Mengenal Fitur Aplikasi Info Pangan Jakarta

JSC | 2 years ago

Info Pangan Jakarta (IPJ) merupakan aplikasi berbasis website dan mobile untuk mengetahui informasi seputar bahan pangan di pasar-pasar tradisional di Jakarta. Aplikasi ini diresmikan pada 26 Juni 2014, dan dikembangkan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan PD Pasar Jaya.

Data yang disajikan di aplikasi ini akurat karena bersumber langsung dari PD Pasar Jaya. Data juga diupdate secara berkala setiap pukul 10 Pagi agar pembeli dan penjual mengetahui harga terkini. Berikut fitur-fitur aplikasi Info Pangan Jakarta versi 1.3.0:

Dalam fitur Info Harga, terdapat harga dari berbagai komoditas di pasar eceran dan pasar induk. Kita juga dapat mengetahui kenaikan atau penurunan harga dibanding sebelumnya serta jumlah kenaikan atau penurunan tersebut. Ditambah lagi, pengguna aplikasi baik pembeli maupun penjual bisa menambah komentar atas harga suatu komoditas.

Fitur Belanja memungkinkan kita untuk membeli bahan makanan pokok seperti beras, ikan, daging, sayur, buah, dan bumbu secara online. Info Pangan Jakarta bermitra dengan PT Foodstation Tipinang Jaya, PT. Pasar Komoditi Nasional, dan PD. Dharma Jaya sehingga konsumen bisa membeli kebutuhan mereka melalui aplikasi/website dari mitra-mitra tersebut.

Fitur Kategori mengelompokkan komoditi makanan agar pengguna bisa mengecek info harga jenis makanan tertentu dengan lebih mudah. Kategori tersebut terbagi atas: beras, bahan pokok I (cabai, minyak, bumbu dsb), sayur mayur dan buah, daging dan ikan, serta bahan pokok II (susu, mentega, elpiji).

Sementara itu, dalam fitur Pasar, kita bisa mengecek info pangan dari setiap pasar, berbeda dengan fitur Info Harga yang merupakan rata-rata info pangan dari semua pasar yang terdaftar dalam aplikasi tersebut. Pada awalnya hanya terdapat 13 pasar yang terdapat dalam Info Pangan Jakarta, dan sekarang sudah berkembang hingga 44 pasar.

Dalam fitur IHK dan Inflasi, terdapat grafik garis yang menunjukkan informasi kenaikan dan penurunan inflasi dan indeks harga konsumen. Sedangkan dalam fitur Berita kita bisa membaca berita terkini terkait info pangan.

Info Pangan Jakarta diharapkan akan memudahkan pembeli sehingga bisa memperkirakan harga sebelum pergi ke pasar. Aplikasi ini juga mencegah penjual untuk memainkan harga serta dapat turut menekan laju inflasi.

Artikel lainnya

RSUD Pasar Minggu: Rumah Sakit Umum Pertama di Jakarta Selatan

RSUD Pasar Minggu merupakan Rumah Sakit Umum Daerah pertama di Jakarta Selatan. Sebelumnya, di Jakarta Selatan belum ada Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga pasien di wilayah Jakarta Selatan yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City