Temukan Berbagai Informasi Mengenai Jakarta di Portal Jakarta Smart City

JSC | 2 years ago

Untuk mengatasi permasalahan yang ada di ibu kota, serta untuk memudahkan Pemprov DKI Jakarta memberikan informasi mengenai Jakarta, pada tanggal 15 Desember 2014 portal Jakarta Smart City resmi diluncurkan.

Keberadaan program Jakarta Smart City diharapkan dapat mempermudah Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan informasi kondisi Jakarta ke masyarakat dan mempermudah kinerja aparat Pemprov DKI dalam merespon keluhan dari warga. Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov DKI juga membentuk Unit Pengelola Jakarta Smart City yang bertujuan untuk mewujudkan Jakarta Baru yang informatif dan transparan serta mendukung kolaborasi melalui pemanfaatan teknologi untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik.

Di era digital seperti saat ini, penerapan teknologi merupakan hal yang penting untuk menjalankan pemerintahan yang transparan dalam hal informasi publik. Penerapan teknologi dalam konsep smart city di Jakarta dirasa tepat untuk membantu pemerintah mengurai permasalahan yang ada di Jakarta, serta memberikan informasi kepada publik sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini, penggunaan teknologi dijadikan sebagai jalan singkat untuk meyelesaikan permasalahan-permasalahan di ibu kota.

Portal Jakarta Smart City bisa diakses di smartcity.jakarta.go.id. Isinya hampir seluruh informasi mengenai kondisi di Jakarta. Informasi yang ada dalam portal ini antara lain info harga pangan, harga tanah, lokasi rumah sakit, puskesmas, pelacakan lokasi Bus Transjakarta, truk sampah, hingga ambulans. Warga juga bisa menyampaikan laporan atau pun aspirasi melalui aplikasi Qlue yang terintegrasi dengan Jakarta Smart City dan bisa langsung memantau progress laporan yang disampaikan. (jsc-shg)

 

Artikel lainnya

Ketahui Pembatasan Lalu Lintas Ganjil Genap di Jakarta

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi rencana penerapan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor berplat ganjil genap di sejumlah ruas jalan di ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City