Jakarta Punya Aplikasi Info Pangan

JSC | 1 year ago

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini menyediakan aplikasi Info Pangan Jakarta (IPJ). Dengan aplikasi ini, warga Jakarta yang ingin membeli berbagai macam kebutuhan pokok bisa lebih dulu melakukan pengecekan harga. Harga yang diinfokan merupakan harga terkini sesuai dengan yang ada di pasar.

Dikutip dari kompas.com, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan bahwa aplikasi IPJ juga dapat mencegah para pedagang bandel memainkan harga sembako. Aplikasi ini merupakan garapan developer yang bekerjasama dengan Bank Indonesia perwakilan DKI Jakarta dengan PD Pasar Jaya.

Di dalam aplikasi IPJ juga bisa terlihat kenaikan harga sembako dan perbandingan harga sembako di satu pasar dengan pasar lainnya. Ada 13 pasar yang tersedia. Terdiri dari 2 Pasar Induk (Pasar Induk beras Cipinang dan Pasar Induk Kramat Jati), dan 11 pasar lainnya yang tersebar di 5 wilayah di Jakarta yaitu Pasar Senen, Pasar Jembatan Merah, Pasar Minggu, Pasar Glodok, Pasar Grogol, Pasar Pramuka, Pasar Mayestik, Pasar Jatinegara, Pasar Kramat Jati, Pasar Sunter dan Pasar Rawa Badak.

"Dulu cuma ada data BI di pasar di website, saya bilang saya enggak mau website. Orang sekarang pusing baca website, kalau aplikasi begini enak kan tinggal lihat info harga sembako," ujar Basuki.

Selain menyediakan informasi harga-harga berbagai macam komoditas, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas peta yang memungkinkan bagi pengguna untuk mengetahui lokasi pasar yang ingin dituju.

Warga Jakarta juga dapat memberikan komentarjika harga di pasar tiba-tiba naik. Selain untuk konsumen, aplikasi ini dapat digunakan produsen untuk menjual produknya sehingga dapat mengatasi masalah kesenjangan informasi harga pangan di masyarakat dan mengendalikan inflasi di Jakarta.

Informasi Pangan Jakarta terintegrasi dengan portal Jakarta Smart City di layer info pangan yang ada di Biro Perekonomian. Di dalam portal ini, warga bisa melihat lokasi pasar, komoditas, harga, dan tanggal terupdate. (jsc-sy)

***

Info Pangan Jakarta tersebut dapat diakses melalui:

Website: http://infopangan.jakarta.go.id

Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.bigio.ipj&hl=en

App Store: https://itunes.apple.com/us/app/info-pangan-jakarta-mobile/id1072979490?mt=8

Artikel lainnya

Gatot Subroto, Pejuang Tiga Zaman

Di sudut Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terdapat makam Jenderal Gatot Subroto. Namanya populer karena dipakai untuk nama jalan protokol di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta. ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City