Kerja Nyata Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta

JSC | 1 year ago

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk menjadikan kota Jakarta yang bersih dan nyaman melalui Dinas Kebersihan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kebersihan di ibu kota, seperti melaksanakan program-program untuk menunjang kebersihan dan peningkatan kualitas lingkungan. Program-program tersebut diantaranya adalah, normalisasi sungai, pembersihan TPST, hingga kampanye-kampanye yang mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan.

Normalisasi Sungai

Normalisasi Sungai adalah usaha untuk mengembalikan sungai ke fungsi awalnya. Normalisasi dilakukan saat kondisi sungai sudah terlalu dangkal sehingga membutuhkan pengerukan, banyaknya dinding sungai yang rawan longsor, adanya sistem aliran yang belum terbangun dengan baik, dan banyaknya Daerah Aliran Sungai (DAS) yang disalahgunakan untuk pemukiman penduduk.

Untuk mengoptimalkan proses normalisasi sungai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan beberapa usaha, di antaranya adalah; pengerukan sungai untuk memperlebar dan memperdalam sungai, pemasangan sheet pile atau batu kali untuk pengerasan dinding sungai, pembangunan sudetan berupa sungai baru yang lurus dengan lintasan terpendek, dan membangun tanggul dengan timbunan tanah atau dinding beton memanjang di daerah-daerah rawan banjir.

Pembersihan TPST

Dikutip dari Berita Jakarta, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan aksi bersih-bersih di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang di Jalan Pangkalan V, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Aksi ini dilakukan setelah pengelolaan kawasan secara resmi diambil alih Pemprov DKI.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji telah mengerahkan 600 petugas kebersihan untuk membersihkan seluruh lingkungan kerja TPST Bantar gebang.

Merujuk pada artikel Merdeka.com, diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi mengambil alih pengelolaan dan pengoperasian tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Pengambil alihan itu disampaikan dengan mengirimkan surat kepada dua perusahaan yang mengelola kawasan tersebut, yakni PT Godang Tua Jaya dan PT Navigat Organic Energy Indonesia. Diharapkan, nantinya pengelolaan TPST Bantargebang akan semakin baik.

Kampanye Kebersihan

Tidak hanya melakukan aksi di dunia nyata, Dinas Kebersihan juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan melalui kampanye di media sosial. Beberapa kampanye yang digalakan diantaranya adalah dengan memberikan tagar #JKTBebasSampah dan #Livemore di setiap aksi kebersihan yang dilakukan. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan di sekitar. (jsc-shg)

***

 

 

 

 

 

 

Artikel lainnya

Cantiknya Kota dengan Roof Garden

Pernahkah Anda mendengar istilah roof garden? Roof garden dapat diartikan sebagai taman yang berada di atas atap suatu bangunan atau gedung. Isu fenomena pemanasan global telah membawa pengaruh ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City