Wisata Jakarta, Dari Setu Babakan sampai Kota Tua

JSC | 2 years ago

Jakarta adalah kota sejarah dengan aneka macam kebudayaan. Berbagai macam tempat sejarah bisa Anda kunjungi di sini. Untuk merasakan suasana Jakarta dengan khas kebudayaannya, Anda bisa berkunjung ke Setu Babakan.

Setu Babakan adalah kawasan perkampungan dan telah ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya Jakarta, tempat Anda dapat menemukan berbagai bangunan dan peninggalan budaya Betawi. Di area ini, terdapat sebuah danau besar yang merupakan lokasi rekreasi menyenangkan bagi banyak pengunjung. Tempat wisata budaya Jakarta yang satu ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung, dari cara bercocok tanam, dagang, membuat kerajinan, hingga membuat makanan khas Betawi. Setu Babakan juga tempat terbaik untuk menyantap kuliner khas Betawi yang sesungguhnya, dari kerak telor, laksa betawi, hingga kue apem.

Selain itu, Jakarta punya Kota Tua yang menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kota Jakarta dengan landmark Kota Tua adalah pesona wisata sejarah yang memberi banyak pengetahuan. Berbagai peninggalan masa lampau masih dapat Anda jumpai di kawasan yang selalu ramai saat akhir pekan ini. Juga, para pecinta fotografi akan selalu suka datang ke Kota Tua.

Ada sejumlah landmark historis di kawasan Kota Tua. Seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah. Tidak hanya tempat-tempat historis, Anda juga dapat menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta aneka jajanan seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor khas Jakarta.

Kalau berbicara mengenai makanan, Jakarta juga punya banyak makanan yang khas dan tempat kuliner yang terkenal yaitu Pecenongan. Lokasi yang strategis dan mudah diakses dari berbagai tempat membuat pecenongan tak pernah sepi. Pusat kuliner pecenongan sudah diresmikan sejak tahun 1971 oleh Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu.

Didukung dengan infrastruktur kota yang modern, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai obyek wisata di Jakarta, dari wisata bersejarah, wisata alam, pusat kuliner, hingga aneka sarana hiburan bernuansa modern dan tempat bersosialisasi. Semua itu dapat ditemukan di Jakarta Smart City Portal. (jsc-sy)

 

Sumber foto:

http://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2014/04/796_kampung_betawi_setu_babakan.jpg
http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/12/Pecenongan.jpg
https://cdn.tmpo.co/data/2014/07/30/id_311171/311171_620.jpg
http://www.indonesiaport.co.id/content_images/sunda-kelapa1.jpg

Artikel lainnya

Peran Teknologi Big Data untuk Perkembangan Jakarta Smart City

Konsep Jakarta Smart City (JSC) untuk meningkatkan pelayanan publik dan menjamin kehidupan yang lebih baik untuk warga Jakarta perlu terus dikembangkan. Oleh karena itu, menurut Dian Ekowati, Kepala ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City