MRT: Increasing Mobility, Improving Life Quality

JSC | 2 years ago

Sebagai kota yang mulai mengusung konsep Smart City, Pemprov DKI Jakarta tentunya terus meningkatkan pengelolaan infrastruktur kota yang juga ditujukan untuk kepentingan publik. Infrastruktur kota tersebut salah satunya adalah moda transportasi publik, yang dapat dengan mudah menghubungkan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, moda transportasi umum secara langsung dapat membantu Pemprov DKI Jakarta mengurai kemacetan.

Berangkat dari hal ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perseroan Terbatas (PT) MRT Jakarta. Proyek MRT atau Mass Rapid Transit Jakarta ini sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 1985. Namun, saat itu proyek MRT belum dinyatakan sebagai proyek nasional. Setelah menunggu hampir 24 tahun, di bawah kepemimpinan Gubernur Joko Widodo saat itu, groundbreaking fisik MRT diresmikan. Struktur kepemilikan PT MRT Jakarta yaitu 99,97% saham Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan sisanya dimiliki oleh PD Pasar Jaya.

MRT Jakarta mengangkat slogan “Increasing Mobility, Improving Life Quality”, yang memiliki dua kata kunci utama yaitu mobilitas dan kualitas kehidupan. Sedangkan visi dari MRT adalah untuk menjadi penyedia sarana transportasi publik terdepan. Yang berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi  melalui peningkatan mobilitas, pengurangan kemacetan dan pengembangan sistem transit perkotaan. Dan memiliki misi untuk mencapai keunggulan yang berkesinambungan di semua hal.

MRT Jakarta yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus – Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ±23.8km dan Koridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih ±87km.

Mega proyek MRT Jakarta diperkirakan akan selesai di tahun 2018. Nantinya, MRT akan dilengkapi dengan CCTV yang akan terintegrasi langsung dengan portal Jakarta Smart City. Harapannya, dengan adanya MRT, kota Jakarta berhasil mencapai indikator smart mobility.(jsc-shg)

Artikel lainnya

Pasar Digital bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di DKI Jakarta

Perkembangan teknologi turut berpengaruh dalam perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) termasuk di DKI Jakarta. Pelaku usaha sebaiknya mulai memanfaatkan perkembangan teknologi untuk ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City