Bersiap Layani Smartcitizen, LRT Jakarta Uji Coba Publik

JSC | 4 months ago

Kota Jakarta akan punya moda transportasi baru lagi, nih! Setelah Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang sudah bisa dinikmati Smartcitizen, giliran Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang unjuk gigi. Menghitung mundur kesiapan beroperasi, Senin (11/06) lalu LRT Jakarta memulai uji coba untuk publik. Mau ikut mencoba? Begini caranya:

Bawa Kartu Identitas

Mulai tanggal 22 Juni 2019 kemarin, LRT Jakarta mengubah sedikit ketentuan untuk bisa mengikuti uji coba publik. Sekarang, Smartcitizen tidak perlu lagi mendaftarkan diri melalui situs web untuk bisa ikutan uji coba sehingga kamu bisa langsung datang ke salah satu dari lima stasiun yang beroperasi.

Uji coba LRT JSC

Cari Tahu Stasiunnya

Setelah tiket elektronik sudah di tangan kini saatnya cari tahu tentang stasiun LRT Jakarta. Hal utama yang mesti kamu tahu adalah lokasi dan jumlah stasiun LRT Jakarta. Saat ini, LRT Jakarta melayani 5 stasiun dari total 6 stasiun yang sudah siap, yaitu Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Stasiun Pegangsaan Dua sekaligus Depo LRT Jakarta saat ini belum dibuka untuk publik. Di antara 5 stasiun, terdapat 2 stasiun yang dekat dengan halte TransJakarta, tepatnya Halte Pulomas dan Halte Pemuda Rawamangun yang punya sky-bridge atau jembatan penghubung langsung ke Stasiun Velodrome.

Uji coba LRT JSC

[Cari tahu lebih lengkap tentang LRT Jakarta di sini]

Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Tidak ada batasan waktu keberangkatan dalam uji coba LRT Jakarta. Namun, ada waktu operasional kereta, yaitu mulai pukul 05.30 pagi hingga 23.00 malam. Artinya kamu bisa langsung datang ke salah satu dari 5 stasiun yang beroperasi sesuai dengan waktu operasional yang berlaku. Sebagai catatan, kereta pertama dai Stasiun Boulevard Utara berangkat pukul 05.34 pagi dan kereta terakhir dari stasiun ini berangkat pukul 22.20 malam sedangkan kereta pertama dari Stasiun Velodrome berangkat pukul 05.50 pagi dan kereta terakhir berangkat dari stasiun pukul 22.40 malam.

Uji coba LRT JSC

Tertib dan Ikuti Arahan Petugas Saat Uji Coba

Di pintu masuk stasiun, kamu akan diarahkan untuk menunjukkan kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) dengan kartu perjalanan kereta yang dibantu langsung oleh petugas LRT Jakarta. Kartu perjalanan atau Single Journey Trip (SJT) tersebut merupakan kartu untuk tap-in dan tap-out di stasiun dan harus dikembalikan seusai kamu uji coba, jadi jangan sampai hilang, ya.

Uji coba LRT JSC

Ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi baik saat berada di stasiun maupun di kereta. Misalnya, tidak boleh bersandar pada pintu geser otomatis saat sedang menunggu kereta atau kamu diharapkan tidak makan, minum, apalagi merokok saat berada di stasiun dan kereta. Selama uji coba, ada banyak sekali petugas LRT Jakarta yang bersiaga di stasiun dan di dalam kereta. Semua petugasnya ramah dan siap membantu, menjawab pertanyaan, bahkan dimintai tolong untuk memotret momen uji coba kamu.

Kehadiran LRT Jakarta akan melengkapi moda transportasi massal yang tengah dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. LRT Jakarta diharapkan akan mempermudah mobilitas Smartcitizen sekaligus mendorong penerapan budaya menggunakan transportasi umum. Uji coba ini gratis dan terbuka untuk siapa saja yang ingin mencoba langsung perkembangan mutakhir ibu kota. Catat tanggalnya dan ajak keluarga atau teman-teman untuk ikutan uji coba juga, ya!

 

-----

Sumber:

Artikel lainnya

Melawan Macet dengan Unit Reaksi Cepat Bermotor untuk Layanan Gawat Darurat

Jaminan kesehatan dan dan keamanan individu merupakan dua faktor yang menjadi syarat tercapainya indikator smart living di sebuah kota pintar. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City