Pusat Layanan Publik Layaknya Mal di Jakarta Selatan

JSC | 2 years ago

Setelah berinovasi dengan berbagai program di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), unit pelayanan publik di bawah Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) tersebut kini melakukan ekspansi. DPMPTSP memindahkan kantornya ke gedung Mal Pelayanan Publik yang terletak di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Tak hanya pindah lokasi, DPMPTSP kini berkolaborasi dengan lembaga pemerintahan lain untuk menambah jenis pelayanan di Mal Pelayanan Publik.

Di gedung milik Pemprov DKI tersebut, selain bisa mengurus dokumen perizinan maupun non-perizinan melalui PTSP, warga juga bisa menikmati layanan lain. Misalnya mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan konsultasi umum perpajakan dari perwakilan Direktorat Jenderal Pajak. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga membuka layanan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK), tracking barang kiriman, dan layanan konsultasi kepabeanan.

Jika ingin memperpanjang masa berlaku paspor atau mengurus izin tinggal terbatas, bisa dilayani oleh perwakilan Dirjen Imigrasi yang membuka layanan di Mal Pelayanan Publik. Begitu pula untuk pengecekan sertifikat tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), untuk yang membutuhkan informasi zona nilai tanah, mengurus Kartu Keluarga (KK), perekaman e-KTP, akta kematian, dan akta kelahiran. Tak ketinggalan pula, Polda Metro Jaya, PLN, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang siap melayani kebutuhan informasi dan pengurusan dokumen warga.

Seperti halnya sebuah mal, gedung pusat pelayanan ini didesain untuk membuat betah pengunjungnya. Lantai 1 digunakan sebagai lobi dan resepsionis, area tunggu, counter pelayanan, ATM, layanan difabel, layanan ekspres, self service counter, dan loket pengambilan. Counter pelayanan juga terdapat di lantai 2 dan 3. Lantai 3 dikhususkan untuk unit-unit pelayanan dari kementerian, lembaga negara, BUMN dan BUMD. Untuk memastikan kenyamanan pengunjung, disediakan pula ruang menyusui dan area bermain anak yang berada di lantai 2.

Sebanyak 328 jenis layanan, yakni 296 berasal dari Pemprov DKI Jakarta dan 32 lainnya dari kementerian maupun lembaga, siap memudahkan kita untuk mengurus perizinan. Tak perlu menggunakan jasa calo, karena sekarang persyaratan yang dibutuhkan akan diinformasikan dengan transparan. Tertarik mencoba layanan-layanan pemerintah di Mal Pelayanan Publik Jakarta?

Artikel lainnya

Jakarta Smart City Edutrip

Untuk mewujudkan Smart City di Jakarta, tim Jakarta Smart City bekerja dengan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi berbagai permasalahan ibukota. Tahukah kamu? Kamu dapat mengunjungi Jakarta Smart ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City