Pengelolaan Sampah di Dalam Kota dengan Intermediate Treatment Facilities

JSC | 4 years ago

Bagi daerah perkotaan yang padat penduduk seperti Jakarta, sampah merupakan masalah yang sangat mengganggu lingkungan dan kenyamanan hidup terutama jika tidak ditangani dengan baik. Konsep smart city tentunya membutuhkan penerapan teknologi modern untuk mengolah sampah sehingga dapat memenuhi syarat ketercapaian indikator smart environment dan smart living.

Dengan produksi sampah yang mencapai 6000-7000 ton, proses penanganan sampah yang hanya menggunakan sistem pengumpulan di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tanpa diolah terlebih dahulu, tentu akan menimbulkan masalah penumpukan sampah.

Untuk mengatasi hal tersebut, dikeluarkan Peraturan Gubernur Provinsi  DKI  Jakarta  No.  50  Tahun  2016 tentang Pembangunan dan Pengoperasian Fasilitas Pengelola Sampah di dalam Kota atau Intermediate Treatment Facilities (ITF). PT Jakarta Propertindo (JakPro) sebagai salah satu BUMD milik Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pembangunan proyek ITF di beberapa tempat, bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). ITF diklaim dapat menghilangkan tumpukan sampah kota secara cepat dan tidak memerlukan lahan terlalu luas, namun tetap menggunakan prinsip teknologi ramah lingkungan yaitu proses termal.

Proses termal dengan menggunakan teknologi insenerator dinilai efektif dan telah banyak digunakan oleh negara maju, seperti Jepang, Singapura, Perancis, Austria, dan Finlandia. Teknologi tersebut memungkinkan pengolahan sampah sehingga menghasilkan energi listrik. Penerapan teknologi modern untuk mengolah sampah diharapkan dapat mengurangi pengiriman sampah ke TPA, sekaligus menghasilkan energi listrik untuk mendukung operasional ITF dan juga dapat dimanfaatkan oleh warga Jakarta.

 

Sumber foto: http://cdn.img.print.kompas.com/getattachment/235489d3-8859-4ec2-beeb-ab82847c5627/258258

Artikel lainnya

Menjaring Disinformasi tentang Virus Korona melalui JalaHoaks

Kemunculan virus korona SARS-CoV-2 yang mengakibatkan pandemi COVID-19 masih menyedot sebagian besar perhatian warga di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kejadian ini, sayangnya, ikut dimanfaatkan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City