Siaga, Tanggap, Galang dalam Operasi Siaga Ibu Kota

JSC | 2 years ago

Sebagai salah satu upaya bersiaga menghadapi potensi bencana yang mengintai Ibu Kota terutama pada musim hujan, Pemprov DKI Jakarta secara resmi memulai Operasi Siaga. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menandai dimulainya operasi tersebut dengan penyematan pita putih saat apel Operasi Siaga Ibu Kota.

Operasi Siaga diadakan untuk memastikan seluruh aparatur Pemprov DKI dalam keadaan siap siaga selama 3 bulan ke depan. Selain itu, Pemprov ingin menggalang partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam menghadapi kemungkinan banjir yang rawan terjadi di Jakarta, terutama saat musim hujan.

Gubernur DKI Jakarta juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD/UKPD, Walikota/Bupati, Camat dan Lurah untuk melakukan tiga tindakan berikut. Pertama adalah Siap, artinya aparatur dalam kondisi siap siaga selama 3 bulan ke depan untuk mengantisipasi potensi bencana. Kedua adalah Tanggap, artinya aparatur merespons dengan cepat, bertanggung jawab, tidak lepas tangan, tidak lempar masalah, proaktif melakukan koordinasi dan segera bertindak dalam antisipasi bencana. Ketiga adalah Galang, artinya aparatur terbuka untuk mengajak dan menggalang partisipasi semua pihak, baik itu dari warga, lembaga kemasyarakatan, organisasi massa, organisasi sosial, sektor dunia usaha dan jajaran instansi pemerintah baik pemerintah pusat dan jajaran TNI-POLRI, dalam upaya antisipasi bencana.

Sesuai dengan instruksi tersebut, maka kita juga bisa berpartisipasi dengan aktif melaporkan kejadian atau potensi bencana lewat tujuh kanal pengaduan. Bisa melalui media sosial Facebook ke akun Pemprov DKI Jakarta, akun Twitter @dkijakarta, melalui email yang ditujukan untuk dki@jakarta.go.id, fitur balai warga di situs www.jakarta.go.id, aplikasi atau situs Lapor 1708, mengirim SMS ke nomor 08111272206, dan melalui aplikasi Qlue.

Dengan mengirimkan laporan, kita bisa membantu Pemprov DKI Jakarta untuk lebih cepat mendeteksi dan mengatasi banjir. Data laporan juga akan menjadi evaluasi untuk mencegah terjadinya banjir pada masa mendatang. Jadi, ayo berpartisipasi menjadikan Jakarta baru yang lebih baik dengan melaporkan masalah yang terjadi di sekitar kita.

Artikel lainnya

Apa Saja Fasilitas Difabel di Wisma Atlet Asian Para Games?

Wisma Atlet tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Betul, tempat yang sering disorot media ini adalah kawasan tempat tinggal para atlet selama Asian Games 2018 berlangsung. Setelah perhelatan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City