Revitalisasi Terminal Manggarai sebagai Bentuk Peningkatan Layanan Publik

JSC | 1 year ago

Sebagai kota dengan jumlah penduduk mencapai 12 juta di siang hari, dan 9 juta di malam hari, tentunya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu memikirkan strategi untuk mengurai kemacetan yang akan terjadi baik di jam-jam produktif maupun tidak. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah adalah dengan menyediakan moda transportasi umum yang memadai untuk warga yang ingin beraktivitas di wilayah Jakarta.

Salah satu moda transportasi umum yang disediakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah bus TransJakarta. Selain itu warga juga bisa menggunakan bus kota lainnya seperti Metro Mini, Kopaja, dan bus kota lain yang tidak terintegrasi dengan TransJakarta. Warga bebas memilih moda transportasi mana yang dirasa sangat praktis dan memudahkan untuk sampai ke tujuan.

Agar perpindahan moda transportasi umum berjalan dengan tertib, maka dibutuhkan adanya sebuah terminal. Terminal bus adalah sebuah prasarana transportasi jalan untuk keperluan menurunkan dan menaikkan penumpang, perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.

Keberadaan terminal di Jakarta tentu saja membutuhkan revitalisasi atau pembaharuan, agar masyarakat semakin nyaman menggunakan moda transportasi umum, yang dalam hal ini bus kota. Revitalisasi terminal pun gencar dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai bentuk peningkatan layanan publik.

Terminal Manggarai merupakan salah satu terminal yang direvitalisasi oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan rampung di tahun 2014. Meskipun masih dibutuhkan penyempurnaan, seperti koneksi ke Stasiun Kereta Api Manggarai, namun terminal ini sudah nyaman untuk digunakan. Revitalisasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencerminkan konsep terminal masa depan yang mirip dengan hotel bintang lima.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginginkan citra terminal sebagai sarang preman dan polusi hilang setelah dilakukan revitalisasi. Selain itu, taman hijau, alur kendaraan yang tertib, dan fasilitas keselamatan bagi penumpang harus memadai agar terminal menjadi tempat yang nyaman dan layak bagi penumpang untuk menunggu transportasi umum.

Hal tersebut sudah terlihat di Terminal Manggarai setelah dilakukan revitalisasi. Sudah dilakukan perombakan dalam terminal yang awalnya suram dan kecil tersebut. Bangunan-bangunan yang tinggi menjulang sudah menujukkan bentuknya diiringi dengan pemasangan tiga eskalator layaknya hotel mewah. Tangga penyeberangan pun dipasang untuk memudahkan penumpang bus untuk naik ke dalam terminal tersebut.

Harapannya, masyarakat tidak ragu lagi menggunakan transportasi umum, karena memiliki tempat menunggu dan transit yang layak, aman, dan nyaman. (jsc-shg)

Artikel lainnya

3 Virus Komputer yang Pernah Menggemparkan Dunia

Serangan ransomware WannaCrypt atau WannaCry sepekan belakangan kembali mengingatkan kita tentang pentingnya keamanan jaringan, terutama untuk smart city. Malware yang menyerang komputer dengan cara ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City