Jakarta Smart City Lounge Diresmikan

JSC | 1 year ago

Setelah diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 28 Desember 2015, Jakarta Smart City (JSC) Lounge yang berlokasi di Blok B Lantai 3 Gedung Balai Kota DKI Jakarta hari ini resmi diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Jakarta yang ke-489. Ruangan ini didesain untuk mengakomodasi beragam kepentingan dan menjadi salah satu ruang kreatif yang dapat dimanfaatkan seluruh pemangku kepentingan Kota Jakarta.

Lounge merupakan kata akronim dari Learn (tempat berbagi, belajar, dan mendapatkan ilmu), Open (pemerintahan yang terbuka, kolaboratif, dan inovatif), Unity (kebersamaan dalam membangun Jakarta), Network (memperluas jaringan untuk dapat bergabung dengan JSC), Guidance (memberikan arahan pengembangan kota menuju Smart City), dan Excellence (memberikan pelayanan publik yang terbaik).

“Di Jakarta Smart City Lounge kami optimalkan pemanfaatan teknologi dengan mengedepankan  kolaborasi dan transparansi untuk mengelola sumber daya kami agar lebih efisien dalam menyelesaikan permasalah di Jakarta,” jelas Setiaji, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Ruangan seluas 500m2 ini dilengkapi sejumlah ruangan pendukung di antaranya: Monitoring Room yang menjadi pusat koordinasi antara Jakarta Smart City dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pengaduan warga dan permasalahan yang terjadi di Jakarta, V-Meeting Room yang merupakan ruang rapat yang dilengkapi teknologi smart glass yang berhadapan langsung dengan hyperwall di Monitoring Room, Ruang Kepala Unit Pengelola JSC, Ruang Staf, serta Ruang Operasional.

JSC Lounge berfungsi sebagai lokasi operasional pengelolaan dan pemanfaatan aplikasi serta portal JSC, menjadi pusat monitoring bagi beragam aktivitas Kota Jakarta, serta mewadahi proses analisis terhadap data-data yang dimiliki oleh JSC. Monitoring Room JSC saat ini terintegrasi dengan sejumlah sensor di antaranya CCTV, pantauan tinggi muka air, GPS, dan lokasi sejumlah  petugas yang terlibat aktif dalam kegiatan operasional. Integrasi juga dilakukan pada berbagai kanal aspirasi warga yaitu aplikasi pengaduan warga, media sosial, email, SMS, hingga forum online.

Pada peluncuran resmi JSC Lounge hari ini, diperkenalkan pula tampilan terbaru dari portal Jakarta Smart City (smartcity.jakarta.go.id) yang lebih interaktif dan user-friendly, portal untuk melihat kinerja kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemprov DKI Jakarta dan memberikan komentar maupun umpan balik terhadap capaian kinerja mereka (kpi.jakarta.go.id), executive dashboard yang merupakan aplikasi terpadu untuk digunakan pimpinan memantau berbagai informasi yang telah terintegrasi di JSC, serta Citizen Relationship Management (CRM) sebagai platform untuk merespon berbagai aspirasi warga.

Pada bidang data dan analisis, JSC berhasil mengintegrasikan 265 dataset dari dinas-dinas Pemprov DKI sejak akhir tahun 2014 (tahun terbentuknya Unit Pengelola Jakarta Smart City). Selain itu, bidang ini juga melakukan proses analisis data 3in1 dan sterilisasi busway untuk membantu Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta dalam mengambil keputusan, membantu Badan Perencanaan Daerah Provinsi DKI Jakarta dalam mengolah data usulan Musrenbang untuk pengkategorian usulan, serta melakukan analisis pemetaan daerah rawan banjir dan status rumah pompa dalam rangka membantu Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta.

Dalam tugasnya mengelola aduan masyarakat via aplikasi Qlue, UP Jakarta Smart City berusaha mendorong agar tindak lanjutnya dapat diselesaikan secara cepat dan tepat sasaran. Berdasarkan data yang berhasil diolah, semua laporan via Qlue yang menjadi tupoksi kelurahan sejak bulan Maret dapat diselesaikan kurang dari tiga hari.

JSC juga terus melakukan sosialisasi seperti melalui media sosial terverifikasi, saat ini akun Twitter @JSCLounge telah memiliki 13.700 follower dan hampir 20.000 fans di Facebook. JSC juga turut melakukan sosialisasi offline dengan berpartisipasi pada event-event seperti Jakarta Fair Kemayoran, Institut Otonomi Daerah, hingga Sidang Tahunan Islamic Development Bank.

Sejak peluncuran perkenalan di bulan Desember hingga saat ini, JSC Lounge telah menerima 108 kunjungan resmi termasuk kunjungan Presiden Republik Indonesia, Menteri Luar Negeri Singapura, hingga mahasiswa/pelajar dalam dan luar negeri dari segala jenjang. Saat ini JSC Lounge juga telah menjadi bagian dari Wisata Balai Kota yang dapat dikunjungi setiap hari Sabtu dan Minggu.

 

Artikel lainnya

Kemudahan Akses Informasi Publik melalui Portal Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta

Keterbukaan informasi menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan kota pintar. Data yang bisa diakses semua orang, tanpa harus melalui prosedur birokrasi yang rumit, bisa dimanfaatkan sebagai ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City