Trotoar Ramah Disabilitas di Jakarta

JSC | 12 months ago

Sebelumnya, trotoar yang ada di Jakarta belum cukup ramah bagi penyandang disabilitas, bahkan pejalan kaki secara keseluruhan. Lahan di pinggir jalan bagi pejalan kaki seringkali tak terawat, digunakan pedagang kaki lima, pemotor, hingga parkir kendaraan liar.

Trotoar yang dianggap sesuai dan ramah penyandang disabilitas telah diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada Sabtu, 28 Mei 2016 di depan RSCM Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Trotoar dibuat dengan portal S dari bahan stainless steel karena dianggap sesuai dan ramah bagi penyandang disabilitas.

Basuki mengatakan seluruh trotoar di Jakarta akan menjadi lebar dan ramah penyandang disabilitas. Pemerintah akan membangun total 2.600 kilometer trotoar dengan anggaran sampai Rp3 triliun.

"Tahun ini, semua trotoar ramah disabilitas. Saya mau seluruh trotoar ramah penyandang disabilitas," kata Basuki. dikutip Kompas.com.

Basuki berencana membangun trotoar serupa pada trotoar-trotoar lain di DKI Jakarta. Trotoar serupa rencananya akan dibangun di sepanjang Monumen Nasional hingga Bundaran Hotel Indonesia.

"Menyongsong Asian Games 2018, saya harap trotoar dari Monas sampai Senayan itu sudah lebar. Rata-rata 9,5 meter dan tentu kita akan pasang kotak S," kata Basuki.

Saat ini pengerjaan trotoar masih belum teratur. Banyak guiding block atau ubin pemandu bagi penyandang disabilitas yang sudah luntur warnanya, rusak, serta terhalang hiasan di atas trotoar. Sehingga hal ini akan menyulitkan para penyandang disabilitas yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Trotoar merupakan fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas lainnya seperti: jalur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan/atau fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas dan manusia lanjut usia (lansia).

Diharapkan dengan adanya proyek trotoar ini, Jakarta akan menjadi kota yang ramah disabilitas. (jsc-shg)

***

 

Dikutip dari https://beritagar.id/artikel/berita/agar-trotoar-ramah-penyandang-disabilitas

Artikel lainnya

Kemudahan Akses Informasi Publik melalui Portal Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta

Keterbukaan informasi menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan kota pintar. Data yang bisa diakses semua orang, tanpa harus melalui prosedur birokrasi yang rumit, bisa dimanfaatkan sebagai ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City