Revitalisasi Simpang Susun Semanggi sebagai Solusi Mengurai Kemacetan di Jakarta

JSC | 2 years ago

Untuk mengurai kemacetan di Simpang Semanggi, Pemprov DKI Jakarta pada April 2016 sudah memulai revitalisasi Jembatan (flyover) Semanggi. Sehingga tak ada pertemuan antara pengendara dari Jalan Gatot Subroto dan dari Jalan Sudirman di kolong jembatan yang membuat lalu lintas tersendat. Nantinya para pengendara mobil dari arah Cawang dapat langsung belok di Semanggi menuju arah Bundaran HI dan dari arah Slipi dapat langsung belok di Semanggi bila ingin menuju ke arah Blok M melalui flyover yang berbentuk lingkaran tersebut.

Dikutip dari Sindonews.com, Kepala Dinas Perhubungan, Andri Yansyah mengatakan “Pembangunan Semanggi ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2017. Selama pembangunan dipastikan akan membuat kemacetan. Belum lagi adanya proyek Mass Rapid Transit (MRT) dan perbaikan trotoar,”

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka akan diberlakukan rekayasa pengaturan lalu lintas. Dikutip dari Tempo.co, pengaturan lalu lintas akan diberlakukan mulai 12 Juni 2016 sampai 12 Agustus 2017. Rekayasa pengaturan tersebut di antaranya kendaraan dari arah Cawang menuju Blok M akan diarahkan menuju jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman atau menggunakan jalur alternatif Jalan SCBD-Sudirman-dan seterusnya.

Sedangkan kendaraan dari arah Slipi menuju Bundaran HI akan diarahkan masuk jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman atau menggunakan jalur alternatif Jalan Danau Sentani-Jalan Bendungan Jatiluhur-Jalan Bendungan Hilir-dan seterusnya.

“Diimbau pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan,” tambah Andri. (jsc-shg)

 

Sumber:

http://bit.ly/29TTswt

http://bit.ly/29TTqoD

Artikel lainnya

i-Jakarta Center: Pusat Operator Layanan Perpustakaan Digital Ibukota

Layanan perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta yaitu i-Jakarta, kini telah memiliki ruangan operator khusus. Fasilitas yang disebut i-Jakarta Center menandai perkembangan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City