Si Pitung, Jagoan Betawi dalam Film

JSC | 1 year ago

Siapa yang tak kenal dengan Si Pitung, jagoan Betawi yang terkenal dengan kepeduliannya, selalu membela dan menolong rakyat kalangan bawah. Tokoh legendaris asli betawi ini bahkan seringkali disebut sebagai Robin Hood-nya Indonesia.

Begitu melegendanya Si Pitung hingga diangkat menjadi cerita sebuah film Indonesia dengan judul Si Pitung dirilis tahun 1970 disutradarai oleh Nawi Ismail serta dibintangi oleh Dicky Zulkarnaen, Sandy Suwardi Hassan, dan Paula Rumokoy.

Film itu menceritakan Pitung seperti koboi yang menyelesaikan satu masalah dan pergi. Si Pitung (Dicky Zulkarnaen) yang berguru pada H. Naipin (M. Panji Anom), mendapat kekuatan untuk melawan penindasan yang dilakukan para tuan tanah terhadap rakyat kecil. Dengan bantuan sahabatnya, Dji'ih (Sandy Suwardi), ia menghajar centeng-centeng bayaran para tuan tanah, begitu juga opas-opas kompeni.

Untuk membantu orang-orang kampung, Pitung dan Dji'ih merampok rumah Baba Long Seng, seorang tuan tanah yang mengambil sawah-sawah rakyat. Hasil rampokan itu kemudian dibagi-bagikannya kepada orang-orang kampung yang susah. Komandan Polisi Kompeni (A. Hamid Arief), mendapat jalan untuk menghalangi Pitung, yakni dengan menangkap orang-orang yang dekat dengan Pitung. Pitung kemudian menyerahkan diri dan dipenjara. Berkat bantuan Dji'ih dan ilmu tenaga dalam yang dimilikinya, ia berhasil lolos dari penjara.

Di akhir cerita, kompeni menculik Aisyah (Paula Rumokoy) untuk dijadikan istri ketiga Demang Meester (Mansjur Sjah). Pada saat pesta akan berlangsung Pitung berhasil melarikan kekasihnya itu, sambil berkata bahwa akan pergi ke tempat orang-orang yang membutuhkan.

Film ini kemudian dibuat kelanjutannya dengan judul "Banteng Betawi" dengan pemain yang sama. Tak jarang juga cerita ini diangkat dalam sebuah lenong khas Betawi. Jika ingin tahu lebih banyak tentang cerita Si Pitung, bisa menonton filmnya atau mengunjungi objek wisata "Rumah Si Pitung" di Jalan Kampung Marunda Pulo, Marunda Cilincing, Jakarta Utara. (jsc-sy)

--- dari berbagai sumber ---

Artikel lainnya

Magang di Jakarta Smart City: Dedikasi, Deduksi, dan Diskusi untuk Jakarta yang Lebih Baik

Jakarta Smart City (JSC) adalah penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik. Konsep Smart City akan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City