Rute Baru Tanpa Transit, Perjalanan Menjadi Lebih Cepat

JSC | 2 years ago

Untuk peningkatan layanan kepada pelanggan, Transjakarta membuka rute-rute langsung. Dengan rute langsung ini akan mempercepat waktu perjalanan pelanggan Transjakarta. Karena tidak berpindah koridor di halte transit dan menyeberang di jembatan penghubung (skywalk). “Bisa menghemat sekitar 20 sampai dengan 25 menit waktu yang seharusnya diperlukan untuk menunggu bus dari koridor lain dan lamanya berjalan di jembatan penghubung (skywalk)”, ujar Budi Kaliwono Dirut Transjakarta.

Hingga saat ini ada 3 rute baru yang sudah dioperasikan antara lain:

1. Rute Pinangranti – Kota.

Saat ini ada 10 bus gandeng yang melayani rute ini, beroperasi mulai pukul 05:00 sampai dengan pukul 22:00. Baru 2 hari dibuka, rute ini sudah kelihatan banyak peminatnya. Rute baru ini adalah kombinasi koridor 1 dan 9 dengan jumlah penumpang terbanyak. Masih sangat mungkin jika bus yang beroperasi di rute gemuk ini akan ditambah di kemudian hari. Sambil berjalan akan dilakukan evaluasi terhadap operasional rute ini.

Halte yang dilintasi antara lain Halte Pinang Ranti – Garuda Tamini – UKI – BNN – Cawang Ciliwung –  Cawang Cikoko – Tebet BUMD – Pancoran Tugu – Pancoran Barat – Tegal Parang - Kuningan Barat - Gatot Subroto Jamsostek – Gatot Subroto LIPI – Bendungan Hilir –  Karet –  Dukuh Atas – Tosari  –  Sarinah – BI – Monas – Harmoni – Sawah Besar -  Mangga Besar – Olimo - Glodok – Kota. Demikian juga sebaliknya.

2. Rute Blok M – Manggarai.

Sama dengan rute lainnya, rute ini beroperasi mulai pukul 05:00 sampai dengan 22:00.

Selain mempercepat waktu perjalanan pelanggan, dengan rute baru ini akan mengurangi kepadatan penumpang di halte transit Dukuh Atas. Karena pada jam sibuk, di halte Dukuh Atas yang merupakan halte transit (koridor 4, 6 dan 1) sangat padat, baik di pagi maupun sore hari.

Dengan dioperasikannya rute langsung ini, maka pelanggan yang berasal dari Manggarai atau transit dari koridor 4 yang akan menuju Blok M dan ke koridor 6, 9 dan 1 juga bisa menaiki bus rute ini. Karena memang bus yang melintas di rute Blok M – Manggarai ini dirancang tidak berhenti di halte Dukuh Atas.

Halte yang dilintasi antara lain Halte Manggarai – Pasar Rumput – Halimun – Setia Budi Aini – Kuningan Madya – Karet Kuningan – GOR Sumantri - Depkes – Patra Kuningan – Kuningan Timur Gatot Subroto Jamsostek – Gatot Subroto LIPI – Gelora Bung Karno – Bunderan Senayan – Masjid Agung – Blok M. Demikian juga sebaliknya.

3. Rute PGC – Bundaran Senayan

Halte yang dilintasi antara lain PGC 2 – BKN –Cawang UKI – BNN – Cawang Ciliwung – Cikoko Stasiun Cawang – Tebet BKPM – Pancoran Tugu – Pancoran Barat – Tegal Parang – Kuningan Barat – Jamsostek – Gatot Subroto LIPI – Semanggi – Polda Metro Jaya – Gelora Bung Karno – Bundaran Senayan. Demikian juga sebaliknya.

Dalam waktu dekat segera bergabung 600 unit bus baru yang akan melayani pelanggan Transjakarta. Seiring dengan penambahan armada, maka rute-rute baru lainnya segera menyusul. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Trotoar Ramah Disabilitas di Jakarta

Sebelumnya, trotoar yang ada di Jakarta belum cukup ramah bagi penyandang disabilitas, bahkan pejalan kaki secara keseluruhan. Lahan di pinggir jalan bagi pejalan kaki seringkali tak terawat, ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City