Penambahan Jam Operasional Transjakarta Koridor 13 Efektif Naikkan Jumlah Penumpang

JSC | 2 years ago

Semenjak penambahan jam operasional bus Transjakarta pada Koridor 13 pada pekan lalu, jumlah penumpang terbukti meningkat 75% dari sekitar 10.000 penumpang per hari menjadi 17.500 orang setiap harinya. Penambahan jam operasional tersebut selama empat jam yakni dari awalnya hanya sampai pukul 19:00 menjadi sampai pukul 23:00 WIB.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengecek langsung uji coba tersebut dengan mengunjungi Halte JORR di Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/4). "Malam ini kita mencoba menggunakan bus Transjakarta di Koridor 13. Ada inovasi dari PT Transjakarta dengan menyediakan mobil pemandu agar bus Transjakarta di Koridor 13 bisa beroperasi malam hari, saya apresiasi," ujarnya.

Namun koridor 13 Transjakarta masih memiliki masalah dalam penerangan. Oleh karena itu, Sandiaga memastikan bahwa kontrak untuk pengadaan lampu penerangan sudah ditandatangani. Jenis lampu yang akan dipasang adalah light emitting diode smart system (LED SS) sebanyak 300 unit. Diperkirakan lampu-lampu tersebut akan terpasang paling lambat pada akhir 2018. Untuk sementara, disediakan mobil pemandu untuk membantu pencahayaan di titik-titik yang gelap pada malam hari.

Koridor 13 Transjakarta diresmikan pada Agustus 2017 silam. Koridor ini melewati jalan layang khusus busway atau elevated bus rapid transit yang melalui Tendean-Ciledug. Hingga Februari 2018, koridor tersebut telah melayani 26 juta penumpang.

Dengan adanya penambahan jam operasional koridor 13 ini, menggunakan transportasi umum jadi lebih mudah, dan semakin hari ibu kota akan semakin dekat dalam mencapai smart mobility.

Artikel lainnya

Sudirman, Berjuang Tanpa Batas

Jenderal Besar Raden Sudirman, salah satu pejuang dan pemimpin teladan bangsa ini. Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City