Jakarta Menuju Pemerintahan Transparan

JSC | 2 years ago

Pemerintahan transparan (terbuka) dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Dikatakan transparan apabila dalam penyelenggaraan kepemerintahannya mudah diakses atau diketahui oleh masyarakat sehingga masyarakat bisa memantau sekaligus mengevaluasi kinerja pemerintah.

Jakarta sedang menuju ke pemerintahan yang transparan. Berbagai cara dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta.Bahkan masyarakat dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk kepentingan publik. Berikut portal keterbukaan informasi Pemprov DKI Jakarta:

1. Open Data

Portal Open Data (data.jakarta.go.id) merupakan Portal Data Terpadu yang menyajikan data-data dari seluruh Satuan dan Unit Kerja di Pemprov DKI Jakarta. Portal ini menyediakan data dalam format yang mudah dicari, diakses,dan digunakan kembali dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan data yang telah tersedia.

Portal Open Data menyajikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat serta memenuhi hak publik sebagai bentuk penerapan e-government dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

 

2. API Jakarta

API Jakarta merupakan sebuah layanan yang menyediakan informasi data yang ada di lingkup Pemprov DKI Jakarta. Data ini mencakup semua bidang yang ada seperti kesehatan, kebersihan, transportasi, dan lain-lain. Dengan adanya API Jakarta, para developer dapat mengembangkan aplikasi mobile atau website menggunakan API yang tersedia.

 

3. KPI Jakarta

KPI Jakarta (kpi.jakarta.go.id) berisi informasi mengenai indikator performa kinerjadari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hinggatingkatkelurahan di DKI Jakarta dalam bentuk presentase dari target yang telah ditetapkan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kerja dan menentukan target yang lebih nyata dalam pembangunan Ibu Kota DKI Jakarta ke depannya.

 

4. Pelayanan Jakarta

Portal Pelayanan Jakarta (pelayanan.jakarta.go.id) berisi informasi mengenai layanan satu pintu yang dikelola oleh Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta. Portal ini untuk memudahkan masyarakat mengurus perizinan maupun non perizinan seperti pengurusan SIUP, IPTB, dan lainnya.Kini BPTSP memiliki 318 service point yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta. 

Artikel lainnya

Kerja Nyata Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk menjadikan kota Jakarta yang bersih dan nyaman melalui Dinas Kebersihan. Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kebersihan di ibu kota, seperti ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City