Bagaimana Hasil Uji Coba Lalu Lintas Ganjil Genap Hari Pertama?

JSC | 1 year ago

Kepala Seksi Pelanggaran Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris H Salam mengatakan, uji coba kendaraan plat ganjil genap di hari pertama cukup efektif. Ini terlihat sepanjang Jalan Gatot Subroto, mulai dari Simpang Kuningan ke arah Senayan dan seterusnya lancar.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama juga menilai hari pertama pelaksanaan uji coba ganjil genap di Ibukota berjalan cukup baik. Meski masih ada pengendara yang menerobos zona ganjil genap, arus lalu lintas di sejumlah jalur protokol relatif lancar pada jam sibuk.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, pada hari pertama uji coba sistem ganjil genap ada sekitar 553 pengendara pelat genap ditegur. Mayoritas beralasan belum tahu ada penerapan uji coba ganjil genap yang akan berlangsung dalam waktu sebulan itu. Walaupun begitu, para pengemudi tetap mendukung kebijakan tersebut.

"Setuju, saya dukunglah. Kan ini juga demi kelancaran lalu lintas kita. Nanti paling saya naik busway kalau pas lagi plat ganjil. Apapun kebijakan pemerintah, selagi itu baik dan untuk kita, buat lancar lalu lintas, ya kita pasti dukung," kata Lingga, salah satu pengemudi di kawasan Sudirman.

Senada dengan Lingga, Kasim yang juga menggunakan kendaraan berplat nomor genap dan diberhentikan petugas mengaku mendukung kebijakan ini. Meski dirinya baru tahu soal plat ganjil genap ini.

"Saya baru tahu sih, tapi ya bagus juga, biar ngurangin macet. Paling pakai kendaraan umum kalau pas plat ganjil," tukas Kasim.

Seperti yang ditetapkan bahwa seminggu pertama pelanggar mendapat teguran lisan. Minggu kedua dalam bentuk teguran tulisan. Setelah satu bulan berlangsung baru dikenakan tilang.

Aturan uji coba ini mulai 27 Juli hingga 26 Agustus, dan pemberlakuan dimulai 30 Agustus 2016. Sosialisasi kebijakan ganjil genap telah diberlakukan. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta akan memperbanyak closed circuit television (CCTV) untuk meringankan tugas kepolisian dalam pengawasan.

Artikel lainnya

Jakarta Great Online Sale 2017 Turut Meriahkan HUT DKI Jakarta ke-490

Festival belanja online tahunan, Jakarta Great Online Sale (JGOS) kembali digelar tahun ini, pada tanggal 15-22 Juni 2017. JGOS 2017 diikuti oleh 150 e-commerce dan marketplace yang menawarkan diskon ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City