Wisata dengan Transportasi Umum di Jakarta saat Libur Lebaran

JSC | 15 days ago

Smartcitizen yang nggak mudik, jangan sedih, ya, meskipun hanya berlibur panjang di Jakarta, banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini, lho. Bahkan, saat libur lebaran kali ini, kamu mungkin bisa menemukan hal-hal yang sebelumnya terlewat atau tak sempat dinikmati di hari biasa. Salah satunya adalah wisata keliling Jakarta dengan transportasi umum.

Jalan-Jalan Naik MRT Jakarta

Sudah pernah coba naik Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta belum? Kalau belum, inilah saatnya kamu jalan-jalan naik MRT Jakarta dengan suasana tenang. Selama libur Lebaran dan cuti bersama, MRT Jakarta akan beroperasi seperti saat di akhir pekan, yaitu mulai pukul 05.00 pagi hingga 24.00 malam. Khusus untuk liburan nanti, MRT Jakarta punya program spesial Lebaran dari tanggal 4 s.d. 9 Juni 2019. Program “Jelajah MRT Jakarta: Edisi Lebaran” akan membawa Smartcitizen melintasi rute Lebak Bulus - Bundaran Senayan di atas kereta dengan dipandu oleh pramuwisata.

Kalau kamu naik MRT Jakarta bersama rombongan, pramuwisata akan menjelaskan peraturan di stasiun dan kereta serta fitur yang ada di dalamnya. Untuk yang belum tahu, MRT Jakarta punya 13 stasiun, dengan lintasan bawah tanah dan melayang yang membuat perjalanan Lebak Bulus - Bundaran HI bisa ditempuh dalam waktu kurang dari satu jam. “Ratangga”, ya itulah nama kereta yang memiliki kapasitas hingga 1.950 penumpang sekali angkut dengan fasilitas yang super keren. Kalau mau tahu lebih banyak, tandai kalendermu di tanggal 4 s.d. 9 Juni 2019 untuk ikutan wisata MRT Jakarta.

[Baca juga tips naik MRT Jakarta untuk pertama kali]

Naik TransJakarta Menuju Spot Wisata di Jakarta

Sudah tahu belum kalau dari MRT Jakarta kamu bisa naik bus TransJakarta tanpa harus keluar halte? Ada dua stasiun yang terintegrasi dengan halte bus TransJakarta, yaitu Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Lebak Bulus. Sehingga jika kamu transit di sini, kamu bisa langsung naik bus TransJakarta untuk menuju spot wisata di Jakarta. Selama libur Lebaran, TransJakarta melayani rute seperti biasa, hanya saja saat Hari Raya, operasional bus TransJakarta baru dimulai pukul 09.00 pagi.

Libur Lebaran nanti tentu jadi waktu yang tepat untuk menggunakan TransJakarta daripada naik kendaraan pribadi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, TransJakarta juga ‘ditinggal’ sebagian besar penumpangnya yang sedang mudik ke kampung halaman. Buat kamu yang ingin jalan-jalan keliling Jakarta naik TransJakarta, berikut ini adalah beberapa tempat wisata dalam kota yang dilalui jalur bus TransJakarta:

  1. Kalijodo

Ruang Publik Terbuka Ramah Anak atau RPTRA yang sempat hits dengan taman terbukanya yang keren bisa jadi pilihan bepergian di kala libur Lebaran. Untuk sampai ke RPTRA Kalijodo, bus TransJakarta menyediakan bus Jakarta Explorer Ruang Terbuka Hijau atau bus tingkat yang langsung mengantarmu ke Kalijodo. Buat naik bus Jakarta Explorer Kalijodo, kamu bisa transit di Halte TransJakarta Monas.

  1. Faunaland di Ancol

Faunaland di Ancol bisa jadi alternatif kalau Pantai Ancol atau Dufan sedang ramai di saat libur Lebaran. Buatmu yang jalan-jalan bareng anak kecil, Faunaland cocok untuk mengenalkan satwa langka milik Indonesia. Berkunjung ke Faunaland juga lebih asyik naik TransJakarta. Kamu tinggal naik bus Koridor 5 jurusan Ancol dari Halte Harmoni/Kampung Rambutan/Kampung Melayu/PGC. Langsung sampai tanpa perlu repot cari parkir.

  1. Taman Lapangan Banteng

Foto: TribunJakarta.com

Jika ingin piknik sore hari di taman tapi nggak mau yang terlalu jauh, Taman Lapangan Banteng adalah pilihan yang cocok. Letaknya tidak jauh dari pusat kota dengan akses transportasi umum yang mudah. Kamu tinggal naik TransJakarta Koridor 6 jurusan Lebak Bulus - Senen dan turun tepat di pemberhentian Lapangan Banteng. Datanglah sehabis Ashar saat matahari sudah rendah dan nikmati malam di taman yang bermandikan cahaya indah.

  1. Monumen Nasional

Ikon kebanggaan kota Jakarta ini selalu jadi salah satu primadona saat liburan karena murah meriah dan sangat mudah dijangkau. Untuk sampai ke sini, kamu bisa naik bus Koridor 1/Koridor 2/Koridor 5/Koridor 6, dan koridor lainnya yang selengkapnya bisa kamu lihat melalui aplikasi Trafi. Jika ingin naik sampai ke puncak, ada ekstra biaya sebesar Rp2 ribu (anak-anak), Rp5 ribu (pelajar), dan Rp10 ribu (dewasa). Datanglah dari pagi jika ingin ke pelataran puncak agar tidak lama untuk mengantre.

  1. Jakarta Fair

Mau cari baju Lebaran atau menghabiskan uang THR? Datang ke Jakarta Fair! Bukan rahasia umum kalau acara tahunan kota Jakarta ini gudangnya diskon dan hiburan. Spesial untuk kamu yang mau ke JakFair, ada bus TransJakarta jurusan JIExpo Kemayoran, yaitu Koridor 2C yang berangkat dari Halte Monas, Koridor PRJ1 berangkat dari PGC, Koridor PRJ 2 dari Kampung Melayu, dan Koridor PRJ3 dari Pulo Gadung. Jangan lupa mampir ke Anjungan Pemprov, ya!

  1. Kota Tua

Di kala Lebaran, Kota Tua pasti ramai dan seru buat dikunjungi! Untuk menuju ke kawasan budaya ini, kamu tinggal naik TransJakarta jurusan Blok M - Kota atau naik bus Jakarta Explorer rute History of Jakarta. Kalau datang menjelang petang, duduk santai di Kali Besar yang baru direnovasi juga menyenangkan.

  1. Museum Nasional atau Museum Gajah

Lebaran gini ke museum? Kenapa nggak! Museum Nasional atau Museum Gajah bisa jadi tempat yang menyenangkan buat menghabiskan libur Lebaran di Jakarta. Banyak pengetahuan atau hal yang belum kamu lihat sebelumnya yang mungkin kamu temukan di sini. Letak Museum Nasional tepat berada di seberang Monas, jadi tinggal naik TransJakarta yang melewati Halte Monas. Selesai tur museum, kamu bisa menikmati sore hari di Monumen Nasional.

  1. Museum MACAN

Kalau jalan-jalan ke barat Jakarta, melipir ke Museum MACAN saja. Sebuah museum seni kontemporer yang disukai banyak orang terutama milenial bisa didatangi saat libur Lebaran nanti. Buat ke museum ini juga tinggal naik TransJakarta Koridor 8 Harmoni - Lebak Bulus dan turun di Halte Kebon Jeruk. Saat ini, pameran Dunia Dalam Berita menghadirkan seniman dalam negeri yang karyanya laik dinikmati.

Jadi, sudah nggak sedih kan Lebaran cuma di Jakarta? Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan dan nikmati saat Jakarta sedang sepi seperti di libur Idul Fitri nanti. Bahkan, buatmu yang jarang sekali naik transportasi umum, bisa menikmatinya dengan tenang dan mudah karena sudah terintegrasi satu sama lain. Sudah menentukan mau pergi ke mana bersama keluarga besar?

 

Sumber:

MRT Jakarta

TransJakarta

Artikel lainnya

Manifestasi Semangat Partisipasi dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Potensi industri digital di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Kondisi ini merupakan modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi teknologi digital. Bahkan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City