Cara Mudah Memantau Banjir Melalui CCTV di Portal Jakarta Smart City

JSC | 4 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City menyediakan akses informasi yang beragam untuk warga Jakarta. Salah satunya, informasi kondisi terkini dari berbagai tempat di Jakarta melalui kamera pengawas Closed Circuit Television (CCTV). Kamu dapat dengan mudah mengakses CCTV yang ada di Jakarta melalui situs web Jakarta Smart City dan aplikasi Molecool.

Memantau Banjir Melalui CCTV Jakarta Smart City

Situs web smartcity.jakarta.go.id tidak hanya menampilkan data tertulis tentang berbagai hal terkait penggunaan dan perkembangan teknologi di Jakarta, tetapi juga informasi visual. Terdapat 7.755 titik lokasi di Ibu Kota yang telah terpantau melalui CCTV. Dari keseluruhan jumlah tersebut, warga dapat mengakses 7.053 CCTV yang terhubung dengan portal Jakarta Smart City. Untuk memantau kondisi aliran air, khususnya di rumah pompa dan pintu air, Dinas Sumber Daya Air memiliki 103 unit CCTV yang tersebar di beberapa titik yang merupakan lokasi rumah pompa dan pintu air.

Siapa saja dapat mengakses CCTV Jakarta Smart City dengan cukup mudah. Caranya dengan membuka website Jakarta Smart City, lalu memilih menu “Maps” yang terletak di bagian kanan atas. Jika kamu mengakses dengan browser gawai, menu “Maps” terletak di simbol grid yang berada di bagian kiri atas halaman. Pilihan fitur tersebut juga bisa diakses secara langsung melalui tautan smartcity.jakarta.go.id/maps.

Setelah halaman web yang menampilkan peta Jakarta muncul, kamu bisa memilih menu “CCTV Online” untuk menampilkan pilihan CCTV berdasarkan pengelolanya. Klik kotak di sisi pilihan “Kamera Dinas Sumber Daya Air” untuk memunculkan simbol CCTV di peta. Setiap simbol mewakili CCTV yang terpasang di lokasi tersebut. Tekan salah satu simbol untuk menampilkan tayangan kamera yang terekam, dengan begitu kamu dapat memantau kondisi langsung tinggi muka air di setiap pintu air dan rumah pompa di Jakarta.

 

Memantau Banjir Melalui CCTV Molecool

Selain melalui CCTV Jakarta Smart City, kamu juga dapat memantau kondisi aliran air di Jakarta melalui CCTV Molecool. Fitur ini bisa kamu akses melalui aplikasi JAKI. Jika sudah, buka aplikasi JAKI. Kemudian pada tampilan awal JAKI, terus gulir ke bawah hingga menemukan menu “Kolaborasi membangun Jakarta”,  kemudian cari aplikasi Molecool dengan menggeser fitur kolaborasi ke arah kiri.

Jika sudah berada di halaman awal Molecool, pilih fitur CCTV yang ada di bagian bawah. Kemudian, akan ditampilkan CCTV yang berada di sekitar lokasimu. Untuk melihat seluruh CCTV, klik “SEE ALL” di bagian pojok kanan atas.  Kamu dapat memilih tampilan CCTV berdasarkan listing atau peta persebarannya di Jakarta dengan memilih ikon tampilan di bagian bawah kanan. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur “Cari” di bagian pojok kanan atas untuk mencari CCTV yang ingin kamu lihat. Jika kamu ingin melihat CCTV di sekitar pintu air, ketik “pintu air” di kolom pencarian maka akan muncul CCTV yang ada di sekitar pintu air.

Kemudahan memperoleh informasi termasuk akses CCTV milik Pemprov DKI, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi warga untuk ikut memantau kondisi aliran air di Jakarta. Informasi real time melalui CCTV diharapkan pula dapat membantu warga memperoleh informasi secepat mungkin. Dengan demikian, penduduk di wilayah yang mungkin terdampak bisa segera melakukan tindakan keselamatan apabila debit air di lokasi-lokasi tersebut meningkat.

Selain dengan memantau CCTV, kamu bisa memantau tinggi muka air di Jakarta melalui situs web Pantau Banjir Jakarta. Banyak informasi yang bisa diperoleh dari website tersebut, mulai dari prakiraan cuaca hingga peringatan dini yang membantumu tetap siaga dan waspada terhadap setiap kemungkinan bencana. Jangan lupa unduh JAKI melalui Google Play Store maupun App Store agar lebih mudah mengakses CCTV di Jakarta.

 

 

------

Mike Nafizahni

Artikel lainnya

Ngobrol Jakarta #18: Adaptasi Transportasi pada Masa Pandemi Covid-19 di Jakarta

Smartcitizen mungkin merasa senang sudah diperbolehkan kembali untuk bepergian sekeliling ibu kota menggunakan transportasi umum dan layanan ojek online (ojol). Atau mungkin Smartcitizen masih ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City