DKI Jakarta, Provinsi Pertama yang Memiliki Program Open Data

JSC | 2 years ago

Sebagai bagian dari mewujudkan Jakarta menjadi Smart City, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki portal open data (data.jakarta.go.id). Open data ini menunjukkan pemerintahan yang berani transparan dan akuntabel sehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah.

“Bagi saya, Jakarta Smart City adalah keterbukaan, partisipasi publik, dan data yang selalu update. Smart City kita sudah juara kalau di Indonesia,” ungkap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Open data berarti membuka data seluas-luasnya agar dapat dimanfaatkan oleh publik, atau memberikan gambaran tentang kinerja pemerintahan. Keterbukaan ini tidak hanya mempermudah pemerintah tetapi juga masyarakat. Masyarakat bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah yang ada misalnya dengan mengembangkan aplikasi yang bermanfaat.

Deputi II Kantor Staf Kepresidenan, Yanuar Nugroho‎ mengapresiasi Pemprov DKI yang telah menjadi pionir program open data di tingkat provinsi. Program open data di Jakarta diharapkan dapat dijadikan contoh dan diikuti daerah lainnya di Indonesia.

“Kalau kita mau dianggap negara maju, data kita harus open dan reliable. Saya kira DKI Jakarta bisa jadi contoh yang bagus untuk memulai program open data ini,” terangnya.

Dalam portal open data, Pemerintah DKI Jakarta telah menyediakan sekitar 680 dataset yang terdiri dari beberapa macam topik serta menyajikan data dari seluruh satuan dan unit kerja di Pemerintahan DKI Jakarta. Portal open data DKI Jakarta mampu menyediakan sebuah basis data yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 181 Tahun 2014. Siapapun khususnya warga Jakarta bisa mengakses data tersebut dan memanfaatkannya dengan baik.

Data yang ada di portal open data pun sudah divisualisasi dalam bentuk pemetaan di portal Jakarta Smart City. Jadi masyarakat yang membutuhkan data mentah dan data visual, bisa mengakses portal open data atau Jakarta Smart City portal. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Transjakarta Gratis dengan TJ Card

Mulai 1 November 2016, warga DKI Jakarta dengan kategori tertentu dapat menikmati fasilitas bus Transjakarta secara cuma-cuma menggunakan kartu khusus yang dinamakan TJ Card. Kartu ini ditujukan bagi ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City