untuk menyediakan fasilitas digital banking dengan transaksi non-tunai (cashless) di Pulau Bidadari. Nantinya pengunjung dapat menggunakan transaksi non-tunai dengan mengunduh aplikasi JakOne Mobile atau menggunakan kartu debit di Dermaga Marina.

"Terasa sekali ya The Soul of Batavianya, menarik sekali, karena ini adalah digital island yang pertama dari perkenalan/pencanangan ini. Selain ramah lingkungan, ternyata sudah ada fiber optic-nya yang mengelilingi Pulau Bidadari dan wifi sudah dipasang di beberapa spot, selain itu banyak spot yang instagramable untuk berfoto. Jadi yang ingin merasakan nuansa kebudayaan betawi wajib mengunjungi Pulau Bidadari ini," ujar Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, dalam pencanangan konsep The Soul of Batavia pada Sabtu (21/4).

Dengan adanya konsep kekinian yang serba digital dan berbudaya, diharapkan pulau yang hanya berjarak 30 menit dari Ancol ini akan dikunjungi oleh lebih banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Artikel lainnya

Jakarta Diproyeksikan Memenuhi Unsur Safe City pada 2018 Mendatang

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik melakukan kajian program Safe City. Program ini pertama kali diluncurkan oleh PBB dengan nama UN-Habitat’s Safer Cities ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City