Komitmen Pemprov DKI Jakarta pada Keterbukaan Informasi Publik melalui Portal Open Data

JSC | 2 years ago

Komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk keterbukaan informasi publik diwujudkan salah satunya dengan menampilkan hampir sebanyak 1.100 data set dalam portal Open Data. Pusat informasi data publik tersebut dapat diakses melalui situs data.jakarta.go.id. Data tersebut akan terus bertambah karena informasi yang diperoleh pemerintah juga terus berkembang.

Mengapa open data dianggap penting oleh Pemprov DKI Jakarta?

Gambar 1. Dampak Penggunaan Open Data (sumber: www.thegovlab.org)

Open data membuat pemerintahan berkembang menjadi lebih baik dalam berbagai cara. Misalnya saat pemerintah menggunakannya agar menjadi lebih akuntabel, membantu melawan korupsi, dan meningkatkan transparansi. Membuka data pada publik juga membuat pemerintahan menjadi lebih bijak menggunakan sumber daya yang mereka miliki dan akan meningkatkan pelayanan kepada warga.

Memudahkan warga mendapatkan berbagai data terkait kepentingan publik dapat membuat mereka memiliki kendali penuh terhadap hidupnya. Dengan data yang lengkap dan akurat, warga dapat membuat keputusan yang lebih baik. Misalnya dengan data tata ruang yang mudah diakses publik, warga dapat menentukan lokasi tempat tinggal atau tempat usaha yang sesuai peruntukkannya.

Data juga dapat menciptakan peluang ekonomi bagi warga. Transparansi pemerintahan akan menstimulasi pertumbuhan ekonomi, membuka peluang di sektor baru, dan mendukung munculnya berbagai inovasi. Hasilnya, pemerintah akan terbantu dengan munculnya lapangan pekerjaan baru, sehingga kesejahteraan warga akan meningkat.

Selain itu, keterbukaan informasi berupa penyediaan data publik akan membantu untuk penanganan masalah. Data akan membuat pemerintah dan warga sama-sama dapat melihat masalah secara menyeluruh, sehingga setiap pihak bisa menganalisis masalah dan mengembangkan cara penyelesaiannya agar menghasilkan solusi yang lebih baik.

Karena alasan tersebut, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik terus mengembangkan pengolahan data sehingga menjadi lebih informatif. Saat ini, data-data di portal Open Data berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Data tersebut memuat informasi terkait proses pelaksanaan pengelolaan pemerintahan di masing-masing SKPD.

Artikel lainnya

Teknologi yang Paling Mendefinisikan Smart City (Bagian I)

Meskipun dianggap canggih dan populer, teknologi virtual reality (VR) atau kendaraan otonom yang menggunakan kemudi otomatis ternyata bukan kunci keberhasilan sebuah kota pintar. Frase smart city yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City